Strategi pemasaran digital hari ini tampaknya makin mengerucut ke satu titik. Para pelaku bisnis mulai mengandalkan berbagai platform yang berpotensi dalam mempromosikan brand mereka. Apapun platformnya, pastikan Anda sebagai pelaku bisnis tahu betul bentuk pemasarannya. Salah satu media promosi yang paling efektif belakangan ini adalah TikTok. Iklan dalam marketing TikTok telah membuka banyak peluang bisnis bagi para pengusaha digital.
Ramai pengunjung di berbagai konten video TikTok menjadi titik balik tersendiri bagi para pengusaha untuk mulai melek digital. Produk apapun yang Anda tawarkan dapat meraih engagement di TikTok selama tahu seluk beluk pemasaran di platform yang terkenal dapat meningkatkan brand awareness ini.
Apakah Marketing TikTok Efektif?
Hampir semua orang tahu jika TikTok hanya aplikasi yang sering menampilkan konten-konten receh. Dengan hanya mengunggah video sampai 60 detik, video akan dapat terus mendapat perhatian penonton sampai mereka scroll untuk mengganti ke video selanjutnya. Anda bisa membuat konten apapun selama tidak melanggar aturan di negara. Fitur-fitur seperti stiker, filter, dan backsound dapat Anda tambahkan untuk membuat video jadi lebih menarik.
Tidak heran jika media ini semakin lama semakin banyak yang menyukai karena para penggunanya betah dengan segala fitur menarik di dalam TikTok. Semua kalangan dan usia mulai rajin membuat konten di aplikasi yang baru mereka unduh ini.
Semakin lama pengunduh TikTok semakin menjamur layaknya jamur di musim penghujan. Jumlah pengunduhnya di masing-masing negara seperti berlomba-lomba untuk mencapai level tertinggi. Indonesia menempati urutan teratas negara yang paling banyak mengunduh TikTok.
Dengan sekian banyak pengunduh TikTok dan melimpahnya para pengguna aktif, platform ini sangat potensial dalam membantu Anda mempromosikan brand, produk tertentu, dan layanan jasa. Akhirnya marketing TikTok pun menjadi target para pengguna TikTok aktif untuk meningkatkan penjualan dan pengenalan brand baru.
Mungkin selama ini Anda hanya melihat hal-hal receh yang menggemaskan dari konten para penguna aktif biasa. Mereka menjelma jadi TikTokers yang berpengaruh karena banyak viewers dan engagement yang mereka peroleh.
Lalu, apakah pernah melihat brand-brand ternama seperti Guess dan The Washington Post di TikTok? Mereka mengunggah beebrapa video yang berkaitan dengan kegiatan usahanya sehari-hari dan koleksi terbarunya di TikTok. Mereka bahkan menggunakan hashtag (#) tertentu guna mengiklankan produk mereka. Sedemikian efektifnya menggunakan marketing TikTok.
Keuntungan Menggunakan Marketing TikTok
Zaman modern seperti sekarang mengharuskan banyak orang bergerak cepat dalam mempromosikan sesuatu untuk berbagai tujuan. Entah untuk membangun image, mendapatkan engagement atau lebih dekat dengan konsumen, dan membuka peluang-peluang bisnis baru.
Sebagai organisasi yang bergerak di bidang pemasaran, harus melek untuk bisa mempergunakan kemudahan dari marketing TikTok. Akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika menggunakan strategi pemasaran digital ini. Kita sima kapa saja keuntungan tersebut.
Menghemat Waktu
Strategi pemasaran yang TikTok sediakan terbukti bisa menghemat waktu dan tenaga Anda dalam mempromosikan apapun. Anda bisa mengunggah video apapun, kapanpun, dan dengan menggunakan fitur-fitur kreatif manapun di TikTok.
Bayangkan jika Anda harus menyewa jasa periklanan yang banyak menyita waktu, tenaga, dan biaya Anda hanya untuk mempromosikan satu produk. Pemasaran di TikTok sangat praktis dan efisien.
Soft Selling
Banyaknya video viral di TikTok mendatangkan ‘cuan’ bagi para kreatornya. Viralnya sebuah video tidak akan pernah lepas dari konten yang unik dan langsung menargetkan kalangan tertentu seperti Gen Z atau millennials. Banyak yang menggunakan video viral sebagai wadah untuk melakukan soft selling.
Para penonton tidak akan merasa seperti sedang melihat iklan suatu produk. Mereka hanya menonton lalu merasa terhibur dan akhirnya meng-klik keranjang belanja atau link produk yang tersedia. Mudah, bukan?
Notice
Adanya marketing TikTok membuat banyak audiens notice jika ada suatu produk yang dapat mereka gunakan untuk keperluan tertentu. Misalnya, produk serum wajah dimana para penggunanya akan memiliki wajah glowing, sehat, dan berkilau hanya dalam 14 hari pemakaian.
Meskipun produk ini berasal dari brand yang baru merilis produk kurang dari setahun, strategi pemasaran TikTok akan dapat menjangkau brand awareness atau brand voice.
Semua Bisa Unjuk Gigi
Tren yang jauh lebih kreatif menjadi salah satu goals yang ingin TikTok capai. Oleh karena itu, strategi pemasaran TikTok juga menjangkau konten-konten lokal yang memiliki cita rasa unik dan berbeda dari konten-konten global pada umumnya.
Konten lokal ini akan mampu bersaing hingga skala dunia karena karakteristik kuat yang ia miliki. Anda yang tinggal di daerah-daerah tertentu dengan keunikan yang tidada duanya bisa bersaing secara dinamis melalui marketing TikTok ini.
Menarik Perhatian dan Adiktif
Sudah banyak perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran TikTok untuk menarik perhatian banyak pengguna setianya. Mereka memanfaatkan video-video berdurasi pendek yang adiktif itu untuk memasukkan konten kreatif sedemikian rupa. Tak lupa lagi-lagi mereka melakukan soft selling sampai akhirnya para pengguna ‘keracunan’ untuk membeli semua produk itu. Istilah ‘racun TikTok’ sendiri sudah lama mengemuka di tengah obrolan para pengguna TikTok.
Ini menandakan jika suatu produk viral, menarik perhatian, dan akan sangat sayang jika tak mereka beli saat itu juga. Setelah produk sudah ada di tangan para pengguna yang ‘keracunan’ ini, mereka tak butuh waktu lama untuk membuat video tutorial cara menggunakan produknya hingga muncul beragam video reaksi setelah penggunaan produk. Seru, bukan?
Poin Penting Marketing TikTok
Orang-orang yang menjalankan marketing TikTok tahu betul apa yang harus mereka lakukan sebelum menggunakan strategi pemasaran ini. Anda mungkin bisa menirunya dengan melakukan hal-hal berikut ini.
- Pastikan produk atau usaha yang jalankan aman dan legal. Anda juga harus tahu betul keseluruhan informasi tentang produknya termasuk kekurangannya. Kekurangannya nanti bisa dijadikan lecutan untuk mengadakan perbaikan. Dari produk yang Anda coba tawarkan melalui TikTok ini nantinya akan ketahuan bagaimana menemukan konten unik untuk pembuatan videonya.
- Sudah harus tahu cara kerja TikTok. Bagaimana dengan durasi video yang pendek itu bisa memasukkan semua unsur penting produk. Jangan lupa untuk memanfaatkan filter, backsound, dan stiker yang ada. Semakin banyak interaksi Anda dengan para viewers, maka semakin besar peluang konten menjadi viral. Kalau sudah viral, mau apa saja juga jadi. Anda bisa ajak orang-orang untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan pembelajaran atau seminar yang dibuat atau membeli produk.
- Selalu ingat untuk memanfaatkan TikTok Ads. Anda bisa beriklan dengan sangat murah untuk dapat hasil yang sangat memuaskan. Sesuaikan saja budget untuk iklan ini dengan yang ada di kantung. Ingat untuk tidak kalap dalam menggunakan TikTok Ads yang berpotensi menaikkan nilai brand.
Apapun yang akan dilakukan dengan marketing TikTok di masa depan nanti, pastikan selalu mengedepankan kualitas dan after sales service yang menyamankan konsumen.