Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Jasa Admin Media Sosial

Kualifikasi, Cara Memilih, dan Manfaat Jasa Admin Media Sosial

September 27, 2022
No comments
Share

Jasa admin media sosial banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Perubahan zaman memang membelokkan segala sesuatu. Yang dulunya kurang lazim bisa saja menjadi lazim bahkan hampir menggantikan posisi utama. Seiring pesatnya perkembangan teknologi, susunan profesi pun turut berkembang. Mudahnya transaksi dan promosi online tak dapat menghindarkan perusahaan dari kebutuhan pegawai yang bekerja di balik itu.

Tim marketing lapangan yang melakukan promosi secara offline tentu saja tidak akan sanggup merangkap menjadi marketer online. Kegiatan mereka dalam 1 hari kerja telah penuh dengan wara-wiri ke berbagai tempat yang jaraknya tidak dekat. Lahirlah profesi baru sebagai spesialis promosi melalui media sosial.

Baca Juga: 6 SOP Admin Media Sosial, Banyak yang Belum Tahu

Mengapa Jasa Admin Media Sosial Diperlukan?

Revolusi industri yang telah terjadi mengedepankan segala aktivitas digital. Terjadi proses digitalisasi sehingga hampir semua sektor dibuatkan versi digitalnya termasuk perdagangan dan periklanan. Gempuran dan kemunculan banyak e-commerce membuktikan langkah nyata digitalisasi ini. Perbedaan mendasar antara pra digital dengan yang telah digital adalah kompetisi yang semakin ketat.

Oleh karena itu, perusahaan sangat memerlukan sumber daya yang lincah dan responsif. Salah satu sektor marketing yang penting adalah beriklan di media sosial. Berapa banyak orang mengakses jejaring sosial tersebut? Jawabnya adalah sangat banyak. Para pengguna bahkan menghabiskan separuh dari hari mereka untuk menjelajahi media sosial yang memang sangat menarik.

Jasa admin media sosiallah yang dapat membangkitkan perusahaan dari mati suri. Admin ini menjalankan tugas untuk berhubungan secara maya dengan para customer dan calon customer.

Untuk calon customer, ini adalah cara yang sangat baik untuk menjaring pelanggan baru. Untuk customer lama, ini dapat menjaga kontinuitas sehingga mereka merasa nyaman dan lebih diapresiasi. Mereka akan lebih betah dalam menggunakan produk. Ini mempermudah mereka yang memiliki masalah dengan produk.

Tak seperti cara lama yang harus menunggu antrean panjang jika ingin menyampaikan keluhan, media sosial dapat bekerja lebih cepat. Namun, itu semua tergantung seperti apa admin media sosial di baliknya. Oleh karena itu, seorang admin harus memenuhi standar agar jasa admin media sosial memuaskan bagi perusahaan sekaligus pelanggan.

Baca Juga: Teruslah Membersamai Social Media Influencer Marketing Biar Fulus Jalan Mulus

Standar Kualifikasi Seorang Admin

Seorang admin haruslah cakap. Tidak mungkin media sosial dijalankan oleh orang yang kurang cakap dalam interaksi mau pun teknologi. Maka, untuk menghindari kesalahan rekrutmen, ada beberapa standar yang harus dipenuhi.

Menguasai Penggunaan Media Sosial

Akan lucu bila seorang kandidat admin tidak dapat menggunakan media sosial. Namun, tenang. Untuk Anda yang ingin menjadi seorang admin, Anda dapat mempelajari seluk beluk media sosial yang digunakan oleh perusahaan. Di era sekarang, teknologi semakin canggih tapi pengoperasiannya disederhanakan. Yang terpenting adalah frekuensi menggunakannya yang secara otomatis akan melatih kebiasaan.

Lincah dalam Berinteraksi

Akan ada banyak customer yang bertanya. Seorang admin harus bisa menjawab dengan sopan dan baik. Jika bisa menjawab dengan menyenangkan, itu akan menjadi nilai tambahan.

Menguasai Product Knowledge

Sebagai materi untuk menjawab berbagai pertanyaan, admin perlu tahu produk perusahaan. Mereka akan bertanya dari A hingga Z sehingga penguasaan pengetahuan tentang perusahaan dan produk harus ditingkatkan.

Dapat Menjaga Rahasia Perusahaan

Memegang akun media sosial perusahaan mau tak mau akan mengetahui password dan email. Jika seorang admin tidak dapat menjaga kerahasiaan itu, maka akun tidak akan aman.

Baca Juga: Manfaat Konten Reels Bisa Bikin Marketing Sukses?

Kreatif dalam Membuat Postingan

Agar follower dan calon pelanggan tidak merasa bosan terhadap postingan, seorang admin harus kreatif dalam pengelolaan konten.

Dapat Membuat Jadwal Posting

Salah satu langkah agar follower tidak bosan selain konten postingan adalah jadwal. Penjadwalan yang baik akan membuat para follower dan pengguna media sosial betah di akun perusahaan untuk mengakses berbagai informasi.

Disiplin

Setelah jadwal dan konten telah disusun dengan baik, seorang admin harus disiplin mengikuti jadwal yang telah dibuat. Perencanaan tanpa eksekusi yang baik tak akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Cara Memilih Jasa Admin Media Sosial

Memilih mana jasa admin media sosial yang baik itu gampang-gampang susah. Namun, ada beberapa mini riset yang bisa dilakukan.

Melihat Follower Akun yang Pernah Dikelola

Salah satu tolok ukur keberhasilan marketing melalui media sosial adalah banyaknya follower. Pengikut akun ini membuktikan bahwa admin di baliknya ahli dalam memikat hati para follower yang berisi pelanggan setia dan calon pelanggan.

Melihat Jumlah Like pada Postingan

Pada zaman sekarang, jumlah follower ternyata dapat direkayasa. Untuk menguji apakah para follower itu dijalankan oleh manusia, kita dapat melihat jumlah like pada postingan. Akun dengan follower banyak, tapi jumlah like sangat sedikit maka perlu dipertanyakan.

Baca Juga: Cara Baru Beriklan dengan Manajemen LinkedIn Ads

Melihat Riwayat Pembelian

Untuk melihat ini, kita perlu melakukan sedikit touring. Kita dapat melihat akun e-commerce yang dimiliki kemudian melihat angka penjualannya. Dari e-commerce itu kita juga dapat melihat kualitas admin dalam menjawab pertanyaan dari pelanggan. Para pembeli biasanya memberikan ulasan misalnya "adminnya sangat ramah" dan komentar-komentar lainnya.

Melihat Tag

Dalam akun media sosial, ada fasilitas tagging yang bisa kita lihat. Cermati tagging yang ada. Usahakan untuk melihat akun yang berasal dari pelanggan asli, bukan influencer. Ya, orang umum akan lebih jujur mereview sesuatu. Jangan kaget jika pada kolom tag tersebut tidak hanya review baik tapi juga mungkin review negatif. Namun, itulah yang paling kita harapkan yaitu melihat kenyataan seperti apa sebenarnya kualitas layanan jasa admin tersebut.

Konten Bagus, Engagement Meningkat

Pengelolaan media sosial sangat berpengaruh pada engagement yang selanjutnya pada penjualan produk. Kita lihat saja salah satu contoh media sosial yang sering kita gunakan, Instagram. Media sosial ini berbasis foto dan video sehingga yang diutamakan adalah tampilan.

Jasa admin biasanya akan menawarkan beberapa paket yang dapat dipilih. Yang paling baik adalah paket lengkap meliputi semua yang dipaparkan di atas. Berbeda media sosial, berbeda pula pengelolaannya. Namun, standar kualifikasi di atas tetap harus dimiliki.

Untuk Instagram, gambar dan video yang diunggah harus nyaman dan indah dalam pandangan. Paduan warna yang elegan akan membuat mata follower dimanjakan. Tak masalah bagi follower untuk menghabiskan waktu membuka-buka postingan.

Jika pengunjung ramai (baik follower maupun non follower) akan membuat akun kita bernilai tinggi. Ini karena traffic yang dihadirkan oleh konten-konten menawan tadi yang akan meninggikan engagement.

Baca Juga: 9 Strategi Marketing di Instagram untuk Omzet yang Lebih Meroket

Keinginan perusahaan tentang pembentukan image juga akan terpenuhi. Admin akan menyesuaikan image apa yang ingin dibangun dan akan berjualan dengan cara yang bagaimana (hard/soft selling, dll).

Itulah kualifikasi, cara memilih dan manfaat admin yang dapat disimpulkan lebih banyak keuntungannya. Jadi, jika ingin berhasil dalam digital marketing, menggunakan jasa admin media sosial dapat dipertimbangkan sebagai salah satu jalan sukses.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down