Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Keunggulan Google Ads Dibandingkan Channel Lain?

8 Keunggulan Google Ads Dibandingkan Channel Lain?

August 17, 2022
No comments
Share

Promosi online bisa dilakukan dengan memasang iklan berbayar Pay Per Click. Ada beberapa platform periklanan yang menawarkan tempat bagi pebisnis untuk beriklan di dunia maya seperti Google Ads. Keunggulan Google Ads dibandingkan channel lain ialah memiliki pengguna yang luas dan banyak. Namun platform periklanan lain juga memiliki keunggulan sehingga bisa menjadi pelengkap.

Daftar Channel atau Platform Periklanan Online

Untuk memulai PPC, perlu untuk memilih channel periklanan yang ingin digunakan. Ada banyak jenis dan format iklan online yang bisa dipilih. Ini bisa disesuaikan dengan jenis bisnis serta target konsumennya.

Tergantung dari budget dan tujuan, bisnis bisa menggunakan beberapa platform sekaligus untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Tentu saja tetap perlu memilih dan tidak perlu menggunakan semuanya. Berikut beberapa channel periklanan yang umum digunakan untuk pemasaran online:

Google Ads

Google Ads bisa dibilang sebagai platform periklanan nomor satu dengan pengguna yang paling besar. Salah satu keunggulan Google Ads dibandingkan dengan channel lain yaitu soal penggunanya. Google Ads juga memiliki banyak fitur yang dibutuhkan untuk menampilkan iklan yang tepat sasaran dan menarik untuk dilihat. Pengiklan bisa menggunakan Google Display Network untuk beriklan di website populer.

Facebook Ads

Sebagai sosial media populer Facebook juga memiliki layanan periklanan yaitu Facebook Ads. Pebisnis bisa memasang iklan yang akan muncul di laman Facebook pengguna lain yang ditargetkan. Facebook memiliki keunggulan dari segi filter profil pengguna yang dimilikinya. Facebook Ads juga hadir dalam berbagai format mulai dari banner sampai postingan sponsor.

Instagram Ads

Instagram yang juga salah satu sosial media populer juga menawarkan layanan iklan berbayar. Dimiliki perusahaan yang sama dengan Facebook, membuat iklan di Instagram perlu masuk menggunakan akun Facebook. Iklan di Instagram juga cukup beragam, ada yang disisipkan dalam postingan Stories dan Reels.

Twitter Ads

Twitter juga menawarkan iklan berbayar untuk mempromosikan produk dan jasa. Iklan di Twitter bisa muncul di halaman muka pengguna maupun halaman pencarian. Format iklan di Twitter yang cukup menjanjikan yaitu cuitan yang dipromosikan. Ini bisa menampilkan tweet atau cuitan ke pengguna lain.

Microsoft Advertising (Bing Ads)

Google mungkin mesin pencari terbesar di internet, tapi bukan satu-satunya. Ada beberapa mesin pencari lain yang juga populer seperti Bing. Bing juga menawarkan Bing Ads yang sekarang berganti menjadi Microsoft Advertising untuk penggunanya.

LinkedIn Ads

LinkedIn merupakan situs jejaring sosial yang fokus pada pengguna profesional. Di sini para pengguna menampilkan profil profesional mereka seperti riwayat pendidikan dan pekerjaan. LinkedIn juga menawarkan iklan berbayar seperti jejaring sosial lain. Ini bisa menjadi sumber iklan yang bernilai terutama bagi bisnis jenis B2B. Ini khususnya cocok untuk konten spesifik informasi untuk bisnisnya.

Pinterest Ads

Pinterest merupakan sosial media yang fokus pada berbagi gambar dan informasi. Iklan di Pinterest cocok bagi yang memiliki target audiens wanita kelas menengah ke atas. Di sini bisa mengiklankan produk atau jasa menggunakan 'promoted pins'.

Selain itu, ada beberapa platform periklanan lain yang bisa digunakan untuk digital marketing. Pemilihan platform tersebut bisa mempertimbangkan keunggulan masing-masing platform dan jenis bisnisnya.

Keunggulan Google Ads Dibandingkan Channel Lain

Google Ads bisa menjadi salah satu pilihan utama bagi pebisnis yang ingin mempromosikan produk dan jasanya di internet. Platform periklanan mesin telusur ini cocok dengan berbagai jenis bisnis baik itu perusahaan besar atau kecil. Berikut ini beberapa kelebihan dari Google Ads.

Kemampuan Targeting

Pemasar tahu pentingnya kualitas. Iklan harus bisa sesuai dengan brand. Google sendiri terus mengembangkan algoritmanya setiap hari sehingga bisa meyakinkan pengiklan mencapai target audiensnya. Pengiklan bisa memilih kata kunci long-tail atau yang pendek. Keduanya memiliki hasil yang bisa berbeda sehingga bisa digunakan agar sesuai dengan target audiens yang diinginkan.

Kemampuan untuk Meningkatkan Niat Audiens

Pengguna pasti merasa Google tahu lebih banyak tentang seleranya daripada sahabat sendiri. Algoritma pintar Google dapat mendeteksi niat pengguna dan menyajikan apa yang mereka butuhkan

Google Ads bisa menargetkan pengguna yang mencari sebuah produk yang ditawarkan pengiklan. Ini karena Google adalah mesin pencari, sehingga pengiklan bisa langsung menargetkan pengguna yang memang mencari produk tertentu. Ini bisa membantu meningkatkan niat mereka untuk melakukan pembelian.

Kontrol Kampanye

Salah satu alasan mengapa iklan online populer di antara perusahaan besar yaitu karena mudah dieksekusi. Perusahaan tidak membutuhkan karyawan dengan pendidikan tinggi untuk melakukan kampanye melalui Google Ads. Ini membantu melakukan pekerjaan dengan sumber daya minimal. Karyawan hanya perlu pelatihan dan kemampuan marketing dasar untuk melakukan kampanye di Google Ads.

Kontrol Budget

Pemasar kadang kesulitan untuk menjaga kampanye iklan mereka sesuai dengan budget. Menempatkan iklan di berbagai tempat, di radio, atau mendistribusikan brosur dan sample. Iklan seperti itu membutuhkan biaya dan sumber daya yang tak sedikit.

Adanya Google Ads bisa membantu untuk mengendalikan biaya kampanye iklan. Pemasar bisa menetapkan kata kunci dan budget iklan untuk setiap harinya. Lebih penting lagi, hanya perlu membayar jika ada yang melakukan klik di iklan tersebut. Google sendiri lebih mementingkan relevansi sebagai mesin pencari daripada mengunggulkan iklan dengan budget besar.

Menciptakan Kesadaran Merek

Kebanyakan ahli digital marketing cenderung fokus pada kepemimpinan, penjualan, dan jangkauan Google Ads. Pemasar mengetahui bahwa saat ini orang-orang menghabiskan waktu berjam-jam di dunia maya. Saat iklan terpampang secara rutin pada audiens yang tepat maka ini bisa meningkatkan kesadaran merek. Mereka jadi familiar dengan merek produk atau jasa yang diiklankan tersebut.

Meningkatkan Konversi

Keunggulan Google Ads dibandingkan dengan channel lain salah satunya masalah konversi. Google Ads yang memiliki jangkauan luas ternyata juga bagus dalam hal konversi. Iklan di Google bisa mendorong penggunanya untuk melakukan pembelian. Konversi trafik berbayar dua kali daripada konversi dari trafik organik. Jadi iklan berbayar di Google memiliki aspek konversi yang bagus.

Hasil yang Cepat

Hasil Google Ads bisa dilihat dengan cepat setelah meluncurkan kampanye iklan. Ini bisa digunakan untuk iklan event di waktu terbatas dan bisa cepat melihat hasilnya. Teknologi yang digunakan Google memungkinkan segala sesuatunya berjalan dengan instan. Namun pemasar juga perlu memiliki keahlian dalam SEO untuk trafik organik sehingga hasilnya bisa optimal dan tidak bergantung dengan iklan berbayar.

Kemampuan Remarketing

Google merupakan pemain atas dalam bisnis iklan di dunia maya. Laporan menyebut hampir 45% dari semua website menggunakan jaringan iklannya. Google menggunakan cookies pada semua website untuk menargetkan kembali pengguna.

Jadi pengguna akan melihat iklan berkali-kali jika sebelumnya telah mengunjungi website. Pengiklan juga bisa melakukan pengaturan menunjukkan iklan pada aksi tertentu pengguna. Misalnya iklan sepatu untuk yang memilih filter footwear.

Keunggulan Google Ads dibandingkan channel lain ini bisa jadi pertimbangan perusahaan untuk melakukan kampanye iklan. Pemasar juga bisa memilih beberapa channel sekaligus untuk mendapatkan jangkauan yang lebih beragam.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down