Brand identity atau identitas brand tidak akan terpisah dari kehidupan jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis bersama dengan tim.
Hingga pada saat ini pun, terdapat ratusan bahkan ribuan kompetitor bisnis dari lahan bidang tertentu yang tersebar di segala penjuru. Bukankah era globalisasi dan pemasaran modern hanya membutuhkan kekuatan viral marketing dan word-of-marketing?
Pada artikel kali ini, Anda akan disajikan informasi seputar definisi brand identity dan apakah masih relevan penting bagi bisnis?
Table of Contents
Apa itu brand identity?
Brand identity atau yang biasa Anda kenal dengan identitas brand adalah sebuah representasi dalam bentuk visual. Representasi visual sebuah brand berguna sebagai pendekatan produk kepada para calon konsumen agar lebih mudah dikenali.
Citra diri dari sebuah brand tergolong ke dalam pendekatan holistik terhadap elemen visual yang mencakup kelima hal di bawah ini:
- Sebuah palet warna;
- Tone of voice;
- Desain logo yang strategis;
- Tipografi atau jenis huruf tertentu; dan
- Gambar & elemen grafis.
Pentingkah membangun brand identity?
Ya, amat penting. Brand identity bisa disandingkan dengan perumpamaan Anda berkencan dengan seseorang. Sebelum memutuskan untuk berkencan, Anda pastinya akan mengulik informasi dengan orang tersebut; karakteristik orangnya bagaimana, hal-hal yang ia sukai, dan orang tersebut memiliki hal menarik yang seperti apa.
Sama dengan layaknya hal di atas, calon konsumen akan menaksir beberapa hal asumsi yang mereka miliki sebelum memulai memutuskan untuk melakukan pembelian terhadap produk Anda.
Bagaimana jika brand tidak memiliki identitas?
Perlahan dengan pasti, brand dari sebuah bisnis yang tidak memiliki brand identity akan tersingkirkan dalam dunia pemasaran digital saat ini. Mengapa? Sudah banyak brand yang mencoba meniru brand besar yang memiliki nama. Baik mereplika atau meniru dari segi penamaan brand, desain logo, ataupun ciri khas tertentu.
Contohnya saja produk brand makanan mi pedas tersohor dan minuman boba kekinian yang ada di Indonesia. Memang sudah ada beberapa yang sukses menggeliatkan bisnisnya hingga membuka cabang baru, lantas ada banyak pesaing bisnis yang mencoba meng-copy dan paste produk itu tadi dengan hanya mengubah sedikit bagian nama dan desainnya.
Tidak dimungkiri, pada awal-awal kehadiran pesaing bisnis ‘copy–paste’ itu tadi akan digandrungi banyak konsumen, tetapi lihat saja pada beberapa bulan atau tahun kemudian bisnis tersebut tidak akan seramai pada awal pembukaan.
Hal tersebut terjadi karena sebuah brand tidak memiliki keunikan, identitas, ciri khas, dan pesona branding. Pasalnya, sebuah brand akan bisa berjaya pada masa kini hingga mendatang berkat keempat hal di atas–tidak terlepas juga dari metode pendekatan dan komunikasi dengan para konsumen.
Para pesaing bisnis ‘copy–paste’ hanya memiliki mindset jangka pendek dengan memanfaatkan momentum masa kini saja, tetapi tidak membangun sebuah prospek bisnis dari produknya.
Cara membangun kekuatan brand identity
Cermati 5 cara membuat brand identity sekaligus menguatkannya di mata konsumen.
Analisis perusahaan dan pasar
Anda dapat melakukan analisis SWOT untuk membantu mengetahui kekuatan, kelemahan, peluan, dan ancaman bisnis. Dengan cara ini, Anda dapat menentukan dengan lebih baik tujuan dan langkah apa yang perlu Anda dan tim perlu capai melalui identitas merek (brand identity).
Tentukan tujuan bisnis
Rumuskan objektivitas dan tujuan atau sasaran bisnis. Setelah itu, kaitkan dengan identitas merek Anda. Salah satu hal penting, identitas merek (brand identity) harus membantu bisnis Anda mencapai tujuan tersebut.
Tentukan target konsumen Anda
Anda dapat mengidentifikasi siapa saja yang masuk dalam kategori calon konsumen yang potensial bagi brand Anda. Lakukan metode survei, user interview, pengisian kuesioner, atau bertanya melalui media sosial yang Anda kelola.
Bangun dan jalin komunikasi
Melalui era digitalisasi, sebuah brand harus melakukan sisi humanisme agar tidak terkesan kaku, monoton, dan tidak mampu beradaptasi. Lakukan pendekatan secara personal dengan para calon konsumen atau konsumen lama dengan cara menyusun strategi pemasaran diskon, pemberian hadiah/giveaway, tanggapi segala kebutuhan mereka, mengirimkan newsletter atau email marketing, dsb. Buat segala komunikasi menjadi dua arah agar konsumen merasa terapresiasi dan tidak ada jurang pemisah di antara brand dengan mereka.
Unjuk diri melalui visualisasi
Tampilkan diferensiasi dan keunikan brand bisnis Anda dengan penyegaran konten-konten viral, edukatif, hiburan, atau marketing campaign. Buatlah itu semua dengan ciri khas desain dan visual yang memanjakan mata konsumen. Tentunya, sebelum semuanya dipublikasikan, Anda bersama dengan tim harus membuat brand guidelines terlebih dahulu agar selalu memiliki konsistensi jangka panjang.
Itulah informasi seputar brand identity dan pentingnya bagi sebuah brand. Anda tidak bisa mengabaikan hal itu begitu saja karena melihat realitas sosial semakin maraknya persaingan bisnis yang muncul ke permukaan, jadi Anda dan tim harus memiliki sesuatu yang bernilai agar produk bisnis bisa dengan mudah dikenal, diterima, dan digandrungi oleh banyak konsumen dalam jangka panjang.
SAB Digital Marketing Agency bisa membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang di era transformasi digital saat ini. Apa pun yang Anda butuhkan mulai dari desain web dan optimalisasinya, leads generation, SEO/SEM, email marketing, hingga manajemen media sosial kami sediakan.
Selain itu, kami sudah menjadi bagian dari Google Partner, jadi kredibilitas dan cara kerja kami seluruhnya akan kami dedikasikan yang terbaik untuk Anda. Kami pun selalu berorientasi pada proses, data, hingga hasil yang akurat untuk menghasilkan sesuatu yang progresif untuk persona bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dengan cara klik di sini.