Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Bagaimana Strategi Pemasaran Online Marketing

Bagaimana Strategi Pemasaran Online Marketing Terbaik? Begini 7 Langkah Mudahnya

July 7, 2022
No comments
Share

Menjadi pebisnis zaman now harus mengetahui rahasia tentang satu hal. Yaitu bagaimana strategi pemasaran online marketing terbaik. Online marketing atau yang biasa disebut internet marketing adalah cara yang paling banyak digunakan.

Mengingat sebagian besar target market lebih banyak membuka internet daripada melihat televisi. Internet marketing dirasa cukup ampuh untuk menjangkau lebih banyak target market dengan biaya yang lebih rendah.

Sebagai cara marketing lainnya, internet marketing juga membutuhkan strategi tersendiri. Tujuannya adalah pemasaran bisa lebih optimal dengan konversi yang sangat tinggi.

Lalu, bagaimana strategi pemasaran online marketing terbaik? Baca selengkapnya di sini.

Bagaimana Strategi Pemasaran Online Marketing Terbaik dengan Platform?

Digital marketing bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai platform yang tersedia. Dan setiap platform memiliki strategi yang berbeda. Berikut beberapa platform yang bisa digunakan untuk internet marketing.

Website

Ini adalah platform paling banyak digunakan. Website tidak hanya digunakan sebagai toko online saja. Tapi juga menampilkan berbagai informasi terkait usaha. Seperti company profile, ragam produk, dan lain sebagainya.

Meski paling banyak digunakan, nyatanya website merupakan platform yang cukup mahal. Kenapa? Untuk membangun sebuah website yang eye catching, diperlukan harga yang tidak murah.

Mulai dari sewa hosting, membeli nama domain, membuat desain, hingga mengisinya dengan berbagai konten yang relevan. Namun besarnya biaya yang digunakan untuk membuat website lebih murah dibanding pasang iklan TV.

Agar website mudah dikenal dan ditemukan oleh audiens, maka harus ditempatkan di halaman awal mesin pencarian. Dengan membuat berbagai konten yang relevan dengan produk.

Sebanyak 90 persen audiens akan membuka website pada halaman pertama dan kedua setelah mengetikkan kata kunci. Jika website mampu berada di halaman awal maka kesempatan mendapat visitor akan lebih banyak.

Itu berarti kesempatan mengubah visitor menjadi pembeli dan customer juga lebih mudah. Kalau sudah begini, kesempatan untuk memenangkan persaingan bisnis akan terbuka lebar.

Social Media Marketing

Tidak seperti website, social media marketing tidak membutuhkan biaya untuk pembuatannya. Anda cukup menyediakan admin dan konten yang relevan setiap hari.

Kenapa? Karena social media selalu identik dengan sapa audiens secara real tim di sana Anda bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli hingga customer loyal.

Melalui social media juga bisa mengetahui apa saja keluhan pelanggan terhadap produk dan layanan Anda.

Strategi yang bisa digunakan adalah dengan membuat konten yang relevan. Misalkan produknya adalah fashion untuk bayi dan balita.

Buatlah konten yang berhubungan dengan dunia parenting, dunia anak, hingga konten untuk ibu-ibu muda lainnya.

Cara ini dilakukan karena target marketing Anda adalah ibu muda. Yang kadang masih haus dengan ilmu parenting instan. Berikan berbagai tips ringan setiap harinya.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya menjangkau pembeli. Tapi juga mempertahankan loyalitas pembeli untuk menjadi pelanggan.

Email Marketing

Dibandingkan dengan website dan social media marketing, email marketing memang jarang digunakan. Tapi bukan berarti tidak digunakan sama sekali.

Ada beberapa konsumen yang hanya bisa dijangkau dengan email marketing. Seperti orang sibuk dan hanya mengandalkan email sebagai media komunikasi. Jika target market Anda seperti ini, maka email adalah solusi yang tepat.

Email marketing memiliki kelebihan dibandingkan dengan platform lainnya. Yaitu memberi kampanye iklan dengan cara privasi. Membuat target market lebih nyaman untuk melihat, mempertimbangkan hingga membuat keputusan.

Lalu, bagaimana strategi pemasaran online marketing terbaik untuk email marketing? Seperti mengenali calon pelanggan, menentukan timing yang tepat untuk mengirim email, dan membuat kampanye yang tepat sesuai target market.

Pastikan konten email marketing yang Anda buat mobile friendly. Karena sebagian besar target market membuka email dengan menggunakan smartphone atau perangkat mobile.

Retargeting

Yang dimaksud dengan retargeting adalah cara paling ampuh untuk mendapatkan kembali calon pembeli. Yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan website Anda.

Gambaran sederhana saja. Misalkan ada audien yang mengunjungi website A dan meng-klik iklan tersebut. Tanpa melakukan tindakan call to action. Setelah itu, dia keluar dan menelusuri website lainnya.

Di sinilah retargeting dilakukan. Ikan yang telah diklik tersebut tetap ada pada website lain yang dikunjungi target. Begitu seterusnya hingga target melakukan call to action. Atau mau melakukan apa yang Anda inginkan.

Strategi retargeting terbaik yang bisa Anda buat adalah dengan terus memperbaiki iklan. Agar target tidak bosan. Tentukan target market yang paling tepat dan lakukan berbagai eksperimen iklan terbaik.

Google Ads

Google Ads adalah cara beriklan di halaman Google, yaitu dengan menempatkan website pada halaman awal dengan cara instan. Atau yang biasa disebut sebagai Search Engine Marketing atau SEM.

Cara ini lebih efektif. Dibandingkan dengan menggunakan Search Engine Optimization atau SEO yang cenderung lebih lambat.

Anda hanya perlu mengeluarkan budget iklan secara berkala. Agar website bisa berada di halaman pertama mesin pencarian.

Meskipun menggunakan iklan berbayar, nyatanya cara ini juga harus tetap menggunakan strategi. Seperti tepat dalam memilih target, tepat dalam setting waktu iklan, jadwalkan iklan sesuai dengan waktu belanja target. Hingga mengantisipasi pesaing yang menghamburkan budged cost Anda.

WhatsApp Marketing

Aplikasi WhatsApp memang identik dengan aplikasi chatting. Namun karena kemudahan yang diberikan dan banyaknya pengguna, akhirnya WhatsApp dimanfaatkan sebagai platform digital marketing.

Apalagi setelah developernya mengeluarkan aplikasi WhatsApp khusus marketing. Dengan berbagai fitur yang mendukung para pebisnis untuk meningkatkan penjualannya. Akhirnya WhatsApp lebih dikenal sebagai aplikasi bisnis.

Meski terkesan mudah, nyata perlu strategi khusus agar marketing lebih mudah dengan menggunakan WhatsApp. Lalu, bagaimana strategi pemasaran online marketing terbaiknya?

Anda harus memisahkan nomor WA pribadi dengan bisnis. Ini untuk mempermudah customer menghubungi. Gunakan fitur balas chat otomatis. Ini akan mempermudah membalas chat customer di luar jam kerja.

Agar customer lebih mudah berinteraksi, juga bisa membuat group khusus customer. Selain bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan, juga bisa memberi informasi. Seperti pemberian diskon khusu untuk hari dan item tertentu.

Viral Marketing

Ini adalah salah satu strategi digital marketing yang lagi hangat diperbincangkan oleh pebisnis online. Karena viral marketing adalah cara agar produk atau layanan terus menerus diperbincangkan hingga menjadi viral.

Sekilas cara ini sangat mudah. Namun tetap saja membutuhkan strategi agar viral lebih lama dan terus membekas di ingatan konsumen.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum membuat konten viral. Yaitu konten yang banyak diminati oleh audiens. Seperti konten humaniora, konten humor dan konten lain sesuai dengan budaya setempat.

Nah, itulah beberapa platform dan bagaimana strategi pemasaran online marketing terbaiknya. Selain 7 platform di atas, masih ada platfrom lain yang bisa digunakan. Namun hanya 7 langkah di ataslah yang paling direkomendasikan oleh digital marketer.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down