Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Lead Generation Campaign

7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menjalankan Lead Generation

October 12, 2022
No comments
Share

Sejatinya bagian terpenting dari sebuah strategi pemasaran adalah Lead Generation.  Komponen lead generation menentukan calon pelanggan dari bisnis. Kesempatan ini seharusnya tak boleh dilewatkan begitu saja. Setelah memahami arti dari Lead generation, 7 hal apa yang perlu diperhatikan dalam menjalankan Lead Generation Campaign. Berikut beberapa informasi yang perlu diketahui:

Hal Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Menjalankan Lead Generation Campaign adalah Branding

Menghadapi kompetitor bisnis janganlah dengan persaingan.  Tentunya harus menganggap semua kompetitor sebagai semangat. Kamu perlu melihat mereka tentang bagaimana mereka mengoptimalkan brandingnya. Jangan berusaha menjatuhkan melainkan buat satu keunggulan yang lebih berbeda.

Baca Juga: Mau Mengembangkan Relasi Bisnis? Kenali Dulu Apa Itu B2B Marketing

Buat branding lebih optimal dan unggul. Misalnya produk memiliki kemasan yang unik, tentunya hal ini harus kamu maksimalkan. Buat konsumen menjadi lebih ingat dengan branding produk. Ini merupakan tahap awal dalam menarik lead generation.

Selalu Update dan Aktif di Media Sosial

Media sosial merupakan sarana komunikasi dalam menjalankan branding produk. Kamu harus terus aktif menggunakan sosial media secara maksimal. Jadi, perlu membuat konten media sosial secara kreatif supaya dapat meningkatkan minat konsumen.

Dengan begitu, konsumen semakin ketagihan mengunjungi profil bisnis. Semakin sering melihat website profil bisnis, konsumen tersebut juga berpotensi menjadi lead generation selanjutnya.

Tak susah menjadi seorang media sosial specialist. Kamu perlu membaca beberapa sumber melalui Youtube dan blog. Dari sumber-sumber tersebut, ada banyak informasi yang mengajarkan pengoptimalan media sosial. Supaya akun media sosial bisnis bisa optimal, kamu bisa memaksimalkan penulisan caption, deskripsi, isi konten dan lainnya.

Desain Gambar atau Video Merupakan Hal Perlu Diperhatikan dalam Menjalankan Lead Generation Campaign Berikutnya

Desain gambar dan video produk juga perlu diperhatikan dalam membangun lead generation. Kamu perlu membuat desain gambar dan video yang menarik supaya konsumen semakin minat melihat produk. Untuk produk makanan, beri warna dasar yang menggugah selera seperti merah, kuning, dan orange.

Kamu juga bisa memberikan warna lain sesuai dengan tema dari produk yang dijual. Terkait dengan produk, ada berbagai macam warna yang bisa kamu tentukan. Salah satu contohnya adalah desain foto yang eye-catching. Selain itu, penataan feed foto Instagram yang menarik juga mampu memberikan keunikan sendiri untuk menarik pelanggan.

Menjadi atau Mencari Influencer yang Mampu Memberikan Kesan Baik pada Pelanggan

hal apa yang perlu diperhatikan dalam menjalankan Lead Generation Campaign berikutnya adalah tentang influencer. Hal pertama yang kamu lakukan adalah menjadi influencer yang bisa menarik perhatian pelanggan. Salah satu hal yang harus dilakukan influencer adalah bisa membuat pelanggan tertarik dengan produk.

Baca Juga: Kalau Diminta Jelaskan Perbedaan B2B dengan B2C, Begini 8 Perbedaannya!

Namun, jika kamu tidak bisa menjadi influencer yang pas, kamu bisa mencari influencer lainnya. Ada banyak vlogger, pembuat konten lucu atau pembuat konten menarik lainnya yang bisa kamu manfaatkan.

Cari jasa influencer yang tidak terlalu mematok harga di atas standar. Kamu bisa memanfaatkannya secara harian, seminggu atau sebulan dalam beberapa kali. Dengan menggunakan influencer, produk dijamin langsung banyak yang melirik.

Pastikan influencer yang kamu gunakan memiliki skill dan keunggulan dalam menggaet pelanggan. Tidak hanya itu saja, influencer juga harus pandai berkomunikasi dengan interaktif dan lancar. Jika ingin mengetahui influencer yang baik, kamu bisa browsing informasinya lewat media sosial atau website.

Mengikuti Forum atau Komunitas Khusus Marketing

Ikuti forum-forum atau komunitas khusus marketing. Kamu bisa mengikuti komunitas yang khusus membahas marketing digital. Dalam dunia marketing, kamu akan lebih memahami tentang lead generation. Di dalam dunia marketing, akan membahas banyak hal tentang macam-macam klien lead generation.

Baca Juga: Kenapa Pebisnis Wajib Tahu Pentingnya Merek Bagi Suatu Produk?

Supaya kamu bisa update terus tentang lead generation. Kamu bisa berdiskusi dengan para anggota komunitas tentang jenis-jenis lead generation. Apa saja yang harus kamu lakukan untuk menggaet klien lead. Selain itu, mintalah beberapa saran agar kamu bisa mendapatkan lead terbaik sesuai dengan produk.

Tentunya, ada banyak komunitas yang bisa kamu ikuti. Komunitas tersebut bisa kamu ikuti di melalui instagram, website, grup WhatsApp, Facebook serta link atau media sosial lainnya. Setelah menjadi member, kamu akan mengetahui marketer mana saja yang lebih berpengalaman dalam memasang lead generation.

Lewat komunitas dan grup member, kamu pun juga bisa belajar secara langsung tentang hal apa yang perlu diperhatikan dalam menjalankan Lead Generation Campaign. Kamu juga bisa melihat-lihat tentang metode campaign mereka dalam hal mengenalkan brand produk.

Memberikan Free Trial kepada Konsumen

Ibarat sedang membuat makanan, perlu juga untuk memberikan tester kepada konsumen. Hal ini sama halnya dengan lead generation. Konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasamu harus mencobanya dahulu.

Baca Juga: Perbedaan Brand Awareness dan Reach Ada pada Langkah Objective Campaign Ads

Mayoritas perusahaan di bidang jasa yang menggunakan metode ini. Konsumen akan mencoba terlebih dahulu jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan. Jika trial dianggap berhasil, hal ini nanti yang menjadi tolak ukur leads akan tertarik dengan produk atau tidak.

Free trial sengaja diciptakan supaya para konsumen bisa mencoba dalam sepersekian tahap terlebih dahulu. Pada jam atau penambahan fitur selanjutnya, kamu bisa memasang biaya jasanya sesuai dengan kebutuhan.

Terkadang konsumen merasa tidak puas setelah menggunakan atau membeli produk atau jasa. Mereka bisa-bisa menyesal karena sudah terlanjur mengeluarkan biaya untuk membeli produk atau jasa. Selain itu, mereka merasa bahwa produk atau jasa yang sudah terlanjur digunakan tidak sesuai dengan gambar atau foto.

Tidak Berhenti untuk Melakukan Evaluasi Leads

Leads generation tak akan mencapai target jika kamu tidak belajar dari kesalahan. Oleh karena itu, hal yang diperlukan dalam lead generation campaign adalah melakukan evaluasi. Jadi, kamu bisa membuat format leads sebelumnya.

Setelah membuat formatnya, bisa sesuaikan dengan target leadsmu. Pentingnya membuat format adalah untuk menentukan prediksi dari leads produk. Format analisa mengevaluasi qualified lead adalah sebagai berikut.

Baca Jug: Perbedaan Brand Image dan Brand Awareness untuk Branding yang Lebih Mengena

Lead = jenis konversi + sumber pemasaran. Namun, apabila kamu dapat melihat secara luas, ada banyak faktor yang dapat membuat potensi lead menjadi lebih baik lagi, seperti:

Lead merupakan hasil dari jenis konversi + siapa mereka semua+ apa yang mereka cai sesuai kebutuhan + bagaimana perilaku mereka + bagaimana sumber pemasarannya.

Rumus analisa ini terkadang terlihat sepele. Namun, mayoritas biro jasa dan iklan yang ditemui tak mampu menghubungkan data seperti contoh tersebut. Banyak faktor lain yang menyebabkan analisa ini tidak terealisasi, salah satunya tidak memiliki perangkat lunak yang terhubung dengan sistem periklanan, karyawan dan departement.

Itulah beberapa hal apa yang perlu diperhatikan dalam menjalankan Lead Generation Campaign supaya produk cepat dilirik oleh konsumen. Nah, kamu mulai penasaran kan bagaimana bisa membujuk golongan leads konsumen? Mungkin juga bisa untuk mulai ikut komunitas atau kursus di platform yang sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down