Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
perbedaan branding dan positioning

8 Perbedaan Branding dan Positioning, Jangan Salah Arti Lagi!

September 15, 2023
No comments
Share
perbedaan branding dan positioning

Apa perbedaan branding dan positioning? — Dalam dunia bisnis dan pemasaran, istilah-istilah seperti branding dan positioning sering kali digunakan secara bergantian, yang menyebabkan kebingungan bagi beberapa orang.

Meskipun keduanya saling terkait, branding dan positioning memiliki perbedaan yang signifikan dalam strategi pemasaran suatu produk atau layanan. Melalui artikel ini, kami memberikan edukasi terkait perbedaan branding dan positioning secara mendalam.

Definisi Branding dan Positioning

Perbedaan branding dan positioning sebenarnya sudah kentara dari sisi definisinya.

Branding merujuk pada proses pembentukan identitas dan citra dari suatu produk, layanan, atau perusahaan di benak konsumen. Branding melibatkan elemen-elemen seperti logo, warna, nama, desain, dan nilai-nilai perusahaan atau brand yang bertujuan untuk membedakan produk atau layanan dari pesaingnya. Selain itu, branding juga bertujuan untuk menciptakan hubungan emosional dengan para calon konsumen maupun konsumen loyal.

Sementara itu, brand positioning adalah penempatan produk atau layanan di benak konsumen dalam hubungannya dengan pesaing di pasar. Positioning berusaha untuk menonjolkan keunikan dan nilai tambah produk atau layanan dari perusahaan atau merek (brand) sehingga menjadi lebih relevan dan diingat oleh para target pasar.

Fokus Utama

Perbedaan branding dan positioning selanjutnya ialah dilihat dari fokus utamanya, Jika branding menekankan pada identitas dan pengenalan merek kepada khalayak, positioning lebih berfokus pada menempatkan produk atau layanan secara strategis di pasar.

Ingin singgah sejenak? 8 Cara Berjualan di Marketplace, Raup Konversi Penjualan Tinggi

Tujuan

Berikutnya, perbedaan branding dan positioning ditinjau dari sisi tujuannya. Tujuan branding adalah untuk menciptakan kesan positif dan kuat di benak konsumen sehingga brand tersebut menjadi lebih dikenal, diingat, dan dipercaya. Di sisi lain, tujuan positioning adalah untuk mengomunikasikan manfaat dan nilai produk atau layanan agar dapat memenuhi kebutuhan target pasar dengan lebih baik daripada pesaingnya.

Elemen-elemen Inti

Apabila branding melibatkan elemen-elemen seperti logo, slogan, desain, dan pesan merek (brand) yang konsisten, positioning melibatkan strategi pemasaran, penekanan pada keunggulan produk, dan komunikasi yang sesuai dengan target pasar. Bila kedua elemennya diusung, perbedaan branding dan positioning sudah semakin mengakar.

Baca dulu: Bisnis Dapat Ulasan Buruk? Berbenah Tingkatkan Kepuasan Pelanggan!

Waktu Pelaksanaan

Branding adalah proses jangka panjang yang membangun kesadaran dan citra merek seiring berjalannya waktu. Sebaliknya, positioning lebih mengikatkan dengan tindakan jangka pendek saja untuk menempatkan produk atau layanan di pasar dengan tepat pada waktu tertentu.

Kelompok Sasaran

Dari sisi target sasarannya, perbedaan branding dan positioning terlihat sangat mengerucut. Branding bertujuan untuk menciptakan ikatan emosional dengan audiens yang lebih luas, termasuk bagaimana menciptakan pelanggan potensial dan loyal. Positioning lebih berfokus pada kelompok target yang sudah ditentukan dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan mereka secara lebih baik dari pesaing.

Jangan sampai Anda lewatkan! 10 Ide Bisnis Online Ini Bisa Buat Anda Cepat Cuan

Aspek Pemasaran

Tidak kalah penting, terdapat pula perbedaan branding dan positioning yang mengarah pada sisi penjualannya. Branding terkait erat dengan brand identity (identitas brand) dan bagaimana brand tersebut diposisikan di pasar secara keseluruhan. Positioning berkaitan dengan bagaimana produk atau layanan spesifik dipasarkan dan dibedakan dan produk serupa di pasar.

Contoh Studi Kasus

Brand "Tegak Lega" memiliki 'nama' yang kuat dan dikenali dengan logo berwarna merah dan tulisan "Tegak Lega" yang khas. Brand ini dikaitkan dengan kesegaran, kegembiraan, dan bersenang-senang. Branding Tegak Lega adalah tentang menyampaikan rasa kenikmatan dan kegembiraan yang terkait dengan minuman mereka.

Contoh Brand Positioning

Brand bernama "Ragend" telah memposisikan brand mereka sebagai produsen mobil yang sangat aman. Brand ini telah lama menekankan inovasi keamanan, seperti rem anti-blokir (ABS) dan sabuk pengaman tiga titik. Brand "Ragend" ingin dikenal sebagai merek yang paling peduli tentang keselamatan dalam berkendara. Posisi brand mereka adalah "brand mobil paling aman."

Hasil Akhir

Terakhir, tidak kalah penting, perbedaan branding dan positioning yaitu dari kaca mata output yang dikeluarkan. Hasil akhir branding ialah menciptakan loyalitas brand dan persepsi positif di kalangan konsumen.

Sementara itu, positioning akan menghasilkan pemahaman yang lebih jelas tentang bagaimana produk atau layanan bisa memenuhi kebutuhan pasar dengan lebih baik dan meningkatkan pangsa pasar. Tentu keduanya ini akan selaras dengan objektif pemasaran dari setiap perusahaan atau brand.

Baca juga: 7 Macam Strategi Marketing untuk Kembangkan Bisnis Anda

perbedaan branding dan positioning

Penutup

Harapannya, melalui artikel ini Anda bisa mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk produk atau layanan Anda.

Branding akan membantu menciptakan kesan kuat dan membedakan merek Anda dari pesaing, sedangkan positioning akan memastikan bahwa produk atau layanan Anda ditempatkan secara tepat di benak konsumen. Ingatlah kalau kedua aspek ini harus saling mendukung untuk mencapai kesuksesan pemasaran yang optimal.

Bacaan berikutnya: Apa Perbedaan Hardselling dan Softselling dalam Marketing?

SAB Digital Marketing Agency adalah salah satu digital marketing agency Jakarta yang bisa menjadi pertimbangan terbaik Anda. SAB juga dapat menjadi mitra yang tepat untuk meningkatkan brand awareness dan sales bisnis.

Dalam upaya membantu kebutuhan online presence untuk bisnis/brand, SAB selalu berkomitmen untuk membangun citra bisnis unggul melalui berbagai terobosan inovasi pemasaran yang disesuaikan dengan profil bisnis/brand Anda.

Melalui layanan strategi terbaik SAB seperti lead generation, email marketing, landing page design & development, hingga SEO dan Ads, bisnis Anda akan bisa mendapat impresi yang memuaskan pada target sasaran berkualitas.

Pelajari profil SAB dengan cara klik di sini atau langsung menjadwalkan konsultasi gratis dengan digital expert SAB dengan cara klik di sini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down