Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Marketing untuk Bisnis Kecil

Strategi Marketing untuk Bisnis Kecil agar Bisa Bersaing

July 28, 2022
No comments
Share

Bisnis kecil yang baru berjalan atau memiliki budget yang tak besar tetap membutuhkan strategi marketing yang baik. Strategi marketing untuk bisnis kecil mungkin sedikit berbeda dengan bisnis besar. Namun secara umum tujuan bisnis serupa, yaitu agar bisa mendapatkan keuntungan yang optimal. Marketing membantu untuk mewujudkan tujuan bisnis tersebut.

Tips Marketing untuk Bisnis Kecil

Bisnis kecil memiliki ciri-ciri seperti kurangnya sumber daya baik itu berupa karyawan atau budget. Mereka juga harus berhadapan dengan persaingan dengan bisnis besar. Tanpa strategi yang tepat, bisnis kecil akan sulit untuk berkembang. Oleh karena itu bisnis kecil juga perlu memiliki manajemen strategi agar bisa bertahan dan tumbuh.

Marketing atau pemasaran menjadi aspek yang cukup penting dan sering disebut sebagai ujung tombak perusahaan. Baik bisnis besar maupun bisnis kecil membutuhkan marketing yang baik. Berikut ini beberapa tips marketing untuk bisnis kecil:

Mengetahui Target Audiens

Bisnis perlu mengetahui target audiens untuk marketingnya. Produk yang dipasarkan tidak mungkin untuk semua orang, jadi perlu fokus pada segmen pasar tertentu. Segmen pasar misalnya untuk wanita pekerja yang sudah menikah.

Bisnis bisa membuat beberapa persona untuk target audiens. Penting untuk melakukan pemasaran yang fokus pada target audiens tersebut. Bisnis yang kecil tetap harus memperhatikan karakteristik pelanggan potensialnya. Ini bisa menjadi dasar untuk membuat konten marketing yang tepat.

Membuat Pesan Marketing yang Sesuai

Bisnis perlu tahu siapa target audiens, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana produk menyelesaikan masalah mereka. Setelah itu baru bisa membuat pesan yang berdampak agar mereka tertarik membeli. Pesan bisa termasuk mengedukasi pelanggan, menunjukkan nilai, dan membedakan dari pesaing. Bisnis bisa membuat beberapa pesan yang cocok untuk menjangkau beragam persona audiens agar bisa efektif.

Menentukan Budget untuk Marketing

Biaya untuk pemasaran bisa sangat mahal. Bisnis besar tidak akan bermasalah dengan biaya besar tersebut karena mereka yakin itu penting bagi penjualan. Namun bagi bisnis kecil, perlu untuk menentukan budget yang rasional karena dana yang terbatas.

Biaya marketing untuk bisnis kecil harus memperhatikan prioritas dan strategi agar tidak terlalu besar. Beberapa channel marketing bisa lebih mahal daripada yang lainnya. Tidak perlu memaksakan diri, namun penting agar jaringan yang bisa dijangkau dapat bekerja secara optimal.

Menggunakan Digital Marketing

Di era saat ini, digital marketing sangat penting bagi bisnis. Bisnis kecil pun bisa menerapkan digital marketing dengan biaya yang tidak terlalu besar. Beberapa bisnis mungkin malah mencari promosi yang gratis. Tapi perlu untuk mengingat bahwa brand bisnis harus menampilkan kualitas yang bisa memenuhi standar pelanggan. Ini juga terkait dengan bagaimana bisnis memasarkan produk atau jasanya. Promosi secara digital tetap perlu dilakukan dengan strategi.

Digital Marketing untuk Bisnis Kecil

Pemasaran digital merupakan jenis pemasaran yang dilakukan secara digital di dunia maya. Ini bisa melalui berbagai jenis platform seperti social media, email, aplikasi. website, dan lain-lain. Bisnis kecil bisa memanfaatkan digital marketing dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam digital marketing bisnis kecil, antara lain:

Konten Marketing

Konten marketing merupakan dasar dari usaha pemasaran. Tanpa adanya konten yang bagus, maka digital marketing tidak bisa berjalan dengan efektif. Konten marketing bisa bervariasi apakah itu berupa artikel, gambar, video, dan lainnya. Ini bisa berada di website, social media, blog, dan jenis platform lainnya.

Penting agar konten marketing tersebut memiliki kualitas yang bagus, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan target pasarnya. Berinvestasi pada konten marketing yang berkualitas bisa menjadi aset yang efektif. Ini dapat digunakan untuk berbagai channel pemasaran dan akan membantu membangun dan mempromosikan brand.

SEO

SEO atau search engine optimization merupakan proses untuk mengoptimalkan website agar tampil di hasil pencarian organik. Target audiens yang mengetikkan frasa tertentu di mesin pencari seharusnya dapat melihat website bisnis kita. Pelanggan potensial akan lebih banyak berkunjung website jika menggunakan strategi SEO yang tepat. Jadi perlu untuk membuat website yang menggunakan SEO yang baik.

Berikut beberapa aspek SEO yang penting untuk diprioritaskan oleh bisnis kecil.

  • On-page SEO: proses optimasi halaman individu agar memiliki rank lebih tinggi untuk kata kunci relevan. Ini bisa dilakukan dengan riset kata kunci, SEO copywriting, optimasi meta tag, dan internal-eksternal linking.
  • Local SEO: strategi ini cocok untuk bisnis yang memiliki target wilayah tertentu. Ini membantu website tampil di Google Map Pack dan pencarian berdasarkan lokasi. Caranya bisa dengan membuat Google Business Profile.
  • Optimasi kecepatan website: performa dari website juga penting untuk tampil di halaman mesin pencari. Google tidak ingin menampilkan halaman yang lambat pada penggunanya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya versi mobile, keamanan, dan core web vital (performa, responsif, dan stabilitas visual).

Online Reputation Management

Seperti SEO, online reputation management atau ORM juga penting untuk strategi marketing. Reputasi bisnis kecil penting di dunia maya agar mampu bersaing dengan bisnis besar. ORM merupakan proses membangun dan memonitor reputasi di situs review populer.

Review online menjadi alat kunci yang cukup penting dalam bisnis. Brand atau produk yang sering mendapat review bagus bisa mendorong yang lain untuk ikut membeli.

Meskipun review online tidak sepenuhnya dapat dikendalikan, namun bisnis bisa mempengaruhinya. Profil bisnis perlu ada di berbagai situs review populer. Bisnis juga bisa meminta pada pelanggan yang puas akan produk untuk meninggalkan review.

Bisa juga dengan mendorong pelanggan untuk menulis review dengan imbalan diskon produk. Ini juga akan mendorong pelanggan untuk kembali membeli produk. Saat ada review yang negatif, maka bisnis perlu untuk membalasnya dengan baik. Merespon review negatif bisa menjadi peluang untuk memperbaiki dampak negatif.

Email Marketing

Bisnis kecil juga bisa menggunakan strategi email marketing. Saat bisnis mulai berkembang, maka mereka akan memiliki data pelanggan. Email marketing bisa menjadi cara untuk terhubung dengan audiens. Ini bisa menjadi jalur untuk mempromosikan produk baru, memberikan diskon, dan menciptakan program loyalitas pelanggan.

Namun perlu memperhatikan agar pesan pemasaran melalui email tersebut seimbang dan tidak mengganggu pelanggan. Email harus seimbang antara konten promosi langsung dan promosi tak langsung. Bisnis bisa memberikan konten yang bermanfaat seperti ebook gratis melalui email marketing tersebut.

Bisnis kecil bisa memanfaatkan digital marketing untuk membangun bisnisnya agar lebih berkembang. Biaya yang untuk digital marketing bisa disesuaikan dengan dana yang tersedia. Namun marketing untuk bisnis kecil juga tetap harus memperhatikan kualitas dan efektivitasnya.

Konten marketing yang berkualitas bisa menjadi landasan untuk bisa menarik perhatian pasar. Investasi pada konten marketing yang berkualitas bisa menjadi pilihan bagi bisnis kecil. Ini bisa jadi upaya agar bisa bersaing dengan bisnis besar.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down