Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Cara Membuat Iklan TikTok

Cara Membuat Iklan TikTok Biar Cuan

July 8, 2022
No comments
Share

Apa arti TikTok buat Anda? Apakah ini hanya sekadar aplikasi joget-joget yang bikin mata melek? Atau justru ini aplikasi yang bisa mendatangkan cuan? Banyak para pengguna TikTok yang menggabungkan hiburan dengan usaha untuk mendapatkan keuntungan dari aplikasi yang dimiliki oleh ByteMedia ini. Orang-orang banyak yang mencari cara membuat iklan TikTok agar bisa mendapatkan uang.

Awalnya TikTok hanya untuk seru-seruan. Kini TikTok menjelma jadi bisnis kecil bernilai tinggi. Tidak heran jika banyak video TikTok yang bertebaran selalu disisipkan hastag (#) FYP atau For Your Page. FYP TikTok adalah jenis iklan In-Feed Video di TikTok yang banyak orang buat.

Algoritma FYP ini memudahkan pengguna untuk berada di dalam circle yang lebih personal. Interaksi para pengguna seperti mengunggah komentar di video tertentu dan menyukai video tertentu sangat berarti di sini. Video ini akan menjadi video rekomendasi di TikTok dimana akan ada semakin banyak viewers yang melihat. Jumlah viewers yang membludak akan menjadi promosi terbaik untuk produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

Cara Membuat Iklan TikTok Termudah

Mungkin masih banyak yang meragukan TikTok bisa mendatangkan cuan berlimpah. Kenyataannya di Indonesia sendiri jumlah pengunduh TikTok masuk rekor dunia dengan jumlah pengunduh terbanyak. Meskipun TikTok di Indonesia pernah mengalami pemblokiran oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), para penggunanya tetap menggunakan TikTok. Bahkan jumlah pengunduhnya semakin banyak hingga TikTok berjaya kembali di Indonesia.

Kepopulerannya bahkan mampu menyaingi popularitas platform atau media sosial lain yang sudah berjaya lebih dulu. Pengguna aktif TikTok kini mencapai 800 juta orang yang tersebar di lebih dari 150 negara. Banyak brand dunia yang tertarik beriklan di TikTok. Fakta ini yang menjadi alasan terkuat seseorang menggunakan TikTok sebagai media untuk mempromosikan produk dan jasanya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah sangat tertarik mengiklankan produk dan diri Anda di TikTok? Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk dapat membuat iklan di TikTok. Mulai dari cara termudah hingga sampai yang paling rumit sekalipun. Semuanya tergantung dari jenis iklan yang ingin dibuat.

Sekarang mari kita lihat cara membuat iklan TikTok termudah. Yuk, buka TikTok Anda sekarang bisa pakai TikTok ads atau pakai ponsel saja.

  1. Pilih video yang mau Anda iklankan. Pastikan tahu betul seluk beluk video itu mengulas tentang apa. Apakah itu promosi produk atau mempromosikan sesuatu seperti jasa mengajar dan tutorial memasak.
  2. Pilih backsound musik yang no copyright. Lebih baik tidak menggunakan musik yang sudah ada di TikTok. Namun, ada juga musik di TikTok yang sudah diedit. Jika Anda menggunakan musik yang tidak no copyright maka tidak akan bisa mengiklankan konten apapun di TikTok.
  3. Buka video yang sudah diunggah ke TikTok. Selanjutnya, klik tanda titik tiga (…) yang ada di kanan bawah layar ponsel Anda.
  4. Lalu Anda pilih PROMOTE. Jika menggunakan musik yang no copyright, maka Anda langsung bisa mengakses fitur tadi.
  5. Kemudian akan melihat tiga pilihan yang ada dalam GOAL. Anda bisa memilih more video views, more website visits,dan more followers.
  6. Anda bisa pilih more video views jika menginginkan banyak penonton video.
  7. Jika memilih more website visits maka akan diarahkan ke laman selanjutnya your landing page dimana Anda harus memasukkan URL website Anda. Perusahaan-perusahaan atau usaha rumahan yang sudah memiliki website biasanya menggunakan opsi kedua ini untuk mempromosikan produk atau jasanya.
  8. Anda juga bisa pilih more followers untuk menambah pengikut Anda di TikTok.
  9. Saat Anda sudah menentukan GOAL pada poin 5, Anda bisa melanjutkan dengan klik Next. Selanjutnya Anda bisa memilih Custom Audience dimana Anda bisa memilih target usia dan gender untuk video atau produk. Anda bisa klik beberapa kali untuk target usia.
  10. Jangan lupa untuk memilih INTEREST pada CUSTOM AUDIENCE agar video FYP Anda semakin mengerucut. Anda bisa klik beberapa pilihan atau memilih semuanya. Kemudian, bisa klik SAVE.
  11. Laman selanjutnya adalah BUDGETING. Anda akan melihat pilihan nominal terkecil yang bisa dibayar, yaitu Rp 15.000 per hari untuk estimasi 2.820+ orang yang melihat. Jika Anda menambah nominalnya, maka viewers-nya otomatis akan bertambah. Begitu pula dengan durasi waktunya (jumlah harinya). Bahkan bisa menambah jumlah viewers-nya mencapai sekitar 300 ribu orang.
  12. Jika sudah yakin dengan total pembayar TikTok ads sesuai budget, Anda bisa langsung NEXT. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke laman OVERVIEW dimana ada rincian pajak yang harus Anda bayarkan untuk beriklan selama sekian hari.
  13. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke laman CHECKOUT dimana Anda bisa memilih cara pembayarannya. TikTok menggunakan dua cara payment dengan DEBIT CARD dan CREDIT CARD. Anda bisa mengisi nomor kartu yang ada di kartu ATM, expire date kartu Anda, security code (tiga angka yang ada di belakang kartu Anda), dan nama yang tertera di kartu Anda. Teliti kembali untuk mengisinya sebelum diklik SUBMIT. Semua data transaksi Anda aman dan tidak akan ada dana tambahan yang tersedot di luar budget yang sudah Anda submit tadi.
  14. Selanjutnya, bisa klik PAY AND START PROMOTION. Pihak TikTok kemudian akan memverifikasi data Anda maksimal 2x24 jam. Namun, biasanya bisa lebih cepat hanya sekitar setengah jam saja sesuai validnya data yang sudah di-SUBMIT.

Adakah Cara Membuat Iklan TikTok Lainnya?

Melakukan promosi di TikTok tidak hanya melalui satu jenis iklan saja. Bukan hanya In-Feed Video atau melalui For You Page saja. Anda juga bisa menggunakan cara-cara lain seperti berikut ini.

Hashtag Challenge

Ini adalah cara melakukan promosi TikTok terasyik. TikTok akan memberikan tantangan kepada para penggunanya dengan cara membuat video tema tertentu. Anda bisa memanfaatkan hastag challenge untuk melakukan promosi produk atau jasa Anda. Iklan yang keluar dari tantangan ini akan ada pada halaman Discovery yang paling atas.

TopView Ads

Iklan ini biasanya ada di video-video milik perusahaan tertentu seperti merk gadget. Pengguna bisa klik link yang ada di video untuk satu produk tertentu. Durasi iklan TopView bisa sampai 60 detik.

Brand Takeover

iklan yang muncul di awal video ini bentuknya full screen dengan durasi 3 sampai 5 detik. Pesan yang Anda sampaikan harus sangat singkat, jelas, dan mudah agar penonton bisa menangkapnya dengan durasi yang pendek.

Branded Augmented Reality

Ini adalah iklan dengan bentuk stiker dan filter. Pastikan Anda membuat bentuk filter dan stiker yang unik agar banyak pembuat konten yang tertarik untuk menggunakannya.

Selamat mencoba cara membuat iklan TikTok di atas agar cuan, cuan, dan cuan selalu TikToknya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down