Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Influencer Marketing Instagram

Pengaruh Influencer Marketing Instagram untuk Brand Awareness Anda

September 15, 2022
No comments
Share

Para pebisnis online sangat mengerti pentingnya influencer marketing untuk bisnis mereka. Dewasa ini mereka seolah berperang satu sama lain demi bisa meningkatkan brand awareness di tengah kemajemukan para penghuni dunia maya. Salah satu tools yang mereka gunakan adalah memasarkan produk melalui influencer. Calon-calon klien potensial biasanya lebih menyukai gagasan yang seorang influencer ungkapkan.

Strategi influencer marketing pun menjadi efektif untuk promosi bisnis melalui media sosial. Anda mungkin telah merencanakan bekerja sama dengan seorang influencer tahun ini. Cobalah untuk menggunakan influencer marketing Instagram. Instagram selalu mendapatkan pengguna aktif mencapai lebih dari 1.2 miliar setiap bulannya.

Baca Juga: Simbiosis Mutualisme Lewat TikTok Affiliate Marketing

Tingkat interaksinya juga paling tinggi diantara platform media sosial lainnya. Postingan di Instagram juga memuat promosi produk sebanyak lebih dari 60 persen. Para pengguna Instagram juga ramah terhadap postingan penjualan produk ini. Mereka senang berinteraksi di dalamnya. Ini merupakan pencerahan bagi para pemula yang ingin meningkatkan brand awareness.

Kenali Influencer Marketing Instagram

Anda mungkin sering menemukan model-model postingan para influencer di Instagram yang mengatasnamakan sebuah perusahaan tertentu. Biasanya orang-orang awam hanya berpikir jika influencer ini adalah ambasador produk tersebut.

Tapi di lain kesempatan, influencer ini juga mempromosikan produk dari brand berbeda. Meskipun jenis produknya sama. Anda saat itu mungkin belum menyadari jika influencer tersebut sedang melakukan tugasnya sebagai influencer marketing Instagram. Ia menjalankan strategi marketing sebuah brand di Instagram.

Berikut jenis-jenis strategi marketing yang ada di Instagram.

Review

Seorang influencer biasa memposting ulasan suatu produk. Review yang menggigit datang setelah pemakaian produk beberapa waktu oleh sang influencer. Ia pun bisa menyampaikan ulasan dengan tulus dan sejujur-jujurnya. Supaya influencer marketing ini bisa mengungkapkan pendapat jujurnya maka harus memproduksi sesuatu yang berkualitas.

Konten dengan Brand di Dalamnya

Instagram brand akan mengeluarkan postingan dengan menyertakan sang influencer dalam kontennya. Anda bisa membicarakan konsep kontennya bersama dengan influencer marketing Instagram ini.

Baca Juga: Teruslah Membersamai Social Media Influencer Marketing Biar Fulus Jalan Mulus

Biarkan sang influencer mengeluarkan kreativitasnya sesuai porsi karena ia lebih tahu bagaimana menarik pengunjung sebanyak-banyaknya dalam setiap konten.

Kontes Postingan

Sebuah brand akan mengirimkan produk gratis kepada seorang influencer yang sudah melakukan perjanjian sebelumnya. Selanjutnya, influencer marketing ini akan mengadakan kontes seperti giveaway untuk para pengikutnya.

Produk-produk tersebut akan menjadi hadiah yang mereka berikan. Para pemenang nantinya akan memberikan ulasan setelah memakai produk tersebut selama jangka waktu tertentu.

Sponsored Post

Postingan bersponsor ini akan tayang di Instagram sang influencer. Dia akan menandai postingan ini sebagai postingan bersponsor atas nama brand Anda. Semakin banyak followers yang menyaksikan postingan ini, maka peluang meningkatnya brand awareness pun semakin tinggi.

Memilih Influencer Marketing Instagram Andal

Ada begitu banyak influencer yang berada di Instagram. Mereka juga memanfaatkan platform lain untuk memiliki engagement yang kental dengan para pengikutnya. Namun, Instagram menjadi platform paling nyaman untuk melakukan pemasaran suatu produk agar mencapai target brand awareness. Anda bisa memilih influencer yang paling tepat untuk mempromosikan brand.

Baca Juga: Manfaat Konten Reels Bisa Bikin Marketing Sukses?

Lalu, bagaimana menemukan influencer marketing Instagram yang andal dan ideal ini? Saat ini satu brand dengan produk yang sama saja bisa menggunakan lebih dari satu influencer. Karena memang kini banyak influencer yang jadi spesialis di bidang yang sama.

Misalnya, brand kosmetik memiliki kandungan niacinimide di dalamnya. Ada begitu banyak influencer Instagram yang benar-benar ahli di dunia per-niacinimide-an ini. Sesuaikan saja pemilihan influencer ini dengan konsep dan budget yang Anda sediakan. Anda juga bisa memilih mereka berdasarkan kriteria di bawah ini.

Niche

Spesialisasi influencer adalah hal terpenting yang bisa dilihat saat memilih. Anda harus memperhatikan topik apa yang sering ia bahas. Jangan sampai memilih influencer yang sering membicarakan soal kosmetik tapi produk brand adalah otomotif. Meskipun Anda sesuka itu pada penyampaian dari sang influencer. Anda harus tepat memilih influencer sesuai niche yang berhubungan dengan produk agar konten promosinya bisa tidak keluar dari topik.

Pahami Jenis ‘Suara’nya

Jika Anda memperhatikan postingan demi postingan dan insight dari seorang influencer maka bisa melihat suara yang selalu ia tunjukkan. Apakah ia kerap serius atau profesional saat menyampaikan sesuatu? Atau ia tipe yang santai dan humoris.

Dengan melihat pada produk, Anda akan bisa menargetkan audiens seperti apa ke depannya. Maka akan memilih lebih jelas influencer marketing Instagram.

Engagement Level

Level engagement rata-rata calon influencer marketing harus diperhatikan betul-betul. Apakah ia sering berinteraksi dengan para pengikutnya di kolom komentar atau bagaimana vibe yang muncul saat mereka berinteraksi. Anda bisa mengukurnya menggunakan Instagram Money Calculator. Anda bisa melacak pertumbuhan followers Instagramnya, apakah ia memiliki pengikut palsu, dan lain-lain.

Baca Juga: 13 Ide Konten Reels Instagram untuk Kebutuhan Bisnis

Bernegosiasi dengan Influencer Marketing Instagram

Setelah menemukan influencer yang menurut Anda sesuai dengan brand maka sebaiknya melakukan pembicaraan lebih dalam mengenai beberapa hal sebagai berikut.

Promotion Timeframe

Komunikasikan periode waktu promosi brand Anda sampai titik brand awareness dengan influencer tersebut. Informasikan tenggat waktu Anda dan sesuaikan dengan konsep yang sudah dipilih bersama dengannya.

Setelah Anda menemukan titik persetujuan maka promosi ini bisa jalan. Selanjutnya, jika sampai tenggat waktu sang influencer marketing Instagram tersebut belum bisa memenuhi permintaan Anda sesuai perjanjian awal, maka Anda perlu melakukan tindakan.

Konsep Konten

Anda harus tahu gambaran konsep dari sang influencer agar semuanya sesuai dengan brand Anda. Jangan sampai sang influencer tidak menunjukkan konsepnya lalu ia main jalan saja dan akhirnya menyeleweng dari nama brand itu sendiri. Memang sebagai klien kita perlu membebaskan sang influencer sebagai content creator dalam mengekspresikan dirinya di konten. Namun, semua harus ada kendalinya dari Anda sebagai pemilik brand.

Biaya Jasa

Bicarakan fee yang akan diberikan untuk influencer tersebut. Apakah akan memberikannya per postingan atau memberikan kompensasi sesuai dengan kinerjanya. Influencer marketing Instagram level atas biasanya sudah punya range harga sendiri.

Content Rights

Hak penggunaan konten adalah poin penting yang harus dibahas dengan sang influencer. Apakah di kemudian hari Anda bisa menggunakan konten miliknya untuk promosi di media sosial, website, dan media lainnya. Kedua belah pihak harus mendapatkan deal yang jelas dan saling menguntungkan sehingga tidak menjadi ganjalan di kemudian hari.

Baca Juga: Mau Kerja Sama Bareng Influencer Marketing TikTok? Cek Dulu Info Penting Ini

Brand awareness sangat penting bagi para pebisnis pemula yang belum mendapat banyak perhatian dari khayalak ramai di internet. Pebisnis ini sebaiknya mulai memikirkan untuk menggunakan influencer marketing Instagram dalam strategi pemasarnnya. Bagaimanapun, kecepatan promosi di media Instagram ini sangat membantu dalam meningkatkan kesadaran brand dan nilai penjualan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down