Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Manfaat Konten Reels

Manfaat Konten Reels Bisa Bikin Marketing Sukses?

August 7, 2022
No comments
Share

Instagram memiliki fitur video pendek Reels yang bisa bermanfaat untuk bisnis. Reels menjadi populer seiring minat masyarakat terhadap video pendek vertikal. Banyak bisnis yang kemudian memanfaatkan Reels sebagai salah satu media marketing. Manfaat konten Reels salah satunya untuk video promosi. Selain unggahan sendiri, ada juga paid ads yang berbayar, namun bisa menjangkau lebih banyak orang.

Instagram dalam bentuk video pendek vertikal mulai banyak dikenal sejak munculnya Tiktok. Setelah media sosial seperti Youtube, Instagram, dan Facebook juga mulai memanfaatkan jenis video pendek seperti ini. Tak hanya menghibur bagi pengguna, konten video ini bisa menjadi tempat untuk pebisnis mempromosikan produk dan jasanya.

Instagram sebagai salah satu platform sosial media bisa menjadi sarana untuk bisnis menyebarkan konten marketing. Membuka akun media sosial memang gratis, namun konten untuk marketing sebaiknya direncanakan dengan baik.

Pengelola akun media sosial bisnis harus memahami mengenai fitur-fitur dan algoritma yang tersedia dalam Instagram. Ini agar postingan baik itu feed, stories, maupun reels bisa efektif dalam menjangkau banyak audiens.

Manfaat konten Reels sangat banyak bagi perusahaan. Namun perlu membuat video yang viral atau banyak memiliki penonton sehingga benar-benar efektif. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat konten reels untuk bisnis, yaitu:

Isi Konten yang Menarik

Isi konten Reels haruslah menarik dan menghibur. Pengguna Instagram ingin melihat sesuatu yang menghibur mereka. Tak heran jika banyak video lucu yang menjadi viral.

Konten untuk marketing bisa berupa video yang kreatif, lucu, atau informatif. Pastikan isi konten tersebut sudah sesuai dengan target audiens. Pebisnis perlu tahu siapa pasarnya yang spesifik sehingga lebih mudah menjangkaunya.

Caption dan Tagar

Penggunaan caption dan tagar yang tepat bisa membantu agar video Reels dapat menjangkau lebih banyak orang. Caption untuk Reels tidak perlu panjang karena akan tampil beberapa kata saja saat pemutaran video. Jadi gunakan pesan yang singkat seperti pertanyaan atau sesuatu yang membuat penasaran.

Tambahkan juga tagar agar video Reels tersebut dapat muncul untuk topik yang serupa. Cari tahu tren yang ada di media sosial, seperti tagar, efek, dan musik yang banyak digunakan. Namun penggunaannya harus tetap relevan dengan isi konten.

Followers dan Target Audiens

Membagikan video Reels bisa untuk followers saja atau bisa untuk umum. Di Instagram terdapat fitur akun publik dan privat. Selain itu, ada tab Explore dan tab Reels yang menyediakan video Reels untuk ditonton umum.

Bisnis bisa membagikan video Reels pada media sosial lain seperti Facebook. Ini membantu untuk menjangkau lebih banyak orang. Jika ingin yang lebih tepat untuk target audiens, terdapat pilihan iklan dari Instagram.

Instagram Reels saat ini menjadi salah satu fitur yang disukai oleh pengguna Instagram. Bagi bisnis atau orang yang ingin melakukan pemasaran digital, Reels memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat konten Reels:

Menyebarkan Kesadaran akan Brand

Media sosial menciptakan kebiasaan untuk memperoleh informasi dalam ukuran kecil. Rentang perhatian penonton rata-rata delapan detik saja, jadi bentuk konten video pendek cocok untuk menjaga perhatian audiens yang ditargetkan.

Fitur tambahan seperti musik dan teks juga membuat Reels menjadi lebih menghibur. Bagi bisnis, konten Reels bisa berupa tips terkait produk, promosi produk baru, atau keunggulan produk. Ini bisa membantu agar audiens mengenal atau mengingat kembali brand bisnis.

Membagikan Konten dengan Banyak Topik

Bagi bisnis, konten video Reels tidak hanya terbatas berupa video promosi produk. Ini bisa berupa konten edukasi, review produk, behind the scene, dan lain-lain. Bisnis perlu membagikan konten dengan topik yang sesuai dengan target audiensnya. Ikuti tren yang target pasar ikuti. Manfaatkan tren untuk membuat konten lebih menarik untuk ditonton.

Menempatkan Konten di Halaman Explore

Seperti postingan feed Instagram, Reels juga bisa muncul di halaman jelajah. Halaman jelajah masing-masing pengguna bisa berbeda-beda. Ini tergantung dari topik yang relevan dengan minat mereka, jadi bisa sesuai dengan target audiens. Jika video mendapat interaksi yang cukup seperti komentar, suka, dan share maka Instagram akan membuat video tersebut berada di Explore. Ini membuat konten menjadi bisa diakses oleh pengguna lain yang bukan pengikut akun tersebut.

Penonton video di Explore bisa dikenalkan dengan brand produk yang dipasarkan. Mereka juga bisa mendapat informasi baru dari video marketing. Jika dilakukan dengan tepat, maka audiens dapat tergerak untuk mencari tahu dengan masuk ke halaman profil akun. Di sana mereka juga bisa memeriksa produk melalui tautan shop yang tersedia.

Meningkatkan Keterlibatan dari Pengikut

Algoritma Instagram merupakan aspek yang rumit namun Reels menjadi fitur yang cukup baru dan dipromosikan. Jadi saat video Reels diunggah maka kemungkinan besar akan didorong ke halaman Explore dan tab Reels pengguna lainnya.

Pengguna juga bisa mengunggah video Reels ke feed sehingga bisa mudah ditemukan oleh pengikut. Gunakan caption yang menarik dan mendorong pengikut untuk berkomentar. Ini juga bisa berupa pertanyaan kuis atau event tertentu sehingga pengikut tertarik untuk berkomentar.

Membuat Konten Lebih Cepat

Instagram sudah memiliki banyak fitur edit video di dalam aplikasinya. Saat akan membuat Reels, pengguna bisa merekam langsung atau mengunggah file dari galeri. Melakukan perekaman langsung secara alami bisa mempercepat pembuatan konten.

Pengguna tinggal menambahkan audio, efek, dan teks jika diperlukan. Tambahkan caption keterangan dan pilihan sharing. Selanjutnya tinggal membagikan video tersebut. Pembuatan konten yang bisa langsung dilakukan di dalam aplikasi bisa menghemat waktu.

Menampilkan Kepribadian Merek

Manfaat konten Reels untuk pemasaran yaitu bisa menampilkan kepribadian merek. Berformat video, konten ini bisa menunjukkan branding produk, model, tempat usaha, dan banyak hal lainnya. Ini terlihat lebih hidup daripada sekadar postingan berupa gambar yang diam. Bisnis bisa menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan konsumen melalui video Reels.

Membuat konten dengan menampilkan kepribadian merek juga harus menarik. Ini perlu mengandung humor dan emosi yang bisa membuat audiens merasa terhubung.

Konten Multiguna untuk Platform Lain

Konten untuk video Reels berupa video pendek. Tak hanya dapat dibagikan dalam platform Instagram, ini juga dapat dibagikan ke platform lainnya seperti Youtube, Tiktok, dan Facebook.

Jadi satu konten tersebut bisa dimanfaatkan untuk beberapa channel media sosial. Namun perlu mengingat bahwa harus menyesuaikan fitur dan algoritma masing-masing platform. Setiap media sosial perlu mendapat perlakukan khusus sehingga konten tersebut bisa sesuai.

Instagram sebagai salah satu media sosial memiliki peran penting dalam digital marketing perusahaan. Bisnis bisa menggunakan berbagai fitur di dalamnya termasuk Reels yang berupa video pendek.

Manfaat konten Reels sangat beragam tergantung dari isi kontennya. Penting untuk membuat konten dengan tujuan tertentu sehingga bisa lebih mudah menganalisis efeknya. Konten marketing yang efektif tentunya bisa membantu dalam kesuksesan sebuah bisnis.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down