Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Manfaat Google Trends untuk Bisnis

Apakah Manfaat Google Trends untuk Bisnis Sangat Efektif?

October 1, 2022
No comments
Share

Orang-orang yang berkecimpung dalam dunia digital pasti sudah merasakan betul manfaat Google Trends untuk bisnis. Apakah mereka para blogger, content creator, marketer, maupun pebisnis online yang profesional. Mereka tahu apapun yang sedang trending di jagad maya. Adakalanya pekerjaan di dunia maya menuntut kita untuk cepat merangkai tulisan. Namun, rasa bosan dan kebuntuan berpikir kreatif seringkali menggelayuti hari-hari kita.

Google Trends adalah salah satu tools yang dapat Anda pakai. Produk layanan statistik Google ini sangat mudah dalam penggunaannya dan gratis. Kapanpun dan di manapun Anda butuh untuk tahu apa yang sedang tren, Anda bisa langsung membuka Google Trends. Anda mungkin bekerja bersama tim untuk mempromosikan suatu produk atau kampanye. Google Trends akan memudahkan pekerjaan tim dalam hal riset mendalam.

Manfaat Google Trends untuk Bisnis: Pencarian Topik Terhangat

Orang-orang digital marketing selalu selangkah atau dua langkah lebih maju dari pengguna internet biasa karena mereka selalu memperhatikan Google Trends. Mereka bisa terus menjaga traffic di website karena menggunakan Google Trends.

Topik-topik terhangat hingga paling hot sekalipun akan selalu ada dalam website mereka. Ini membuat para pengunjung mengunjungi website terus-menerus. Jika traffic selalu bagus, maka bisnis pun akan mulus jalannya. Mengapa demikian?

Topik terhangat adalah kunci untuk meningkatkan para pengunjung ke website kita. Misalnya, ada berita mengenai pernikahan laki-laki berusia di atas tujuh puluh tahun dengan gadis usia 19 tahun yang tampak mustahil. Ketika semua orang di internet membicarakannya, para marketer bisnis produk suplemen kesehatan juga tak mau kalah.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Google Ads dalam Promosi Bisnis Digital?

Mereka akan menempatkan kisah tadi jadi bagian dari soft selling mereka. Betapa seorang kakek beruntung itu pasti menjaga kesehatannya sedemikian rupa sehingga masih mampu mendampingi sang gadis muda. Saat itulah produk suplemen kesehatan masuk dengan segala manfaatnya dalam teks iklannya.

Layanan Google ini pertama kali muncul tahun 2006 sebagai layanan penyedia data dan grafik mengenali apa yang sedang populer dalam halaman Google search. Google Trends terus menjadi alat multifungsi yang banyak pengguna internet gunakan sampai hari ini. Mereka tak hanya mencari topik yang sedang naik daun, tetapi juga melakukan riset untuk kata kunci.

Manfaat Google Ads untuk Bisnis dengan Kata Kunci

Dari waktu ke waktu kata-kata kunci di Google semakin beragam. Bahkan kata kunci tersebut semakin mengerucut karena menyesuaikan dengan target marketnya. Anda akan menemukan keywords yang kemunculannya berada pada level tertinggi. Seperti keywords untuk produk kecantikan wanita masa kini akan mengerucut menjadi sunscreen, glowing, flawless atau serum.

Setelah beberapa keywords diketahui, selanjutnya juga bisa membandingkan kekuatan antar kata kunci. Pada akhirnya akan bisa mendapatkan kata kunci terbaik sesuai dengan yang sedang tren di internet.

Anda tak perlu ragu lagi untuk menggunakan kata kunci yang paling menjadi perbincangan tadi untuk mempromosikan produk atau kampanye Anda. Sudah ada jaminan jika produk yang Anda iklankan itu akan mendapat banyak perhatian dari khalayak di dunia maya.

Baca Juga: Menggunakan Jasa Iklan untuk Mendapatkan Pelanggan Baru

Setelah mereka keluar sejenak dari dunia maya, mereka lantas akan membicarakan iklan tersebut di dunia nyata dengan orang-orang terdekatnya. Bukan tidak mungkin jika orang-orang yang semula tak tertarik dengan apa yang terjadi di dunia maya ini pada akhirnya akan melakukan kunjungan ke website.

Cara Menggunakan Manfaat Google Trends untuk Bisnis dengan Mudah

Tools yang memiliki banyak manfaat ini sesungguhnya cukup sederhana. Tampilan Google Trends sangat friendly user. Siapapun dapat dengan mudah menggunakannya. Bahkan jika ia awam sekalipun dengan media sosial atau website dan hanya tahu tentang Google. Hanya dengan membuka Google Trends, Anda bisa mendapatkan banyak pencerahan dan inspirasi untuk membuat suatu pekerjaan yang membutuhkan kreativitas agar iklan Anda laku.

Baca Juga: Cara agar Biaya Iklan Tak Sia-sia, Pakai Google Ads Marketing Plan

Untuk menggunakan manfaat Google Trends untuk bisnis, Anda hanya perlu mengikuti langkah mudah berikut ini.

  • Buka website Google Trends.
  • Setelah halaman depannya muncul, Anda bisa langsung mengubah lokasi yang ada di pojok kanan atas. Anda bisa mengubah negara yang Anda ingin tahu tren terbarunya.
  • Selanjutnya, masukkan kata pencarian yang ingin Anda ketahui. Sebaiknya Anda menuliskan dengan lengkap atau detil agar pencariannya lebih mengerucut. juga akan melihat opsi spesifik dari kata kunci yang Anda ketikkan tadi.
  • Tunggu sampai mendapat arahan Google Trends ke tabel grafik tren pengguna yang mencari kata kunci Anda tadi. Anda bisa melihat periode lamanya kata kunci itu apakah satu tahun, satu minggu, atau satu bulan.
  • Perhatikan bagian bawah grafik dimana Anda dapat melihat ketertarikan para pengguna atas kata kunci tadi berdasarkan daerahnya. Selain itu, ada pula kueri terkait yang berhubungan dengan keywords Anda.
  • Anda juga bisa memasukkan kata kunci tadi ke kolom bandingkan untuk mengetahui perbandingan performa antar keywords.
  • Selanjutnya Anda bisa mengembangkan konten Anda dengan teknik SEO yang tepat agar website Anda masuk dalam peringkat teratas Google.

Youtuber Juga Mengambil Manfaat Google Trends untuk Bisnis

Pembuat konten Youtube atau video berbagi lainnya sering kewalahan dalam menciptakan tren terbaru. Apalagi jika satu tren booming kemudian banyak pengikut yang juga membuat konten yang sama dengan kreativitas yang berbeda-beda. Mereka juga seringkali menggunakan Google Trends untuk riset pasar agar bisnis konten videonya dapat mendatangkan keuntungan sebagai berikut.

  • Mendatangkan subscribe potensial.
  • Memberikan efek ilmiah sehingga tren yang ada di tengah para Youtuber ini terus lestari.
  • Agar channel video berbaginya langsung bisa menghasilkan uang monetize.
  • Agar kontennya bisa menyebar ke berbagai kalangan dan menjadi viral.

Cara para Youtuber atau vlogger membaca analisis riset dengan menggunakan Google Ads adalah dengan memilih tren topik yang memiliki karakteristik sebagai berikut.

  • Topik tersebut memiliki grafik yang stabil.
  • Topik tersebut memiliki grafik yang terus meningkat.
  • Topik tersebut selalu naik turun grafiknya.
  • Konten topik itu menurun sehingga sang vlogger akan menciptakan tren barunya sendiri dengan kreativitas yang ia miliki.

Baca Juga: Manfaat Google Ads untuk Bisnis yang Terarah Sampai Mencetak Gol

Bagaimana, mudah bukan menggunakan manfaat Google Trends untuk bisnis ini? Bisa juga menerapkannya setiap hari untuk jenis bisnis digital apapun. Anda mungkin baru memiliki website dan masih ragu untuk mengisi kontennya. Nah, mulai saja untuk membuka Google Trends sekarang.

Sekarang bisa juga untuk menerapkan apa yang sudah dicari dalam Google Trends untuk semakin meningkatkan popularitas Anda di media sosial. Jika popularitas Anda sudah naik, maka dapat dengan mudah membuka peluang bisnis lain seperti menjadi tutor, motivator, influencer, ambassador, dan masih banyak lagi. Anda akan memperoleh keuntungan yang tidak sedikit dari peluang bisnis ini.

Selamat berkreasi dengan manfaat Google Trends untuk bisnis yang makin berkembang pesat ya karena di dunia digital, ada banyak tools yang bisa dimanfaatkan!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down