Lima Rahasia SEO untuk Bisnis Anda

Apakah Search Engine Optimisation atau SEO itu?

Search Engine Optimization (disingkat SEO) sering dipandang sebagai suatu teknik yang penuh misteri. Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin pernah mendengar tentang SEO sebelumnya. Atau bahkan mungkin telah menerima email spam yang memberi tahu bahwa mereka dapat melakukan layanan SEO untuk bisnis Anda. Penting untuk memahami bahwa SEO itu sendiri bukan teknik yang misterius. SEO hanyalah serangkaian proses yang dapat dilakukan untuk bisnis Anda, yang membantu mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll) untuk lebih memahami konten dari website. Tentu saja, konten yang bagus harus dimiliki sejak awal. Namun kami akan membahasnya secara lebih rinci nanti dalam panduan ini.

Tujuan mengoptimalkan website untuk mesin pencari adalah agar Anda mendapatkan visibilitas kepada audiens yang menjadi target. Website harus berada di halaman pertama hasil pencarian untuk pengguna yang mencari bisnis, baik itu produk maupun jasa, seperti milik Anda. Jika tidak terlihat oleh audiens yang ditarget, akan sulit mendatangkan pengunjung agar tahu tentang bisnis Anda. Tidak banyak pengguna mesin pencari akan melampaui halaman pertama dari hasil pencarian ketika mereka mencari. Pikirkan saja bagaimana kita menggunakan mesin pencari sendiri – berapa kali kita masuk 5-10 halaman ke dalam hasil untuk mendapatkan jawaban yang dicari?

Internet telah berubah secara dramatis dalam dekade terakhir. Ada lebih dari 1 miliar website di Internet saat ini dan jumlah ini meningkat setiap hari. Lebih dari 500.000 website dibuat setiap hari – jelas mereka tidak semua bersaing dengan Anda, tetapi di dunia modern saat ini, sangat mudah untuk membuat website baru. Ini berarti bahwa website kita harus dapat terlihat oleh audiens yang ditargetkan agar mereka tahu bahwa bisnis Anda eksis. Dalam ruang digital yang ramai, tentu ini menjadi suatu keharusan. Ini telah membuat Search Engine Optimisation sebagai layanan vital yang dibutuhkan jika ingin eksis di keramaian. Ini menjadi suatu keharusan untuk memastikan bahwa Anda terlihat dan dapat membawa pengunjung ke website dari mesin pencari.

Di postingan ini kami akan memandu Anda memahami 5 rahasia untuk mendapatkan website ditemukan di mesin pencari, dan semuanya dimulai dengan pengumpulan data.

 

1. Riset Kata Kunci – Setiap pencarian dimulai dengan kata kunci

Setiap pencarian yang dilakukan di mesin pencari dimulai dengan kata kunci. Ini adalah kata atau frasa yang diketik pengguna Internet ke mesin pencari untuk melakukan pencarian. Pertama, perlu memahami apa yang dicari oleh audiens yang ditarget, sehingga Anda dapat menargetkan konten di website untuk kata kunci khusus ini. Ini berarti kita mencoba untuk masuk ke pola pikir calon pelanggan yang masuk ke ranah bisnis Anda dan berpikir tentang bagaimana mereka menggunakan Internet.
TIPS: Tempatkan diri pada posisi seolah-olah sebagai salah satu pelanggan. Tulis 10 kata atau frasa yang akan mereka ketik di mesin pencari untuk menemukan bisnis seperti milik Anda.Ada banyak website gratis maupun berbayar yang dapat digunakan untuk melakukan penelitian kata kunci. Dengan website ini, kita dapat mencari potensi dan peluang untuk kata kunci sesuai dengan bisnis yang kita targetkan.

Contoh Riset Kata Kunci di Ubersuggest
Contoh Riset Kata Kunci di Ubersuggest

Sebagai contoh, kami sangat menyukai menggunakan website penelitian kata kunci gratis – Ubersuggest. Di website Ubersuggest, kita dapat memasukkan kata kunci dan memilih bahasa/negara yang ditargetkan. Untuk contoh di atas kami menggunakan “jasa penerjemah” dan Bahasa Indonesia..

Dalam penelusuran yang kami lakukan di sini, kami dapat melihat bahwa kata kunci “jasa penerjemah” memiliki volume pencarian bulanan 880. Kita juga dapat melihat perkiraan kesulitan untuk membuat peringkat website tinggi di mesin pencari dan perkiraan untuk melakukan iklan berbayar. Pay Per Click (PPC) untuk iklan berbayar diperkirakan hampir Rp10.000. Ini berarti bahwa inilah jumlah yang harus kita bayarkan jika ada pengguna internet yang melihat iklan kita lalu mengkliknya

Jika Anda dapat membuat peringkat websitenya berada di halaman pertama Google untuk “jasa penerjemah” dan menghasilkan 100 klik melalui website Anda per bulan, ini akan menghemat Rp1.000.000 dengan SEO, daripada mengeluarkan uang untuk iklan berbayar.

TIPS: Ambil daftar kata kunci yang telah ditulis dan jalankan melalui website Ubersuggest. Perhatikan baik-baik hal yang memiliki kesulitan “mudah” untuk SEO dan jangan lupa melihat bagian ‘Gagasan Kata Kunci’ untuk kata kunci terkait yang mungkin belum Anda pertimbangkan.

2. Peringkat Saat Ini – Dimanakah Anda saat ini berada?

Sebelum melakukan perubahan apapun pada website, terlebih dahulu harus diketahui dimana peringkat website Anda saat ini untuk daftar kata kunci yang telah dikumpulkan dan ditargetkan. Setelah mengetahui peringkat saat ini, Anda kemudian dapat membuat daftar kata kunci yang dapat difokuskan, untuk mencapai peningkatan dalam hasil pencarian Google. Jika Anda mencoba dan melakukan perubahan tanpa mengetahui dimana harus memusatkan perhatian, hal itu hanya akan membuang waktu saja.

Jadi, bagaimana melihat peringkat website pada saat ini di mesin pencari?

Anda dapat membuka browser web (dalam mode incognito) dan melakukan pencarian manual untuk setiap kata kunci. Kemudian lihat di halaman dan posisi mana website ditampilkan. Itupun kalau memang ada. Namun jangan khawatir, ada cara yang lebih baik. Ada website yang dapat dipergunakan untuk melacak peringkat website sesuai kata kunci yang ditargetkan. Salah satu solusi favorit kami adalah SerpFox – https://serpfox.com.

SerpFox adalah platform yang hebat untuk melacak dan memantau di mana website kita berada di peringkat mesin pencari. Mereka memiliki akun gratis yang memungkinkan Anda memantau hingga 10 kata kunci. Akun berbayar yang mendukung pemantauan hingga 100 kata kunci adalah $10/bulan. Setelah membuat akun, Anda dapat menambahkan kata kunci ke SerpFox dan memberi tahu mesin pencari mana yang ingin dilacak. Kami sarankan untuk memilih Google disini.

Jika website Anda terlihat dalam 200 hasil pertama untuk kata kunci atau frasa kata kunci tertentu yang dimasukkan, Anda akan dapat melihat data ini segera. Untuk kata kunci manapun yang website saat ini tidak berada dalam 10 posisi teratas, yang artinya bisnis Anda tidak terlihat di halaman pertama Google, ini adalah kata kunci yang seharusnya difokuskan.

SerpFox memiliki fitur laporan otomatis di dalamnya, di mana ia akan mengirimi laporan terjadwal secara teratur. Ada beberapa detail tentang cara melakukannya di halaman bantuan ini, jadi luangkan waktu sejenak untuk mendapatkan laporan mingguan ke alamat email: http://docs.serpfox.com/reports/how-do-i-add-a-scheduled-report

TIPS: Buat akun dengan SerpFox dan tambahkan kata kunci ke dalam sistem. Berikan waktu beberapa menit untuk menarik data posisi Anda dan kemudian tinjau daftar kata kunci. Untuk setiap kata kunci di mana Anda saat ini tidak berada di posisi 1-10, catat ini karena Anda harus konsentrasikan di website agar lebih relevan dengan kata kunci ini.

3. On-Page SEO – Pastikan website Anda teroptimasi.

Dalam istilah yang paling sederhana, on-page SEO adalah proses mengoptimalkan halaman website untuk meningkatkan relevansinya dengan mesin pencari. Semakin banyak relevansi dan sorotan yang ditempatkan mesin pencari pada halaman Anda, semakin tinggi kemungkinan website akan ditampilkan dalam hasil pencarian. Ini adalah salah satu kunci utama dalam bidang SEO dimana Anda juga punya kontrol penuh untuk optimasinya pada website. Untuk kata kunci dengan kompetisi yang rendah, terkadang Google hanya membutuhkan on-page SEO yang baik.

Mari kita tinjau 12 faktor on-page SEO yang penting untuk halaman website. Beberapa diantaranya mungkin memerlukan bantuan dari web developer, tetapi sebaiknya miliki pemahaman terlebih dahulu tentang masing-masing faktor ini:

  • Fokus Kata Kunci (Focus Keyword) – Setiap halaman harus memiliki kata kunci fokus yang unik. Jadi, jika Anda memiliki halaman yang menggunakan “Spesialis Velg Mobil”, sebaiknya tidak menggunakannya sebagai kata kunci fokus di halaman lain.
  • Konten – Kualitas dan relevansi konten pada halaman web adalah faktor peringkat nomor satu di mesin pencari. Konten harus jelas memenuhi tujuan pencarian pengunjung. Pastikan kata kunci fokus digunakan sekali dalam 100 kata pertama halaman. Ada banyak bobot yang diterapkan pada konten yang lebih panjang (1000+ kata per halaman).
  • Tag Judul (Title Tag) – Tag judul ditampilkan di browser dan merupakan judul utama dalam hasil pencarian. Panjang ideal adalah 50-60 karakter dan Anda harus selalu mencoba memulainya dengan kata kunci utama. Tag judul paling baik ditulis sebagai kalimat.
  • Deskripsi Meta (Meta Description) – Deskripsi meta digunakan oleh mesin pencari sebagai deskripsi untuk hasil pencarian dalam indeks mereka. Panjang meta deskripsi harus sekitar 140-160 karakter dan Anda harus memasukkan kata kunci fokus di dalam konten ini.
  • URL – URL halaman harus ramah mesin pencari dan idealnya menyertakan kata kunci fokus Ada. Alih-alih ‘contoh.com/pageid=?123’ Anda harus menggunakan ‘contoh.com/kata-kunci-anda’.
  • Header Tags – website harus menggunakan tag header. Anda mungkin tahu ini a <h1>, <h2> dll. Judul halaman harus selalu menggunakan tag <h1>, karena itu adalah judul yang paling penting di halaman. Sub-judul harus menggunakan <h2> dan jika perlu <h3> atau tag lebih lanjut.
  • Kata kunci LSI (LSI Keyword) – Kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI) adalah kata kunci terkait. Pastikan menaburkan beberapa kata kunci yang terkait dengan kata kunci fokus utama ke konten halaman. Ini akan membantu meningkatkan relevansi halaman.
  • Tautan Internal (Internal Linking) – Idealnya Anda harus memiliki 1-3 tautan internal pada setiap halaman konten. Tautan internal adalah tautan yang menunjuk ke bagian konten lain di situs.
  • Tautan Keluar (Outbound Linking) – Halaman yang menautkan ke konten eksternal terkait biasanya akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari. Namun lakukanlah secara proporsional dan tidak berlebihan.
  • Gambar / Video – Penggunaan gambar yang menarik dan video yang disematkan dengan baik akan menambah waktu pengunjung berada di website kita. Pastikan kita meminimalisir kemungkinan pengguna kembali ke hasil pencarian setelah membuka website Anda karena Google dapat menggunakan ini sebagai tanda halaman berkualitas rendah atau kurang relevan dari hasil pencarian.
  • Kecepatan Website – Kecepatan website adalah faktor peringkat di mesin pencari. Website yang lambat buruk bagi pengguna dalam mencari informasi. Mesin pencari seperti Google akan menghargai website yang dapat terbuka dengan cepat. Jika website membutuhkan waktu lebih dari 2 detik untuk tampil, berarti harus ada pengerjaan di website untuk meningkatkan kecepatannya.
  • SSL (HTTPS) – Sertifikat SSL banyak membawa manfaat positif untuk website, terutama dalam hal menciptakan kepercayaan pengunjung. Ini juga menjadi salah satu penunjuk dalam hal keamanan dan faktor peringkat di mesin pencari. SSL dapat didapatkan gratis maupun berbayar, tergantung web hosting.

Jika ingin mempelajari lebih dalam tentang on-page SEO, ada banyak faktor peringkat yang dapat dilihat, namun 12 yang kami sebutkan di atas adalah beberapa yang paling penting yang perlu dipertimbangkan untuk website Anda. Jika Anda bekerja keras untuk memastikan bahwa setiap halaman website memenuhi faktor peringkat penting di atas, Anda memastikan bisnis Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang memasukan kata kunci relevan untuk jasa atau produk Anda.

TIPS: Luangkan waktu untuk memeriksa setiap halaman di website dan menilai apakah mereka memiliki 12 faktor penting yang telah kami tuliskan di sini. Untuk setiap halaman yang belum memenuhi, catat ini dan buat rencana tindakan untuk membuat perubahan positif yang akan meningkatkan SEO pada halaman Anda.

4. Local SEO – Memastikan bisnis kita dapat ditemukan.

Bagi sebagian besar yang membaca ini, tentu setuju bahwa area lokal sangat penting dalam hal penjualan dan bisnis baru. Visibilitas di area lokal dapat berarti perbedaan antara penjualan “oke” dan “HEBAT”. Mari pastikan Anda memiliki visibilitas yang lebih baik untuk audiens lokal!

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk membantu bisnis Anda agar terlihat adalah menyiapkan dan mengoptimalkan halaman Google My Business. Tentu saja, ini sangat membantu di mana pun lokasi Anda. Jadi meskipun Anda membaca ini dan berpikir itu tidak penting bagi karena Anda tidak bekerja dengan klien lokal, mengikuti langkah-langkah di bawah ini kami pastikan akan tetap menguntungkan untuk bisnis dan visibilitas.

Pertama, kami perlu memastikan Anda belum memiliki halaman Google My Business. Buka Google Maps (https://www.google.com/maps/) dan di kotak pencarian ketik nama bisnis, misalnya. Bengkel Sanusi. Jika Anda melihat sejumlah hasil muncul, tambahkan juga lokasi Anda.

Jika bisnis Anda muncul disini, maka Anda sudah memiliki halaman Google My Business. Jika tidak muncul, maka Anda dapat membuatnya secara gratis. Buka https://www.google.com/business/ dan klik tombol hijau “Mulai Sekarang”.

Ketika Anda pertama kali mengatur halaman, Anda harus mengikuti proses verifikasi. Proses verifikasi standar adalah melalui kartu pos yang dikirimkan ke alamat bisnis yang tertera dalam 14 hari. Ada juga opsi untuk memverifikasi melalui telepon atau email. Setelah halaman diverifikasi, pastikan Anda mengisi informasi yang relevan sebanyak mungkin. Adapun harus diperhatikan hal-hal berikut:

 

  • Nama Bisnis (Business Name)– Pastikan menggunakan nama bisnis lengkap resmi Anda.
  • Deskripsi Bisnis (Business Description) – Area ini memungkinkan Anda menggambarkan bisnis Anda dan membuat pihak yang berkepentingan tahu lebih banyak tentang bisnisnya.
  • Kategori – Pilih kategori yang relevan dengan bisnis.
  • Alamat – Ini harus menjadi alamat bisnis Anda dan harus dipastikan bahwa detail yang tertera sesuai dengan yang ada di website.
  • Nomor Telepon – Ini harus menjadi nomor telepon bisnis Anda dan harus dipastikan bahwa nomornya sesuai seperti di website.
  • URL Website – Masukkan URL website bisnis Anda di sini.
  • Jam Buka – Beri tahu orang-orang kapan Anda buka / tersedia untuk membantu mereka.
  • Foto – Ini adalah salah satu area terpenting di halaman dan yang diabaikan orang. Tambahkan logo, beberapa gambar Anda / tim dan foto / gambar pekerjaan yang telah dilakukan untuk klien Anda.

 

5. Kreasi Konten – Konten adalah raja.

Dalam dunia SEO, konten adalah Raja! Tidak ada jalan pintas lain, kualitas dan relevansi konten di website adalah faktor paling penting yang akan memutuskan bagaimana mesin pencari akan menilai website dan menentukan peringkatnya.Satu dekade yang lalu, SEO lebih merupakan kontes popularitas. Siapa pun yang memiliki paling banyak tautan akan muncul lebih tinggi di mesin pencari. Dikala backlink (tautan dari website lain yang mengarah ke Anda) pada saat ini masih cukup berharga, konten di website adalah yang paling penting. Konten berkualitas mendorong orang untuk menautkan konten Anda sebagai sumber. Ini bisa berupa konten pada halaman atau dari postingan blog. Mesin pencari seperti Google CINTA pada konten yang berkualitas. Mereka menyukai konten yang diperbarui secara berkala, karenanya mengapa sangat bagus untuk memiliki sumber konten yang diperbarui secara rutin, seperti blog.

Bagaimana Anda dapat meningkatkan konten di website? Pertanyaan bagus!

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah apakah kontennya menjawab jenis pertanyaan yang diajukan pengguna pada mesin pencari. Jika pengguna masuk ke website Anda saat mencari “Klinik Dokter Gigi di Jakarta Selatan”, pastikan memang informasi itu yang sedang dicari oleh pengguna.

TIPS: Tinjau konten website dengan mempertimbangkan kata kunci yang sudah dipilih sebelumnya dalam panduan ini. Apakah Anda memberikan pesan yang tepat kepada audiens potensial? Adakah ruang untuk Anda meningkatkan konten dengan menambahkan lebih banyak informasi, menjelaskan manfaat produk / layanan atau menggunakan media seperti gambar atau video?

Sekarang Anda Tahu Rahasianya…

Kami telah menjelaskan kunci di dunia SEO dan memaparkan 5 rahasia SEO untuk membantu bisnis agar lebih memungkinkan untuk ditemukan secara online. Sekarang kuncinya di tangan Anda untuk mengambil tindakan dan mulai membuat langkah maju. Sepanjang panduan ini kami memberi poin tindakan dan kiat yang akan membantu Anda memahami lebih lanjut tentang SEO dan mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan pangsa pasar terhadap para pesaing.

Penting untuk diingat bahwa membuat perubahan untuk SEO tidak akan membawa kesuksesan dalam semalam. Banyak strategi jangka panjang, namun itu salah satu yang bisa jauh lebih murah daripada Pay-Per-Click (PPC) atau jenis iklan lain dalam jangka panjang.

Mengambil tindakan hari ini akan menjadi langkah pertama yang perlu diambil agar dapat terlihat di mesin pencari dan terhubung dengan pengguna yang mencari bisnis seperti milik Anda.

Apakah Anda berencana untuk melakukan sendiri kiat-kiat SEO ini atau jika lebih suka melibatkan perusahaan SEO seperti kami, sekarang Anda telah memiliki pengetahuan lebih tentang SEO dan paham bahwa SEO tidak semisterius yang dibayangkan. Kami akan kirim beberapa email berisi kiat tambahan yang akan Anda terima selama beberapa hari ke depan, jadi jangan lupa untuk cek inbox email.

Sementara itu, jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami! Kunjungi website kami di www.sab.id, telepon di +62811 326 588 atau bisa cari di mesin pencari SAB Digital Agency atau Sinergi Antar Benua. Sampai jumpa!

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email