Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Biaya Iklan Tiktok Ads

Biaya Iklan Tiktok Ads Terbilang Mahal, Begini 5 Tips Iklan untuk Konversi yang Tinggi

September 9, 2022
No comments
Share

Sama-sama platform video, kepopuleran TikTok beberapa waktu terakhir memang lebih tinggi dibandingkan dengan YouTube. Ini dikarenakan TikTok memiliki fitur yang lebih beragam. Maka tak heran jika biaya iklan TikTok Ads cukup mahal.

Bahkan ada jasa iklan TikTok yang memberikan harga 7 juta per hari untuk jumlah impresi sebanyak 100.000 pengguna. Sekilas memang sangat mahal jika untuk iklan UMKM. Namun jumlah itu lebih kecil dibandingkan dengan iklan di televisi.

Pengguna TikTok tidak hanya sebatas generasi Z saja. Tapi juga generasi di atasnya dengan tingkat usia dan hobi, minat, dan profesi yang beragam.

Baca Juga: Pahami Bagaimana Cara Bayar Iklan TikTok, Jenis, dan Membuatnya

Jika YouTube memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk mengedit video, tapi tidak dengan TikTok. Anda bisa langsung merekam, mengedit dan menambahkan beberapa striker pada video. Langsung menggunakan aplikasi ini sebelum diupload. Ini adalah fitur yang menyenangkan bagi mereka yang suka berkreasi.

Tips Iklan di TikTok

Jumlah pengunduh aplikasi TikTok di dunia mencapai 2 milyar. Tentu ini bisa dijadikan platform yang baik untuk marketing. Sayangnya, biaya iklan TikTok Ads cukup mahal. Agar biaya iklan tidak terbuang percuma, berikut beberapa tips menjalankan kampanye iklan di TikTok.

Membuat Akun Bisnis

Jika memang ditujukan untuk bisnis, sebaiknya gunakan akun TikTok bisnis. Caranya adalah dengan mengubah pengaturan pada "kelola akun anda". Dari sini Anda bisa mengubah dari akun personal ke akun bisnis.

Tak hanya itu saja. Anda juga bisa mengubah foto profil atau informasi apapun yang berhubungan dengan produk. Cara ini adalah langkah yang paling tepat untuk membuat bisnis lebih terlihat profesional.

Dengan akun yang profesional, bisnis akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan publik. Sehingga pelanggan atau target market tidak ragu lagi membeli atau menggunakan layanan yang Anda tawarkan.

Mengenal TikTok Lebih Baik Lagi

Ketahuilah bahwa setiap sosial media memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh sebab itu, penggunanya juga berbeda. Instagram identik dengan tampilan yang penuh estetika. Facebook terkesan serius dan formal. Berbeda lagi dengan TikTok.

Sosial media ini identik dengan konten-konten Gen Z yang kreatif, humoris, tanpa mengesampingkan kesan semangat. Maka tugas Anda adalah membuat konten-konten yang seperti itu. Agar lebih mudah diterima dan akhirnya dikenal oleh audiens.

Fokuslah pada Pembuatan Konten

Konten viral memang penting. Karena dengan menjadikannya viral, produk yang dibawakan konten akan lebih mudah dikenal dengan cepat. Namun viral bukanlah tujuan utama. Karena kalau viralnya sebentar, publik mengenal produk Anda juga hanya sebentar saja.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan TikTok Biar Cuan

Maka dari itu, konten harus memiliki value. Nilai lebih yang tidak hanya jika dibandingkan dengan produk pesaing. Tapi juga nilai lebih yang bisa dirasakan oleh pembeli.

Anda harus sering melihat bagaimana konten yang sedang menjadi tren. Bagaimana bentuk kontennya. Amati, tiru, dan berikan sedikit modifikasi. Dengan cara ini, konten mampu membaur secara alami namun masih tetap terlihat menonjol.

Bagi Anda yang bingung mencari ide konten, berikut beberapa contoh konten yang bisa dijadikan inspirasi.

Konten tentang Behind the Scene

Biaya iklan TikTok Ads cukup mahal maka jangan bakar begitu saja dengan membuat konten yang asal-asalan. Salah satu konten yang bisa Anda coba adalah konten tentang behind the scene.

Misalkan Anda memiliki usaha ayam goreng crispy. Buatlah konten bagaimana cara Anda bertahan ketika harus menjalankan bisnis saat pandemi. Atau tetap bertahan dengan banyaknya pesaing bisnis ayam goreng.

Anda juga bisa menambahkan video tentang bagaimana proses pembuatan ayam goreng mulai dari dapur hingga siap disajikan pada pelanggan. Tidak harus membongkar resep rahasia. Cukup sebagian saja.

Cara content behind the scene ini memang sering digunakan oleh pemilik bisnis kuliner atau bisnis manufaktur lainnya.

Konten Edukasi

Jika Anda pernah melihat konten-konten edukasi dari chef Vindy Lee, pasti tahu bagaimana cara membuat ide kontan yang tidak hanya edukatif. Tapi juga mengundang banyak traffic. Karena konsep kontennya memang unik.

Baca Juga: Marketing TikTok untuk Bisnis Kian Greget

Vindy Lee membuat konten edukasi dengan mengajarkan bagaimana teknik makan dengan anggun saat menghadapi acara table manner. Menggunakan alat makan seperti garpu, sendok, pisau, bahkan sumpit.

Bagaimana caranya agar makan tetap anggun dan tangan tetap bersih. Sekalipun makan masakan padang yang biasanya dimakan dengan menggunakan tangan langsung.

Awalnya memang banyak yang membully. Namun pada akhirnya banyak juga yang mengambil manfaat terkait edukasi chef Vindy Lee tersebut. Ada beberapa produk yang bisa menggunakan konten seperti ini. Misalkan produk fashion seperti high heels, produk makeup, dan lain sebagainya.

Konten Tutorial

Bagi Anda yang ingin membuat kampanye iklan untuk produk skin care, tidak ada salahnya membuat konten bagaimana step by step penggunaan skin care yang baik dan benar. Mulai dari membersihkan wajah hingga menggunakan pelembab.

Sekilas memang tampak sederhana, namun nyatanya tidak banyak yang tahu bagaimana pengaplikasian skin care yang benar. Bahkan sebagian besar pengguna tidak tahu apa fungsi dari masing-masing jenis produk perawatan tersebut.

Di dalam tutorial video itu, Anda juga bisa sekalian menjelaskan apa fungsi dari tiap jenisnya. Mulai dari facial wash, micellar water, serum, pelembab, cream malam, cream siang, dan lain sebagainya. Termasuk juga bahan aktif yang ada di dalamnya.

Pastikan audiens memahami dengan betul bagaimana penggunaan skin care yang benar. Karena hasil perawatan hanya bisa dilihat setelah menggunakan produk sesuai dengan tahapan-tahapannya.

Atau Konten Lain yang Sesuai dengan Produk Anda

Selalu ingat bahwa konten itu mirip ukuran sepatu atau sandal. Tidak bisa digunakan untuk semua ukuran kaki. Pastikan Anda menggunakan konten sesuai dengan produk yang Anda miliki.

Dan lagi-lagi. Biaya iklan TikTok Ads memang besar. Jadi pastikan konten yang Anda buat memang sesuai dengan minat hobi target market. Agar lebih mudah diterima dan biaya iklan tidak terbuang dengan percuma.

Berdayakan Influencer

Jangan anti pati dengan influencer. Karena mereka memiliki peran yang penting untuk mempengaruhi audiens. Terutama para pengikutnya. Semakin banyak jumlah followers, maka semakin efektif diajak kerja sama untuk kampanye iklan.

Baca Juga: Terkuak Rahasia Mudahnya Cara Pasang Iklan Tiktok

Carilah influencer yang memiliki banyak followers di akun TikToknya. Ajak mereka untuk memasarkan produk Anda. Mungkin Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi untuk menggaji influencer. Tapi itu jauh lebih murah dibandingkan dengan harus memasang iklan di televisi.

Menggunakan Hastag Challenge

Tips terakhir untuk membuat kampanye iklan yang menarik adalah dengan menggunakan hastag challenge. Cara inilah yang digunakan oleh Traveloka untuk kampanye iklan mereka.

Meminta audiens membuat video joget dengan hastag #JamTerbangTraveloka. Cara ini bisa membantu Anda mendapatkan konten yang beragam, murah, dan mampu membangun engagement serta interaksi audiens.

Nah, itulah 5 tips mudah kampanye agar biaya iklan TikTok Ads tidak terbuang percuma. Anda berminat? Pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa iklan TikTok yang Anda tunjuk.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down