Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
B2B Event Marketing Ideas

6 Macam B2B Event Marketing Ideas yang Bisa Dicontek

October 17, 2022
No comments
Share

Supaya bisa mempraktikkan B2B marketing dengan mudah, perlu mengikuti beberapa event marketing. Event ini merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan hubungan bisnis B2B. Dengan begitu, macam-macam B2B event marketing ideas ini bisa kamu ikuti atau adakan sendiri.

Pemahaman B2B Event Marketing Ideas

B2B event marketing merupakan bagian dari pengorganisasian, perencanaan dan pelaksanaan dalam melakukan branding. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan layanan, jasa, brand atau produk dari perusahaan.

Baca Juga: Mau Mengembangkan Relasi Bisnis? Kenali Dulu Apa Itu B2B Marketing

Ide-ide event marketing untuk melakukan jaringan B2B bermacam-macam. Beberapa contoh event ini bisa kamu gunakan untuk menyelenggarakan acara-acara kecil. Jenis-jenis marketing ini, antara lain:

Mengadakan Lokakarya atau Workshop yang Berkaitan dengan Bisnis B2B

Contoh B2B event marketing ideas yang pertama adalah workshop atau lokakarya. Pelatihan workshop ini mirip dengan seminar. Acara ini biasanya berlangsung secara online atau offline.

Topik B2B tidak harus membahas tentang bagaimana cara promosi melainkan dari aspek lain, misalnya mengetahui karakter konsumen, mempelajari macam-macam partner B2B, jenis-jenis produk serta mempelajari algoritma iklan.

Meskipun tidak membahas promosi, acara biasanya juga menjelaskan tentang topik yang bersifat bisnis. Jadi, pembahasan workshop masih bisa relevan di bidangnya.

Mengadakan Seminar dengan Topik Bisnis B2B dengan Tema yang Seru

Acara seminar berbasis online maupun offline. Tujuan acara ini memang berfokus pada pendidikan. Terkadang, acara hanya melibatkan beberapa orang tertentu saja. Ada juga seminar yang berlangsung selama beberapa hari saja.

Banyak yang mengadakan seminar berbasis online. Kalangan marketer dan pebisnis menyebutnya dengan webinar. Tidak hanya satu atau dua hari saja, beberapa program webinar juga memberikan workshop serta pelatihan di beberapa hari selanjutnya.

Mengadakan Launching atau Peluncuran Perdana

B2B event marketing ideas berikutnya mengadakan launching produk untuk B2B itu sendiri. Kamu bisa mengadakan launching dari bisnis produk tertentu. Jika memang sasaran bisnis B2B, kamu bisa adakan free trial terdahulu kepada mereka semua. Selanjutnya, anda bisa menawarkan dengan harga promo.

Baca Juga: 8 Cara Menjalin Hubungan dengan Klien

Tidak hanya produk atau jasa saja, perayaan suatu pencapaian dari suatu usaha dn perusahaan juga boleh. Kamu dapat mengandalkan leader tim kreatif acara untuk melakukan peluncuran acara di setiap tahunnya. Diskusikan dengan tim secara rutin supaya event bisa terus update di setiap tahunnya.

Kamu juga bisa melibatkan beberapa komunitas,lembaga atau organisasi resmi yang berkaitan dengan bisnis produk atau jasamu. Dengan melibatkan mereka semua, brand dari bisnismu juga menyebar ke beberapa pihak tersebut. Bisnis kamu bisa lebih melebar. Lebih bagus lagi jika kamu bisa bekerja sama dengan beberapa kelompok atau lembaga UMKM.

Mengadakan Bazaar atau Banyak Orang yang Menyebutnya Pop-Up Shop

Dengan mengadakan B2B event marketing ideas seperti ini, kemungkinan banyak orang yang berminat ikut serta dalam kegiatan ini. Adanya bazaar seperti itu, banyak pengunjung atau partner bisnis yang mengetahui produk perusahaan. Selain itu, event ini akan membuka peluang besar bagi para pebisnis atau pengusaha untuk mempromosikan produk.

Karena acara seperti ini berlangsung sementara, usahakan kamu memberikan kegiatan yang berkesan. Kemungkinan acara-acara bazaar seperti ini melibatkan beberapa kegiatan seru seperti doorprize, games-games unik, penampilan performance dari grup talent tertentu. Dengan adanya kegiatan seperti ini,para pengunjung dan partner menginginkan acara seperti ini ada lagi.

Selain mengeksiskan produk, event seperti ini membuka para marketer untuk mengeksiskan bisnis produk dan jasa secara digital. Hal ini sebagai upaya mudah dalam menjangkau target.

Menyelenggarakan Konferensi antara B2B

Untuk mempermudah link dan memperoleh relasi B2B baru, mengadakan konferensi merupakan ide yang bagus. Kamu boleh menggunakan cara ini jika usaha yang kamu jalankan sudah dalam tahap level besar. Jika perusahaanmu sudah memiliki nama atau brand, pastinya akan ada banyak perusahaan yang memberi sponsor acara konferensi.

Baca Juga: Kalau Diminta Jelaskan Perbedaan B2B dengan B2C, Begini 8 Perbedaannya!

Kegiatan dalam seminar biasanya menyuguhkan program yang dinamis. Kegiatan tersebut biasanya terdiri dari sambutan pembicara, tokoh pelopor bisnis, serta para pendiri perusahaan B2B yang sudah terkenal. Mereka akan membagi tips yang menarik bagi pengusaha perusahaan B2B.

Mendirikan Ekspo atau Semacam Pameran Bagi Pelaku Bisnis B2B

Di era tahun 90-an, orang menyebut kegiatan pameran sebagi ekspo. Dimana kegiatan ini menampilkan berbagai produk dari berbagai macam perusahaan. Tidak hanya berupa barang tetapi juga jasa. Dalam acara ini, penyelenggara memberikan kesempatan penuh pada para industri dalam mengeksiskan produk mereka.

Dengan kegiatan seperti ini, pameran atau ekspo biasanya menghasilkan prospek kerja yang sangat signifikan. Selain itu, perusahaan memberikan produk yang berkualitas tinggi. Dari kegiatan inilah, para pengusaha kecil pun pasti juga memiliki ide dalam mengembangkan usahanya.

Baca Juga: Perbedaan Brand Image dan Brand Awareness untuk Branding yang Lebih Mengena

Jadi, pameran tidak hanya memamerkan fashion dan karya seni saja. Produk B2B juga bisa dikemas dengan bentuk seperti pameran atau ekspo.

Selain enam contoh dari event marketing B2B, ternyata event marketing ini memberikan dampak yang baik. 3 manfaat yang bisa kamu peroleh setelah mengadakan event marketing ini pasti dapat dirasakan.

3 Dampak Positif yang Diperoleh Setelah Mengadakan Event Marketing B2B

Beberapa dampak yang bisa kamu dapat setelah mengadakan event marketing pada relasi B2B sungguh tak akan pernah disadari.

Menemukan dan Memperkuat Hubungan Relasi antar Pebisnis

Adanya kegiatan event marketing seperti ini dapat memperkuat hubungan relasi antar pebisnis atau B2B. Dengan pertemuan tatap muka secara langsung yang ada dalam kegiatan pameran, antar pebisnis kemungkinan akan mengadakan kerja sama. Sebanyak 93 % markerter meyakini bahwa pameran juga bisa memperkuat hubungan para pelaku bisnis.

Selain itu, tempat pameran membuka kesempatan dalam meningkatkan promosi penjualan secara langsung baik kepada pelanggan atau partner bisnis.

Memberikan Kesempatan Peluang Bisnis dari Segala Aspek

Selanjutnya, kegiatan seperti ini juga memberikan peluang bisnis dari segala aspek. Tidak hanya dalam memperoleh keuntungan semata saja melainkan dari hal lain. Misalnya saja membangun relasi, melihat karakteristik pelaku bisnis serta melihat peluang bisnis lainnya.

Setelah mengadakan acara seperti ini, pastinya marketer juga memperoleh target pembeli atau partner. Setidaknya target mereka telah terdaftar pada konsumen yang termasuk dalam industri, produk, demografi, lingkungan atau target lainnya.

Mengekspansi Brand Awareness agar Lebih Terkenal dan Berkembang

Jika kamu telah bersedia menjadi partner, official support atau salah satu tim penyelenggara kegiatan, brand produkmu memiliki potensi menjadi lebih terkenal lagi. Hal ini menjadi salah satu cara agar brand mereka bisa lebih berkembang lagi.

Baca Juga: Mau Jalankan Bisnis, tapi Siapakah Target Market Kita?

Tujuan lain dari event marketing adalah memberikan kesadaran penuh bagi para pelaku usaha tentang potensi produk mereka sendiri. Tidak hanya dalam produk saja, melainkan memicu semangat calon pengusaha lain untuk mengasah skill mereka. Dengan begitu, mereka dapat berkarya sendiri dengan lebih baik lagi.

Apabila mempunyai konsep unik tentang B2B event marketing ideas, kegiatan apa yang akan dibuat? Mari semangatkan lagi ide-ide untuk membangun bisnis B2B dengan pebisnis lainnya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down