Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Cara agar Konten Viral FYP

10 Cara agar Konten Viral FYP

October 13, 2022
No comments
Share

Menjalankan bisnis melalui media digital tidak semudah membolak-balikkan tangan. Inginnya sih konten bisa viral, tetapi ternyata kontennya tidak ada yang melirik. Bahkan, tidak ada yang like, komen, atau share satupun. Pasti berpikir, membuat konten kok jadinya gini-gini amat. Sepuluh cara agar konten viral FYP ini bisa kamu lakukan, supaya bisnis makin melebarkan sayapnya.

Teori mengoptimalkan artikel ini sesuai dengan pakar Media dan Social Marketing. Menurut Dr. Jonah dalam buku yang berjudul Contagious. Ia melakukan sebuah penelitian melalui pendekatan A Result Driven-Approach, cara agar konten bisa lebih viral atau fyp adalah dengan melalui unsur-unsur pendekatan, di antaranya:

Definisi FYP dalam Mengoptimalkan Konten Itu Sendiri

Sebelum membahas beberapa cara agar konten viral FYP, ada baiknya anda pahami dulu apa yang dimaksud dengan FYP. FYP sendiri merupakan kepanjangan dari For Your Page. Beberapa konten yang ada pada halaman FYP ini berupa format video.

Baca Juga: Apa Itu Konten FYP dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Untuk memaksimalkan konten FYP ini salah satunya adalah dengan membuat algoritma. Biasanya aplikasi TikTok yang sering menggunakan algoritma aplikasi konten FYP. Dengan adanya konten FYP seperti ini, banyak pengguna yang mudah menemukan video sesuai topik. Banyak juga bisnis jasa dan produk yang memanfaatkan konten FYP ini.

Dengan beberapa cara ini, kamu bisa lebih mudah menemukan konten FYP sesuai dengan golongan produk barang atau jasa.

Buatlah Konten dengan Impact Trigger yang Kuat

Buat konten produk atau jasa dengan kata-kata yang mengandung trigger kuat. Misalnya saja iklan GoJek, iklan tersebut selalu menggunakan kata-kata ‘Pasti Ada Jalan” atau iklan Ramayana tema lebaran yang dulu semat viral seperti “Kerja Lembur Bagai Kuda.”

Terlihat sederhana tetapi dampaknya sangat kuat. Iklan biasanya membawakan kata-kata trigger ini dengan lagu yang lucu serta pembawaan kata-kata yang humoris. Selain itu, kata-kata tersebut juga menjadi meme serta hastag yang dapat mempengaruhi konten lainnya semakin viral.

Membuat Bahan Konten Berdasarkan Social Currency

Cara agar konten viral FYP kedua adalah membuat konten berdasarkan social currency. Social Currency meruapakan kata lain dari mata uang sosial. Mata uang ini bukan berarti mata uang seperti dolar, poundsterling, atau bitcoin. Istilah Social Currency ini merujuk pada hal yang menjadi incaran rakyat sosial.

Adanya Social Currency ini mempengaruhi reputasi setiap orang. Pengaruh ini membawa image seseorang supaya bisa terlihat lebih baik, bagus, dan menarik daripada pengguna media sosial yang lain. Contohnya: merawat tubuh, wajah dan perawatan yang lain, cara berinvestasi supaya bisa tercukupi di masa tua.

Inilah yang bisa membuat konten menjadi fyp dan viral.

Cara agar Konten Viral FYP adalah Mengandung Unsur Public Attention

Selanjutnya, konten viral juga mengandung public attention. Konten bisa jadi dari sesuatu yang umum. Ambil konten dari suatu hal yang umum, misalnya seperti dongeng Cinderella, Putri Tidur dan Little Red Ridding Hood. Dongeng ini nampaknya biasa saja.

Baca Juga: Apa Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness?

Tapi, dongeng-dongeng tersebut ternyata mempunyai sisi kelam. Karena banyak orang yang belum mengetahui sisi kelam dari dongeng karya Grimm’s Brother ini, juga bisa membahasnya dari sisi ini. Hal inilah yang terkadang menjadi public attention. Sesuatu yang umum akan tetapi ada suatu nilai yang menjadi pusat perhatian masyarakat.

Hal ini sama halnya dengan produk dan bisnis jasa yang kamu jalankan. Kamu bisa memberikan nilai unggul dari produkmu yang umum. Misalnya saja kamu menjual jamu dengan kemasan botol yang unik.

Membuat Konsep Konten Berdasarkan dari Practical Values

Apabila kamu ingin membuat konten yang unik dan out of the box, hal ini memang sangat menarik. Tapi, konten tersebut bisa jadi menarik dalam kurun waktu yang sebentar. Hal ini karena isi konten memiliki beberapa kelemahan yang sedikit fatal, misalnya saja para audience merasa kesulitan untuk mempraktikkannya.

Baca Juga: Jasa Iklan TikTok, Solusi Terbaik untuk Perkembangan Bisnis

Membuat konten tidak harus bermodalkan fasilitas yang lengkap dan mahal. Beberapa konten yang mengandung tulisan saja pun bisa menjadi public attention yang kuat, contohnya quotes dan kata-kata lucu. Ada juga konten yang memperlihatkan fenomena atau suatu benda yang menganalogikan kehidupan filosofis, misalnya ketenangan air sungai dengan kehidupan.

Membangun Konsep Konten dengan Model Stories

Hal lain lagi yang mengundang perhatian auidence adalah merancang konten dengan konsep stories. Masyarakat pada umumnya suka akan hal dengan cerita yang runtut dan plot twist. Inilah yang menjadi cara agar konten viral FYP. Misalnya saja, membagikan konten berisikan Tips Membangun Digital Marketing yang benar supaya mendapatkan sasaran yang tepat.

Kamu bisa sajikan konten dengan menceritakan beberapa karakter, contoh si Chandra memiliki toko online. Tapi ia kebingungan mencari cara agar audience bisa lebih memahami cara-caranya.

Menciptakan Trend dengan Konsep Terdahulu atau Klasik

Cara agar konten viral FYP yang satu ini sangat menarik. Pasalnya, metode ini bertujuan untuk memenuhi target dengan usia dewasa hingga lansia. Mengangkat era 90-an bisa menjadi topik yang unik dan menarik karena sebagian orang sudah lama tidak membahasnya.

Baca Juga: Biar Makin Cuan, Pakai 5 Platform Media Sosial untuk Bisnis Ini

Melalui cara ini, bisa mengangkat era 90-an untuk mempromosikan produk atau jasa, mulai bentuk font, model baju, benda-benda di era 90-an, instrumen musik dan efek tayangan gambar video khas jadul.

Mengoptimalkan Trend Transition dan Desain yang Mengalihkan Lirikan Audience

Utak-atik terus desain videomu. Beberapa cara agar audience bisa tertarik adalah dengan membuat dan menontonnya lagi secara berulang-ulang. Dengan cara seperti ini, kamu juga memposisikan dirimu sebagai penonton. Transition yang viral adalah water transition, ring light challenge dan beberapa jenis transition lainnya.

Salah satu contohnya adalah produk minuman. Kamu bisa ambil produk minuman, misalnya jus, air mineral atau jamu. Berikan transisi video berupa cipratan air dengan slide video adegan minuman jatuh ke dalam air. Efek Splash ini tentunya menarik banyak perhatian konsumen sehingga menilai bahwa minuman ini benar-benar menyegarkan.

Melibatkan Konten dengan Konsep Trend Terbaru

Setelah membahas konsep produk dengan trend lawas era 90-an. Kamu bisa juga mengangkat trend yang sedang terbaru saat ini. Konten tersebut dapat dikombinasikan dengan beberapa hal, contohnya: lagu, musik instrumen, filter serta tema yang ada pada konten video.

Trend terbaru memang bisa menjadi daya tarik pengunjung. Namun, kamu tetap harus berikan konsep yang lebih berbeda dari yang lainnya.

Membuat Konten Video dengan Konsep Kultur Budaya

Tidak hanya video dengan konsep yang update dan kekinian saja yang menjadi bahan perhatian. Video dengan konsep kearifan lokal pun juga menjadi daya tarik tersendiri. Suatu produk biasa saja bisa menjadi viral karena cara mempromosikannya dengan kearifan lokal.

Sebut saja iklan salah satu provider seluler yang pernah viral pada masanya. Pada iklan tersebut, ada seorang pemuda yang salah sambung kepada emak-emak kampung dengan menjawab, “Sukijan..sukijan sayang.” Nama Sukijan bisa menjadi viral karena terus emak-emak tersebut terus menyebutnya.

Baca Juga: Ingin dapat Partner Bisnis Profesional? Ini Dia Tips Marketing LinkedIn

Membuat Konten dengan Konsep Parodi

Memparodikan film yang sedang viral bisa mempengaruhi daya tarik bisnis produk atau jasa. Kamu bisa mengangkat film korea, film yang sempat trending pada masanya atau salah satu adegan film yang terngiang-ngiang.

Kamu bisa mengangkat beberapa hal ini menjadi tayangan iklan produkmu. Salah satu contohnya adalah iklan produk obat batuk yang membuat parodi film Titanic. Hal ini yang bisa membuat audience terngiang-ngiang dengan film tersebut.

Itulah 10 cara agar konten viral FYP yang bisa kamu praktikkan sendiri pada bisnis produk atau jasa milikmu.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down