Penjelasan SEO vs Iklan Berbayar
Penjelasan SEO vs Iklan Berbayar

Penjelasan SEO vs Iklan Berbayar

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia digital marketing, SEO bukan istilah asing. Untuk memahami apa itu SEO dan bagaimana menerapkannya dalam pemasaran bisnis, Anda perlu waktu khusus mempelajarinya. Sementara, opsi iklan berbayar seperti Google Ads tampak lebih menjanjikan karena tinggal buat pengaturan di sana sini.

Meskipun demikian, kedua strategi tersebut sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Penjelasan berikut ini akan membandingkan SEO dan iklan berbayar, sehingga Anda bisa memutuskan langkah mana yang hendak diambil.

SEO: Definisi, Kelebihan, dan Kekurangan

kelebihan dan kekurangan SEO

Apa itu SEO? SEO merupakan kependekan dari search engine optimization, yakni upaya melakukan optimasi pada website agar memperoleh peringkat teratas saat muncul pada hasil pencarian. Begini logika sederhananya, ketika website Anda mendapat posisi tinggi dalam hasil pencarian, potensi organic traffic website juga meningkat.

SEO juga membantu Anda agar memperoleh traffic website yang tepat sesuai tujuan utama pembuatan website. Namun, mencapai traffic tinggi dan sesuai target tidak mudah. Anda harus belajar seluk beluk SEO, mulai dari cara kerja, algoritma Google, hingga indikator utama SEO. Dalam digital marketing, penguasaan SEO menjadi suatu keterampilan dasar yang wajib dimiliki pemasar.

Jika dibandingkan dengan iklan berbayar, berikut ini kelebihan dan kekurangan SEO.

Kelebihan SEO

Menerapkan SEO pada website memang butuh waktu, tetapi ketika Anda sudah menerapkan dengan benar sesuai aturan Google, hasil yang diperoleh lebih memuaskan. Selama tidak ada perubahan signifikan dari algoritma Google, rata-rata website dengan SEO yang tepat akan bertahan di halaman satu hasil pencarian lebih lama.

SEO juga pilihan tepat jika Anda belum berencana mengalokasikan bujet khusus beriklan. SEO boleh dibilang gratis atau minim bujet, selama Anda memang melakukannya sendiri. Namun, Anda harus berinvestasi waktu dan tenaga untuk mempelajari cara kerja SEO agar bisa diterapkan secara optimal pada website.

Kekurangan SEO

Memahami apa itu SEO berarti Anda juga perlu mengetahui kekurangannya. Pertama, SEO tidak dianjurkan dilakukan secara agresif jika usia domain website masih di bawah 6 bulan. Ada kecenderungan orang untuk melakukan teknik link building secara berlebihan dengan link berbau spam agar traffic cepat naik. Sayangnya, ketika dilakukan secara agresif pada kata kunci yang terlalu kompetitif, mesin pencari akan memberi penalti pada website itu.

Kemudian, jumlah kata kunci SEO terbatas, berkisar antara 3-5 kata kunci per halaman supaya proses optimasi bisa maksimal. Maka, Anda harus pintar memilih target kata kunci yang paling potensial dengan melakukan riset target kata kunci. Semua proses tersebut membuat proses pengerjaan SEO menghabiskan waktu hingga 3 bulan.

Kami sendiri di SAB bersedia menerima project SEO jika calon client sudah paham bahwa SEO ada sebuah long-term project dan membutuhkan komitmen waktu yang cukup. Lama project SEO minimal di kami adalah 6 bulan. Namun jaminannya adalah keyword yang ditargetkan akan masuk di halaman 1-3, tergantung tingkat kompetisi, search volume dan juga trend. Untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang ‘Rahasia SEO’, bisa baca artikel berikut: Rahasia SEO

Iklan Berbayar: Definisi, Kelebihan, dan Kekurangan

kelebihan dan kekurangan PPC

Anda mengenal iklan berbayar dengan nama Adwords atau Google Ads. Saat Anda memasukkan suatu kata kunci di mesin pencari, website yang memakai iklan ini akan muncul di halaman pertama hasil pencarian. Prinsip iklan berbayar adalah semakin di atas posisi iklan tersebut muncul, semakin besar juga peluang iklan itu diklik. Jujur saja, Anda lebih suka klik hasil pencarian yang pertama dilihat ketimbang scroll hingga ke bawah kan?

Selain itu, iklan berbayar juga tampil di platform selain mesin pencari, seperti YouTube, display di media sosial atau website lainnya dan bekerja berdasarkan kata kunci yang sudah dipasang sebagai target. Saat ini para pebisnis online banyak memilih iklan berbayar untuk promosi produk atau layanannya.

Mengapa iklan berbayar menjadi pilihan utama pebisnis online? Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Iklan Berbayar

Dibandingkan SEO, iklan berbayar lebih unggul dalam waktu rilis iklan karena relatif instan sejak Anda membuat pengaturannya, terutama demografi target iklan. Sepanjang Anda sudah melakukan pengaturan dengan benar, dalam hitungan menit hingga maksimal 24 jam, iklan tersebut langsung tayang. Jadi, iklan berbayar lebih cocok dipakai untuk usia domain website yang di bawah 6 bulan.

Pengaturan iklan berbayar juga memudahkan Anda menjangkau target spesifik. Iklan berbayar dirancang sesuai dengan kata kunci dan kategori tertentu. Tujuannya agar iklan lebih tertarget dan menjangkau calon pembeli potensial. Anda boleh mendaftarkan puluhan sampai ratusan kombinasi kata kunci dalam satu waktu. Sepanjang bujet iklan harian masih tersedia, iklan Anda akan muncul terus di halaman pertama.

Kekurangan Iklan Berbayar

Namun, bujet juga menjadi kekurangan iklan berbayar. Jika bujet iklan tersebut sudah habis dan Anda tidak berniat menambah bujet, iklan otomatis ditarik dan berhenti tayang. Berbeda dengan SEO yang posisi di halaman pertama bisa bertahan lebih lama selama tidak ada perubahan SEO dan algoritma Google.

Hal ini pula yang membuat orang lebih memilih strategi SEO daripada iklan berbayar. Kebanyakan orang lebih percaya pada website dengan SEO dibandingkan hasil pencarian yang muncul karena iklan. Itulah mengapa organic listing tetap jadi nilai plus bagi website agar bisa terus menerus muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Penjelasan mengenai apa itu SEO dan iklan berbayar tadi menunjukkan kedua strategi itu saling melengkapi. Bagi website baru, melakukan SEO dan iklan berbayar secara bersamaan adalah strategi ideal pemasaran bisnis. Iklan berbayar berfungsi sebagai booster sementara Anda mengerjakan SEO. Setelah SEO membuahkan hasil, Anda bisa mengurangi bujet iklan secara bertahap.

Jadi, sudah tahu langkah mana yang akan Anda ambil sekarang?

Leave a Comment

Ready to start your project with us?