Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Strategi Content Marketing: Pengertian, Pentingnya Bagi Bisnis, dan Cara Membuat

Strategi Content Marketing: Pentingnya Bagi Bisnis dan 7 Cara Membuat

February 19, 2023
No comments
Share

Strategi content marketing menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah pemasaran digital (digital marketing) era kini. Pasalnya, content marketing membantu para content marketer atau digital marketer untuk bisa merumuskan strategi terbaik dalam setiap publikasi konten di dalam media sosial.

Jika Anda saat ini merasakan kebingungan untuk membuat strategi content marketing, Anda memilih bacaan yang tepat karena pada artikel kali ini kami membeberkan kupasan bahasan terlengkap mulai dari pengertian strategi content marketing, pentingnya content marketing bagi bisnis, cara membuat strategi content marketing, hingga beberapa contoh content marketing. Silakan Anda baca dan pahami hingga selesai!

Apa itu strategi content marketing

Strategi content marketing adalah sebuah strategi pemasaran digital yang nantinya akan dipublikasikan di setiap kanal media sosial. Dalam pembuatan strategi content marketing, akan ada beberapa hal yang sebelumnya harus dilakukan oleh tim, selebihnya akan kami jabarkan pada bagian cara pembuatan content marketing.

Jikalau membahas tentang strategi content marketing, berarti komponen atau elemen yang yang harus tercakup di dalamnya yaitu: konsep, tulisan, visual, nilai, dan tujuan konten. Apabila dalam sebuah konten media sosial tidak memuat kelengkapan lima hal di atas, dapat dipastikan engagement rate sebuah content marketing memiliki angka yang rendah.

Sebagaimana content marketing, berarti Anda harus menyuguhkan sesuatu yang menarik, unik, dan bermanfaat kepada para audiens media sosial. Oleh karena itu, konten Anda harus bisa memukau para audiens melalui slide pertama atau apa yang akan tampak pada saat pertama kali audiens melihat konten yang telah Anda buat.

Pentingnya strategi content marketing

Strategi content marketing begitu penting dan tidak boleh luput dari manajemen media sosial karena akan berpengaruh juga pada pertumbuhan bisnis, kesadaran merek, dan positioning dari produk brand yang Anda usung ke khalayak publik.

Jika dahulu kala media sosial hanya menjadi tempat edukasi untuk para audiens, pada masa kini media sosial bisa juga dijadikan sebagai tempat berjualan. Kendati demikian, Anda tidak boleh serta merta mengubah angle sebuah konten menjadi konten berjualan (hard selling), tetapi bisa mengubahnya menjadi konten bercerita (storytelling), lalu mengaitkannya dengan keunggulan produk Anda.

Dengan begitu, audiens tidak akan dengan mudah melewatkan setiap konten yang Anda ciptakan karena mereka akan merasa konten Anda tidak hanya sekadar berjualan, tetapi juga memberikan informasi yang penting seputar suatu hal yang dibalut dengan sebuah konten menarik. 

Baca Juga: Apa Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness?

Strategi content marketing rumit? Berikut cara membuatnya

Dalam pembuatan strategi content marketing, Anda tidak bisa hanya menjiplak strategi dari perusahaan atau brand lain begitu saja karena setiap lahan atau lini bisnis memiliki target audiens/pasar, demografi, dan objektif pemasaran digital yang berbeda-beda. Berikut ini cara membuat strategi content marketing.

- Apa objektif atau tujuan dari content marketing Anda?

Pertama kali saat Anda akan membuat strategi content marketing, rumuskan objektif atau tujuan dari konten-konten yang akan Anda ciptakan. Apakah untuk menumbuhkan interaksi dengan para audiens? Apakah untuk menggaet banyak pengikut? Ataukah menjadikan audiens media sosial agar mereka terkonversi menjadi warm leads Anda?

Petakan semua hal seputar objektif atau tujuan content marketing bersama tim Anda agar tercipta sebuah keselarasan pemasaran digital sedari awal.

- Apakah Anda sudah melakukan riset digital?

Pembuatan konten tanpa sebuah riset akan membuahkan hasil yang nihil. Bagaimana tidak, Anda tiba-tiba saja membuat konten tanpa mengetahui terlebih dahulu siapa target pasar Anda, tanpa mengetahui persona model pembeli Anda, dan tiba-tiba membuat konten dengan tanpa alasan.

Lakukan riset dengan membuat sebuah survei melalui formulir atau melalui kerabat terdekat Anda dengan menanyakan beberapa hal tentang penggunaan media sosial.

- Bagaimana dengan pemilihan saluran media sosial Anda?

Tidak semua konten dapat dipublikasikan di semua channel. Hal ini berkaitan dengan riset digital. Perilaku atau kebiasaan pengguna media sosial Facebook berbeda dengan Instagram, TikTok, ataupun Twitter.

Anda boleh memilih satu, dua, atau bahkan tiga saluran media sosial sekaligus asalkan Anda mampu membedakan arah angle konten dan menganalisis setiap perilaku audiens di dalamnya. Anda tidak bisa jika hanya menyalin dan menempelkan ke saluran media sosial yang lain.

- Strategi content marketing = Hero, Hub, dan Hygiene

Tahukah Anda apa itu konten Hero, Hub, dan Hygiene atau konten pilar? Hero, Hub, dan Hygiene atau konten pilar adalah sebuah pembagian pembuatan konten berdasarkan sub-sub tertentu.

Hero berarti Anda harus menciptakan sebuah konten yang berpotensi viral atau membuat konten Anda menjadi trending; Hub berarti Anda harus menjembatani setiap konten dengan konten yang lain seperti sesi bincang hangat setiap minggu, konten ciri khas dari akun media sosial Anda, pengemasan dalam bentuk per episode, dan sebagainya; sedangkan Hygiene berarti Anda harus membuat konten rutin yang bersifat menjawab segala hal permasalahan yang dialami oleh audiens. Anda bisa membuatnya dalam bentuk tips–trik, vlog, sesi tanya–jawab, ataupun infografik.

Hero, Hub, dan Hygiene atau konten pilar akan memudahkan Anda dalam perumusan dan perencanaan konten media sosial dalam beberapa pekan atau satu bulan. Teruslah gali keunikan dari produk atau brand Anda dan paparkan informasi yang menarik kepada para audiens.

Contoh content marketing yang menarik

Video

Strategi Content Marketing: Pentingnya Bagi Bisnis dan 7 Cara Membuat
Sumber foto: Joey Huang, Unsplash

Infografik

Strategi Content Marketing: Pentingnya Bagi Bisnis dan 7 Cara Membuat
Sumber foto: Tirto, Instagram

Storytelling

Strategi Content Marketing: Pentingnya Bagi Bisnis dan 7 Cara Membuat
Sumber foto: The Woke Salaryman, LinkedIn

Vlog

Strategi Content Marketing: Pentingnya Bagi Bisnis dan 7 Cara Membuat
Sumber foto: Harry Cunningham, Unsplash

Unboxing content

Strategi Content Marketing: Pentingnya Bagi Bisnis dan 7 Cara Membuat
Sumber foto: Unsplash

Email marketing

Strategi Content Marketing: Pentingnya Bagi Bisnis dan 7 Cara Membuat
Sumber foto: DAVIDsTEA

Itulah kupasan bahasan lengkap mengenai strategi content marketing. Semoga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi untuk diaplikasikan di konten media sosial perusahaan atau brand yang sedang Anda kelola.

SAB Digital Marketing Agency bisa membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang di era transformasi digital saat ini. Apa pun yang Anda butuhkan mulai dari desain web dan optimalisasinya, leads generation, SEO/SEM, email marketing, hingga manajemen media sosial kami sediakan. Kami selalu berorientasi pada proses, data, hingga hasil yang akurat untuk menghasilkan sesuatu yang progresif untuk persona bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dengan cara klik di sini.

Share
Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down