Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Kelebihan dan Kekurangan Google Ads

Mempertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan Google Ads dalam Berbisnis

August 26, 2022
No comments
Share

Dalam dunia pemasaran Google Ads paling banyak dikenal. Fitur dari mesin pencari Google ini menjadi andalan untuk menampilkan iklan. Fitur ini memiliki prospek yang bagus untuk strategi marketing sebuah usaha. Sudah banyak pengusaha yang memanfaatkan layanan ini. Tapi, benarkah sehebat itu? Sebaiknya, simak kelebihan dan kekurangan Google Ads terlebih dahulu.

Tujuan Beriklan dengan Google Ads

Perkembangan teknologi digital begitu canggih. Bahkan setiap tahun mengalami kemajuan. Perubahan ini tentu harus diikuti oleh pengusaha. Salah satunya adalah cara memasarkan produk.

Memasang iklan digital menjadi teknik yang cukup ampuh. Tapi, pemasangan iklan digital ini juga tidak boleh asal. Layanan Google Ads menjadi pilihan favorit pemilik usaha. Adapun tujuannya, sebagai berikut.

Meningkatkan Branding Awareness

Fitur mesin pencarian terkemuka ini memberi peluang iklan terpasang paling atas. Dengan begitu, setiap pembaca dapat melihat jelas. Bayangkan saja, jika banner selalu ada di peringkat pertama, kedua dan ketiga. Lama-lama pembaca akan penasaran untuk membuka website toko. Sehingga membuat orang tahu produk atau jasa yang ditawarkan. Toko atau tipe bisnis yang digeluti akan semakin terkenal.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Google Ads dan Apa Kelebihannya?

Meningkatkan Traffic Website Toko

Dengan Adwords, pebisnis dapat menjangkau sasaran yang spesifik. Artinya, pengusaha dapat menemukan pembaca dengan minat khusus. Tentu saja hal ini berhubungan erat dengan nilai produk yang sedang dicari calon pelanggan. Cara kerja fitur ini hanya menampilkan iklan yang relevan dengan pembaca. Sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan.

Menayangkan Iklan Secara Global

Kehadiran internet memang telah membuka mata dunia. Setiap orang di penjuru dunia bisa mengakses internet dengan mudah. Ini memicu pengusaha untuk mengenalkan produknya secara luas.

Sementara itu, fitur dari Google menyediakan peluang tersebut. Sehingga produk dapat dikenal secara global. Pengguna mesin pencari favorit dapat menemukan iklan produk pada bagian atas. Terlebih lagi, iklan dapat ditampilkan sesuai dengan lokasi pilihan.

Menaikkan Omzet Bisnis

Tujuan terakhir, apalagi jika bukan untuk menaikkan omzet. Hal ini menjadi harapan besar bagi pengusaha. Bahkan memberikan kesempatan brand untuk terus berkembang. Kemajuan usaha bergantung dari hasil omzet yang diperoleh.

Dengan beriklan, kemungkinan menarik minat pelanggan cukup besar. Terlebih lagi jika promosi produk tayang secara online. Pelanggan lebih mudah mencari dengan kata kunci tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Google Ads untuk Usaha

Pelaku usaha kecil hingga besar memanfaatkan Google sebagai media iklan. Alasannya, karena mesin pencari ini sangat handal. Seluruh penjuru dunia mengenal situs ini. Bahkan menjadi situs rujukan pertama pencari informasi terkini. Sebelum itu, terdapat kelebihan dan kekurangan Google Ads yang wajib dipertimbangkan.

Kelebihan

Sebagian besar kelebihan Google Ads tidak lepas dari fitur-fiturnya. Dukungan terbesar berasal dari kecanggihan layanan. Setidaknya, berikut ini yang pebisnis rasakan saat menayangkan iklan pada Google.

  • Sangat Mudah Digunakan untuk Berbisnis

Menayangkan iklan pada media yang tepat menjadi idaman pebisnis. Salah satu layanan dari mesin pencari ini memberi kemudahan. Dari platform ini pebisnis dapat mengukur kesuksesan tayangan banner. Pebisnis hanya perlu melakukan login akun, melakukan pengaturan dan bidding. Jika penawaran berhasil, maka iklan akan tayang dengan mudah.

  • Pengeluaran Promosi yang Efektif

Dengan strategi marketing yang tepat, pebisnis dapat mengatur pengeluaran. Terutama pengeluaran biaya yang menyangkut tentang iklan. Karena platform pemasaran ini mampu memberikan data yang dibutuhkan. Sehingga berguna untuk mengevaluasi kampanye yang dilakukan. Pelaku bisnis dapat menilai dan membuat promosi yang efektif.

  • Menjamin Target Pasar

Mengapa fitur Google ini menjadi andalan? Sebab menawarkan pilihan untuk menarget sasaran. Pemilik usaha bisa memilih sendiri kata kunci, lokasi penyebaran iklan, hari, frekuensi dan usia. Sehingga bisa mengenalkan produk ke area lokal maupun global.

  • Pilihan Format Iklan yang Beragam

Bagaimana jika pembaca disuguhi tampilan yang selalu sama? Pasti mereka akan merasa bosan. Kondisi ini cukup membahayakan. Terlebih lagi jika pengusaha memiliki strategi marketing yang baik. Karena pembaca bisa saja tidak tertarik dengan format iklan yang sudah ada.

Tapi Google Ads menawarkan sesuatu yang berbeda. Kini pengusaha bisa menampilkan iklan dalam beragam format. Sehingga tidak terkesan monoton dan lebih kreatif. Pemilik usaha dapat menentukan tampilan berdasarkan konten dan anggaran.

  • Dapat Menguji Performa Situs

Kelebihan tersebut mungkin luput dari tangan pemilik bisnis. Nyatanya, Google Ads mampu melakukan uji performa situs. Hal ini dapat terlihat dari kegiatan pengunjung. Pebisnis dapat memantau ada tidaknya aktifitas membeli atau hanya klik pada banner. Bahkan hitungan ini dapat dilakukan per hari.

  • Sebagai Alat Riset Pasar

Sebagai platform penayangan iklan, tentu tak jauh dari kata pasar. Media canggih menggunakan kata kunci ini memberikan data yang diperlukan. Sehingga pelaku bisnis dapat menilai keberhasilan promosi. Terlebih lagi, fitur ini dilengkapi dengan tools riset pasar yang mumpuni. Sehingga pengusaha dapat mengambil keputusan cepat.

Kekurangan

Jika melihat kesuksesan pengusaha besar, banyak yang ingin mencoba Google Ads. Di balik itu, terdapat kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Apalagi saat baru memulai usaha. Agar dapat melakukan promosi secara tepat sasaran.

  • Muncul Keterangan Iklan pada Tampilan

Tentu pelaku usaha senang jika iklannya muncul pada bagian teratas halaman Google. Pembaca dapat langsung melihat promosi tepat di depan mata. Ketika mencari produk tertentu, dapat menarik minat untuk langsung membukanya. Hanya saja, Google menambahkan keterangan berupa “Ads” pada tampilan kecil tersebut. Bagi pembaca yang kurang menyukai iklan, biasanya akan melewati ini.

  • Metode Pembayaran

Fitur dari mesin pencari terkenal ini memang sangat mendukung perkembangan bisnis. Hanya saja, untuk cara pembayarannya masih terbatas. Metode yang ditawarkan layanan ini menggunakan kartu kredit atau PayPal.

Jelas, hal ini menyulitkan pengusaha yang tidak memiliki keduanya. Bagi pelaku bisnis besar penggunaan cashless bukan masalah besar. Tapi, untuk pengusaha pemula tentu agak keberatan.

  • Biaya Level Premium yang Mahal

Pengusaha yang hendak menggunakan Google Ads harus menyadari kekurangan ini. Biaya bisa sangat besar, meskipun dapat mengontrol budget pemasaran. Sistem pay per click (PPC) tidak menjamin harga murah. Apalagi jika memilih iklan dengan level premium. Bagi yang berhasil memenangkan penawaran, tentu biayanya cukup ringan. Sedangkan bagi perusahaan besar menganggap ini sebagai kesempatan emas.

Baca Juga: Mengenal Kelebihan Google Ads VS Facebook/Instagram Ads, Mana yang Lebih Baik?

  • Resiko Kegagalan Iklan

Meski memiliki tingkat keberhasilan tinggi, resiko kegagalan tetap ada. Terlebih lagi jika memilih biaya yang murah. Di samping itu, menuntut tayangan iklan yang memenuhi target.

Penayangan iklan pada Google Ads tanpa strategi justru merugikan bisnis. Karena bisa jadi peringkat banner promosi kalah dengan yang lain. Sehingga tidak banyak pengguna internet yang tahu produk yang ditawarkan.

Adanya fitur periklanan digital terbukti dapat memajukan usaha. Baik usaha kecil maupun besar dapat memanfaatkan platform dari Google ini. Tapi, kelebihan dan kekurangan Google Ads memberikan dampak tersendiri bagi pelaku usaha. Sehingga perlu menetapkan strategi beriklan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down