Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Social Media Influencer Marketing

Teruslah Membersamai Social Media Influencer Marketing Biar Fulus Jalan Mulus

August 19, 2022
No comments
Share

Media sosial adalah wadah yang sangat besar untuk pemasaran bisnis online. Bisnis apapun bisa Anda tawarkan di sekian banyak media sosial. Tinggal bagaimana Anda mengembangkan bisnis dengan berbagai cara di media sosial. Salah satunya Anda bisa menggunakan social media influencer marketing untuk memasarkan produk, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan penjualan.

Strategi pemasaran ini sangat penting di tengah perkembangan media sosial yang sangat pesat. Orang-orang sudah sangat familiar dengan media sosial. Apapun platform yang mereka gunakan akan mereka hubungkan dengan akun media sosialnya guna memudahkan semuanya.

Mereka ingin para followersnya mengetahui apa yang mereka posting di satu waktu secara bersamaan. Tidak ada beda satu media sosial dengan media sosial lainnya. Ini tentu akan sangat mudah bagi seorang influencer melakukan promosi sebuah brand mengingat hampir seluruh anggota keluarga di satu rumah pasti menjadi pengguna aktif media sosial.

Apa Itu Social Media Influencer Marketing?

Mungkin Anda penasaran tentang seberapa perlunya sebuah bisnis menggunakan social media influencer marketing. Apakah sudah pasti ada jaminan produk atau brand kita mendapat perhatian khalayak ramai jika menggunakan strategi marketing ini?

Semua kembali pada tujuan Anda melakukan strategi marketing yang melibatkan influencer di media sosial. Jika Anda merasa bisnis Anda belum menghasilkan sesuai dengan ekspektasi, maka penting bagi Anda untuk mempertimbangkan cara promosi satu ini.

Baca Juga: Pemasaran Produk Melalui Instagram Influencer

Influencer marketing ada hubungannya dengan pengaruh seseorang atau sebuah tim dalam keputusan pembelian oleh target. Mereka akan melakukan berbagai macam bentuk marketing untuk bisa menarik minat para calon pembeli potensialnya sampai akhirnya melakukan deal dengan brand Anda.

Influencer marketing yang melakukan tugasnya di area media sosial tidak akan merasa kesulitan karena itu sudah menjadi ‘santapannya’ sehari-hari. Mempengaruhi dan mengajak para pengikutnya adalah apa yang mereka kerjakan setiap waktu. Entah ia sedang makan makanan dari suatu brand atau ia sedang menonton film melalui siaran platform Over the Top.

Ia akan mengajak pengikutnya untuk merasakan keuntungan yang sama saat seperti yang ia rasakan jika menggunakan layanan tersebut. Sesederhana itu cara kerja social media influencer marketing. Meskipun sederhana namun hasilnya selalu memuaskan. Banyak bisnis yang bisa meningkat penjualannya karena menerapkan strategi marketing ini.

Kepopuleran Social Media Influencer Marketing

Awalnya kemunculan influencer marketing di media sosial hanya mengikuti tren yang ada saja. Saat sedang booming pemasaran produk melalui media sosial, mendadak banyak yang banting setir jadi influencer marketing ini. Kenyataannya, kehadiran social media influencer marketing sangat menguntungkan banyak pebisnis online.

Mereka tak perlu pusing memikirkan promosi produk supaya banyak target masuk ke dalam jaring brand mereka. Biar influencer yang melakukannya. Selanjutnya Anda hanya perlu mempersiapkan alur pengepakan, pendistribusian, hingga layanan after sales bagi para pembeli Anda. Kerja sama yang berkesinambungan antara klien dan influencer juga biasanya akan membuka peluang bisnis baru.

Lalu, mengapa sih produk-produk yang menggunakan strategi marketing ini selalu ludes alias sold out dalam waktu singkat? Semua karena tingkat popularitas sang influencer. Menjadi populer membawa keuntungan tersendiri. Ia akan lebih mudah menjual produk apapun.

Apalagi jika produk tersebut sangat berkualitas dan menyenangkan menggunakannya. Repeat order pun akan sering mereka alami. Di sisi lain, influencer juga mengalami perkembangan yang cepat.

Tren Konten Social Media Influencer Marketing

Ada begitu banyak tren konten yang orang-orang ciptakan di media sosial. Tren ini terus mereka gunakan bak gulungan bola salju di atas lahan bersalju yang tebal. Kantung-kantung para influencer ini jadi semakin tebal dan klien pun senang. Para pembeli juga bisa naik mood bagusnya karena bisa memiliki dan menggunakan produk yang sama dengan influencer yang mereka ikuti.

Beberapa tren social media influencer marketing yang bisa Anda ikuti, di antaranya:

  • Konten atraktif. Yang namanya media sosial berarti wadah dimana Anda bisa menemukan segala hal. Mulai dari sudut pandang hingga preferensi pribadi. Sebuah konten memiliki potensi untuk menjadi tren jika memiliki kriteria yang berlawanan dengan sifat pasif. Konten itu haruslah yang menarik, atraktif, unik, dan mudah bagi para audiens untuk mencernanya. Seperti tren mukbang atau siaran makan untuk melakukan promosi mi ramen dari negeri ginseng.
  • Konten video untuk menarik banyak pengunjung. Media sosial kini sudah melesat maju dengan berbagai fitur yang menyenangkan. Influencer tentu saja menyasar fitur video dimana ia bisa membuat konten video dengan konsep yang sesuai permintaan kliennya. Konten video itu sangat efektif dalam memasarkan suatu produk. Anda bisa menjelaskan manfaat produk dengan lebih detil dan jelas. Jangan lupa untuk menggunakan kalimat kekinian yang tidak membosankan.
  • Kemitraan jangka panjang. Social media influencer marketing saat ini sudah mirip seperti sebuah brand dengan ambasadornya. Karena sang influencer sangat bagus dalam melakukan promosi hingga brand mencapai level tertentu dalam penjualan dan brand awareness, maka perusahaan akan terus melakukan kerja sama dengannya untuk jangka panjang. Banyak endorsement yang terus perusahaan kirim agar influencer bisa membuatkan konten yang menarik secara berkesinambungan.
  • Kegiatan online yang meningkat. Tren melakukan acara online di tengah masa pandemi membuat para influencer memutar otaknya agar acara tersebut selalu fresh dan tak membosankan. Event virtual bisa influencer lakukan bersama brand dengan sponsor dari penyedia jasa meeting online.
  • Mensponsori momen penting sang influencer. Social media influencer marketing juga menggunakan tren satu ini. Brand bisa memberikan sponsor untuk hari penting sang influencer. Misalnya, Anda menjual boneka handmade. Anda bisa mengambil momen saat influencer Anda merayakan wisuda. Anda bisa mensponsori acara syukuran kelulusannya dari kampus. Anda bisa membuatkan banyak boneka berpakaian wisuda di venue acaranya. Jangan lupa untuk mendokumentasikannya agar influencer Anda punya materi untuk membuat konten selanjutnya.

Social media influencer marketing adalah strategi yang akan Anda jalankan untuk memuluskan usaha Anda. Anda bisa memilih influencer yang ideal untuk bisnis Anda. Mungkin dia berasal dari jajaran mega influencer dimana jumlah followers-nya di sejumlah media sosial sudah mencapai lebih dari satu juta.

Baca Juga: Pengertian dari Selebgram, Paid Promote, Endorse, dan Influencer

Lalu, ada micro influencer dengan 40 ribu sampai 1 juta pengikut hanya dari satu platform media sosial saja. Anda juga perlu lho untuk menggandeng micro influencer dimana ia telah memiliki 1.000 sampai 40 ribu pengikut.

Micro influencer biasanya tak terlalu mengejar berapa views. Kebanyakan dari mereka hanya membuat konten sesuai niche dan mereka suka melakukannya. Brand tertentu yang cocok dengan niche mereka seharusnya bisa menggandeng micro influencer ini.

Last but not least, Anda tak boleh menutup mata pada nano influencer. Mereka memiliki pasar sendiri dimana para pengikutnya meskipun kurang dari 1.000, tapi sangat besar pengaruhnya. Harga jasa mereka memang tidak sebanding dengan para influencer di atasnya, namun Anda perlu mencoba loyalitas mereka untuk bisnis yang dijalankan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down