Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Perbedaan Brand Awareness dan Reach

Perbedaan Brand Awareness dan Reach Ada pada Langkah Objective Campaign Ads

October 3, 2022
No comments
Share

Ada begitu banyak istilah dalam dunia branding di media sosial. Mungkin Anda pemain baru media sosial yang ingin memanfaatkan platform tertentu untuk meningkatkan angka penjualan produk Anda. Untuk itu, memerlukan sejumlah tools agar promosi di media sosial bisa berhasil tanpa melewati alur yang panjang.

Anda bisa menggunakan objective campaign di media sosial guna memperkenalkan produk baru kepada para pelanggan tanpa tahu apakah mereka tertarik atau tidak. Dalam objective campaign atau tujuan promosi ini biasanya membuat orang memikirkan tentang perbedaan brand awareness dan reach.

Perbedaan keduanya ada pada usia objektif Facebook dimana brand awareness lebih muda daripada Reach. Brand awareness ada supaya para pengiklan dapat meningkatkan kepedulian, minat, dan kesadaran terhadap kliennya yang memiliki brand tersebut. Sedangkan Reach hanya memungkinkan iklan suatu brand menjangkau audiens. Tak ada optimasi apapun yang jadi tools-nya.

Perbedaan Brand Awareness dan Reach adalah untuk Memilih Tujuan Terdekat dengan Iklan

Satu platform media sosial bisa saja memiliki objective campaign yang berbeda-beda. Facebook memiliki 11 tujuan campaign yang dapat Anda jalankan setelah memasangnya. Anda bisa memaksimalkan potensi gol bisnis Anda menggunakan lebih dari satu tujuan campaign ini. Hanya pilih yang paling dekat dengan tujuan beriklan di Facebook Ads.

Baca Juga: Lakukan Cara Meningkatkan Brand Awareness agar Produk Anda Jadi Pilihan

Memilih tujuan yang tepat sejak awal melakukan promosi via Facebook Ads merupakan keharusan karena ini akan mempengaruhi pilihan penayangan dan penawaran iklan. Untuk memilih tujuan iklan atau campaign yang tepat sasaran, Anda bisa mulai mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

  • Awareness. Dalam poin ini menginginkan minat orang-orang terhadap produk tumbuh.
  • Conversion. Anda menginginkan orang-orang yang suka pada produk untuk membeli dan menggunakannya. Ini juga bisa menarik prospek baru di media sosial.
  • Consideration. Dalam poin ini orang-orang benar-benar memikirkan semua tentang brand Anda dan akan mencari informasi selanjutnya yang lebih lengkap.

Menetapkan Tujuan Promosi dengan Facebook Pixel

Facebook Pixel adalah tools level atas yang banyak pengiklan pakai di websitenya. Dengan menggunakan Facebook Pixel Anda akan memperoleh sejumlah keuntungan seperti memastikan iklan Facebook Anda menghasilkan, menciptakan audiens Facebook ads tingkat lanjut, dan membuka kunci ads tools Facebook tambahan beserta matriks campaign-nya.

Baca Juga: Tujuan dari Konsep Pemasaran adalah Profit

Tujuan menggunakan kampanye iklan di Facebook bisa saja berasal dari satu atau beberapa tujuan berikut ini.

  • Reach. Anda memilih tujuan ini dalam rangka mencapai jumlah maksimum audiens berulang kali untuk periode waktu yang kebih singkat. Anda bisa menggunakan Reach saat hendak melakukan pemasaran ulang. Apa yang Facebook akan lakukan untuk Anda? Facebook akan mengoptimalkan jumlah tayangan sebanyak mungkin. Tentu saja tanpa melihat jumlah klik dan actions orang-orang yang melihat iklan.
  • Brand Awareness. Iklan ini dipilih saat ingin banyak orang yang mengetahui brand. Anda akan bisa mengarahkan traffic ke website bisnis. Format iklan yang bisa digunakan adalah gambar, video, Slideshow, dan Carousel. Sebaiknya Anda menggunakan platform Facebook dan Instagram untuk melakukan promosi ini.
  • Engagement. Facebook akan menunjukkan iklan ke orang-orang yang paling mungkin menyukai, membagikan, dan mengomentari postingan Anda. Format iklan yang bisa digunakan adalah video, gambar, dan tampilan slide.
  • Traffic. Untuk bisa mengarahkan orang-orang ke website atau blog bisnis, bisa menggunakan goal ini. Anda bisa menggiring mereka untuk membaca artikel atau informasi lain di blog yang ada hubungannya dengan brand.
  • Product Catalog Sales. Anda bisa menggunakannya untuk melakukan pemasaran ulang guna menargetkan pengunjung online shop. Format yang bisa dipakai adalah gambar, koleksi, dan Carousel.
  • Messages. Iklan message bisa efektif untuk mengundang banyak orang ke event, meningkatkan awareness yang menghasilkan penjualan, dan masih banyak lagi.
  • App Installs. Anda bisa mengundang banyak orang untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi bisnis. Anda bisa menggunakan format single image, slideshow, dan single video.
  • Lead generation. Iklan prospek Facebook dapat dikelola melaui goal ini. Orang-orang dapat memberikan detil kontaknya seusai mereka mengunduh konten tertentu.
  • Conversions. Ini adalah iklan terpopuler di Facebook yang memungkinkan untuk dapat prospek baru dan pembelian baru.
  • Store Visits. Kampanye Store Visits ini sangat efektif bagi Anda yang ingin orang-orang mengunjungi toko fisik Anda. Orang-orang terdekat akan bisa membeli langsung ke toko.
  • Video Views. Ini adalah promosi yang membuat tingkat brand awareness Anda naik. Anda bisa menjangkau audiens yang awalnya tak ada minat sekalipun dengan iklan video ini sampai akhirnya mereka mau membeli atas kesadaran sendiri.

Baca Juga: Perbedaan Brand Image dan Brand Awareness untuk Branding yang Lebih Mengena

Perbedaan Brand Awareness dan Reach dengan KPI

KPI atau Key Performance Indicator dapat diukur dengan menggunakan matriks utama Ad Recall Lift. Matriks ini ada kaitannya dengan brand awareness dimana saat kesadaran merek Anda naik maka jumlah orang yang dapat mengingat kembali iklan Anda juga tinggi jumlahnya.

Angka-angka yang ada dalam Ad Recall Lift menunjukkan jumlah audiens yang akan dapat mengingat kembali iklan Anda jika Anda tanyakan dalam 2 hari berikutnya. Anda bisa menggunakan optimasi brand awareness dan reach untuk membangkitkan minat audiens terhadap fitur tertentu.

Perbedaan Reach Awareness dan Reach adalah Jembatan Bisnis yang Tumbuh

Bisnis harus punya tujuan pasti yaitu terus tumbuh dengan membawa semua tools yang dapat meningkatkan reach dan brand awareness. Anda mungkin saja mengharapkan bisnis yang tumbuh setiap tahunnya meskipun memiliki pesaing brand yang jumlahnya begtu banyak.

Yang akan menjadi pembeda brand Anda dengan brand lainnya adalah karakteristik produk, keunikan marketing, inovasi, dan tekad kuat tim marketing Anda. Bagaimanapun marketing adalah kunci yang menjalankan peranan penting demi tumbuhnya sebuah brand baru. Brand lama yang terlalu banyak menghabiskan waktu untuk tidur juga dapat bangkit kembali dengan memanfaatkan strategi marketing di jagad maya dewasa ini.

Baca Juga: Pentingnya Merek Bagi Perusahaan agar Bisa Berkembang

Keberhasilan strategi marketing dapat Anda lihat dalam Reach. Ini adalah kumpulan data dalam digital marketing yang dapat menginformasikan seberapa jauh keberhasilan strategi marketing Anda. Anda dapat menjalin komunikasi secara langsung dengan konsumen menggunakan Reach. Anda bisa mengetahui minat konsumen terhadap produk sehingga bisa menyiapkan penawaran produk untuknya.

Dari kumpulan data dalam Reach, selanjutnya akan mengetahui poin-poin penting yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan brand awareness.

Kampanye brand awareness ini akan selalu dibawa sepanjang mempromosikan produk-produk melalui dunia maya. Brand awareness juga ada kaitannya dengan virality. Strategi pemasaran virality sangat efektif untuk mengenalkan produk melalui jaringan internet. Bagaimana jika momen viral tersebut sudah usai? Anda bisa mempromosikan kembali melalui Ads di Facebook atau platform media sosial lain dengan tetap memperhatikan reach dari masing-masing konten.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down