Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
5 Kesalahan Beriklan di Dunia Digital Marketing

Pelajari! 5 Kesalahan Beriklan di Dunia Digital Marketing

October 16, 2022
No comments
Share

Menerapkan sistem digital marketing tidak semudah yang kamu bayangkan. Banyak hal yang perlu kamu tahu agar produk bisa menarik banyak klien. Bahkan, beberapa perusahaan terkadang juga melupakan kesalahan ketika menggunakan metode dan konsep digital marketing. Jika kamu berencana membuat produk atau industri kecil-kecilan, pahami dulu lima kesalahan beriklan di dunia digital marketing.

Cenderung Mengesampingkan Peranan dan Fungsi SEO

Layaknya sepasang kekasih, digital marketing tak bisa berjalan seimbang jika tak ada kehadiran SEO. Masalahnya, banyak pelaku usaha yang meremehkan peranan SEO. Padahal, daya minat dalam mencari informasi di Google sangat tinggi. Berdasarkan penelitian, angka pencarian bisa menembus hingga empat miliar setiap harinya!

Tak sedikit pengguna yang mengklik informasi pada halaman pertama saja. Mereka pasti enggan susah-susah mengklik di laman selanjutnya. Pasalnya, mereka membutuhkan bermacam-macam topik. Apabila mereka hanya fokus pada laman selanjutnya, bisa-bisa mereka tidak mendapatkan topik informasi lainnya.

Baca Juga: Apakah Manfaat Google Trends untuk Bisnis Sangat Efektif?

Nah, bagi kamu yang ingin menjalankan digital marketing, jangan hanya fokus pada media sosial saja. Inilah salah satu kesalahan beriklan di dunia digital marketing yang sering terabaikan. Jadi, performa SEO secara optimal harus ada untuk melengkapi iklan produk. Dengan begitu, hasil yang kamu gunakan bisa mencapai target. Dalam dunia digital marketing, mendapatkan salah satu kontak pembeli adalah target awal.

Salah satu solusi supaya mendapatkan SEO yang optimal adalah menggunakan beberapa aplikasi baik gratis maupun berbayar. Tentunya, dengan aplikasi berbayar ada fasilitas tertentu yang bisa menjadi fitur-fitur spesial. Kemudahan ini memberikan dukungan dalam mencari kata kunci tertentu untuk optimasi SEO produk.

Hanya Konsentrasi pada Traffic Saja

Beberapa kasus tertentu, digital marketer hanya fokus pada hal yang salah. Pasalnya, mereka hanya berkonsentrasi pada traffic saja. Seharusnya, konversi juga menjadi point penting untuk mencapai sasaran utama. Dalam dunia pemasaran, konversi merupakan istilah penting dalam mengambil keputusan lebih lanjut dalam mengembangkan website atau akun toko online milikmu.

Baca Juga: Jasa SEO Bulanan yang Ramah Biaya untuk Bisnis Baru Tumbuh

Kamu harus paham bagaimana teknik mengkonversi pengunjung sebagai pelanggan. Sia-sia saja apabila kamu hanya puas dengan melihat traffic yang tinggi saja. Kamu harus tahu pelanggan dengan karakter tertentu yang sering mengunjungi website atau iklan produk.

Tidak Menyisihkan Sebagian Biaya untuk Iklan

Sebagian besar digital marketer terkadang tidak menyisihkan biaya untuk iklan. Mereka cenderung mencari aplikasi atau jasa gratisan untuk memulainya. Dengan begitu, mereka mengharapkan keuntungan yang besar dengan modal kecil bahkan tidak mengeluarkan uang sama sekali. Inilah alasannya mereka meremehkan biaya untuk sebuah iklan digital marketing.

Ibarat kamu membuat website adalah membangun sebuah toko. Supaya bisnis bisa dilirik banyak pengunjung, kamu perlu iklankan tokomu. Sebelum ada dunia digital, mereka biasanya menggunakan poster yang ditempel atau dipasang di koran. Periklanan seperti ini membutuhkan biaya cetak dan publikasi.

Bagi yang masih pemula, risiko rugi adalah hal yang lumrah. Minimal targetmu adalah balik modal. Dalam merintis usaha dengan konsep digital marketing, kamu pun juga siap menyisihkan uang labamu untuk biaya operasional mulai dari biaya hosting, jasa penulis SEO, aplikasi optimasi dan biaya lainnya. Jika websitemu berdiri tanpa ada iklan dan optimasi, itu sama halnya mendirikan toko saja tanpa ada sistem operasional.

Meremehkan Rencana Pemasaran dapat Menjadi Kesalahan Beriklan di Dunia Digital Marketing

Tak memiliki konsep rencana pemasaran menjadi hal yang fatal saat beriklan di dunia digital marketing. Perencanaan merupakan unsur penting sebelum mengembangkan iklan di dunia digital marketing. Banyak perusahaan yang terburu-buru mengeluarkan uang untuk kebutuhan periklanan tanpa perencanaan. Akibatnya, perusahaan tersebut mengalami kerugian besar.

Sebagian besar perusahaan menerapkan strategi pemasaran secara gencar tanpa ada perencanaan. Mereka cenderung tidak memperhatikan konsep pemasarannya. Padahal, dalam hal menjalankan bisnis, dibutuhkan perencaan dari berbagai macam aspek mulai dari identitas pelanggan yang dinilai dari karakteristik psikologi, usia, selera serta minat bakat dari pelanggan itu sendiri.

Baca Juga: Perlukah Menggunakan Jasa SEO Profesional untuk Bisnis?

Perusahaan dan industri lain terkadang mempertimbangkan sesuatu berdasarkan perasaan dan ego masing-masing. Inilah yang membuat bisnis tak sesuai tepat sasaran. Akibatnya, penjualan produk perusahaan dan industri tidak mencapai target.

Hal ini masih ada kaitannya dengan pentingnya SEO tadi. Membuat penulisan SEO dan bahasa yang sesuai dengan target audience produk merupakan hal terpenting. Hal-hal seperti ini terkadang diremehkan oleh beberapa perusahaan, digital marketer serta para pelaku usaha, khususnya pengusaha pemula.

Tidak Memiliki Fasilitas Serta Pelaku Partner yang Tepat

Lemahnya atau kurangnya fasilitas juga menjadi sumber kesalahan beriklan di dunia digital marketing. Andaikata kamu membangun toko, manajemennya bisa berantakan apabila fasilitasmu kurang lengkap. Namun, permasalahan fasilitas bisa digantikan dengan pendukung lainnya seperti dukungan mitra dari keluarga atau sanak saudara yang bisa dipercaya.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Awareness yang Mengakar Kuat

Tapi, banyak perusahaan yang tidak berfokus pada ketepatan fasilitas dan tim partner dalam hal beriklan di dunia marketing. Akibatnya, membuat iklan tidak maksimal sehingga tidak banyak orang yang tertarik dengan produk.

Kamu harus tahu kalau fasilitas dan dukungan mitra dari seorang partner juga penting. Banyak pengusaha pemula yang salah dengan keyakinan mereka sendiri. Mereka cenderung terlalu yakin jika semua usaha bisa di jalannya sendiri. Nantinya, mereka akan membayar partner dan membeli fasilitas lainnya jika sudah berkembang. Hal inilah yang bisa memicu kesalahan dalam membuat iklan.

Padahal, dalam beriklan di dunia digital marketing, ada beberapa hal yang perlu kamu membutuhkan beberapa hal seperti kamera atau smartphone dengan kamera resolusi tinggi aplikasi pendukung baik yang berbayar atau gratis serta jaringan internet yang lancar.

Sedangkan kebutuhan lainnya, kamu juga perlu menggandeng beberapa seorang mitra yang mempunyai kemampuan merancang program untuk membuat desain website produk membuat tulisan yang SEO friendly dan mengambil gambar produk secara tepat dan mendesainnya supaya klien bisa lebih tertarik baik dalam gambar maupun audio visual.

Baca Juga: Manfaat Google Ads untuk Bisnis yang Terarah Sampai Mencetak Gol

Namun, sebagian besar dari digital marketer pemula tidak memperhatikan hal ini secara tepat. Mereka memiliki beberapa alasan-alasan yang membuat iklan digital marketing produknya tidak maksimal, seperti:

  • Tidak memiliki smartphone atau kamera dengan resolusi tinggi sehingga mengambil foto dengan fasilitas seadanya.
  • Tidak punya modal mencari partner atau tim yang ahli dalam SEO, optimasi media sosial dan lainnya sehingga pelaku usaha menangani semuanya sendirian.

Sebenarnya, masalah-masalah seperti itu bisa dilakukan. Tidak harus yang mahal-mahal, sebagai gantinya bisa melakukan berikut ini:

  • Menyewa kamera resolusi tinggi pada teman. Kamu bisa menyewanya saat melakukan sesi pemotretan atau perekaman video produk saat waktu tertentu saja. Kamu bisa bernegosiasi harga sewa dengan teman.
  • Memanfaatkan sanak keluarga, saudara atau teman yang bisa diajak bekerja sama. Mereka bisa kamu ajak sebagai bagian dari tim untuk sementara waktu. Jika mencapai target penjualan, kamu bisa membagi hasilnya pada para anggota tim.
  • Mempelajari sendiri tentang bagaimana teori, konsep dan praktek digital marketing itu sendiri. Namun dalam prakteknya, harus memiliki partner.

Tapi, kamu juga harus tahu bahwa lemahnya motivasi diri dan takut dengan berbagai risiko adalah kesalahan beriklan di dunia digital marketing yang paling besar. Semua pilihan dan keputusan selalu memiliki risiko. Dengan adanya risiko yang ada, kita jadi lebih banyak mempelajari strategi, konsep serta cara beriklan di dunia digital marketing.

Kalau ingin keluar dari rasa bosanmu yang begini-begini saja, belajar dunia digital marketing sepertinya lebih menarik. Jangan takut salah karena kesalahan merupakan bagian awal dari kesuksesan, asal jangan selalu mengulang kesalahan yang sama.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down