Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Konten Reels yang Menarik

Tips Membuat Konten Reels yang Menarik untuk Marketing Bisnis

August 6, 2022
No comments
Share

Seperti platform lainnya, Instagram juga memiliki fitur video pendek berupa Reels. Konten Reels yang menarik sangat bisa membantu marketing bisnis. Video Reels untuk marketing yang kreatif bisa membantu exposure brand bisnis tersebut. Ini tak hanya bisa dilihat followers saja namun pengguna Instagram lainnya.

Manfaat Konten Reels yang Menarik untuk Bisnis

Reels Instagram merupakan fitur video yang didesain pendek. Pengguna instagram bisa mengakses Reels dari Explore atau melalui ikon Reels di halaman muka. Saat scrolling, pengguna bisa mendapatkan pengalaman transisi seamless dari video satu ke yang lainnya.

Konten Reels yang menarik bisa mengundang banyak orang untuk berkomentar dan memberikan like. Ini bisa menjadi salah satu media yang bisa dimanfaatkan untuk marketing bisnis. Nah berikut beberapa manfaat Reels untuk bisnis.

Mempromosikan Produk

Video Reels bisa untuk mempromosikan produk. Buat video promosi yang menarik apakah itu mengenalkan produk baru atau lama. Video promosi langsung bisa dengan mengenalkan keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan. Bisa juga dengan membuat video unboxing atau review dari pelanggan.

Seperti Youtube dan Tiktok, mengunggah video melalui Reels Instagram di akun sendiri mudah dan gratis. Namun tetap perlu membuat konten video marketing yang berkualitas dan menarik sehingga bisa memberi dampak positif.

Memberikan Edukasi

Video Reels bisa menjadi tempat untuk memberikan edukasi pada followers atau pengguna lain. Ini secara tidak langsung bisa mempromosikan akun dan brand. Meskipun bukan promosi langsung namun tetap berguna karena bisa menarik perhatian audiens.

Memudahkan Pengguna Membeli dari Tag Produk

Video Reels di Instagram memiliki fitur untuk menambahkan link produk dari toko Instagram. Jadi pengguna yang melihat video tersebut bisa langsung menuju ke tempat penjualan produk tersebut. Ini bisa mempermudah mereka untuk melihat informasi produk lebih rinci meskipun mungkin tidak langsung membeli.

Reel Ads yang Menjangkau Target Audiens

Bisnis yang ingin paid ad bisa dengan Reel ads. Iklan berbayar melalui Reels bisa terlihat oleh target audiens. Iklan Reels ini bisa muncul saat pengguna Instagram scrolling video reels lainnya.

Tips Membuat Konten Reels yang Menarik

Bisnis yang ingin memanfaatkan konten Reels perlu kreatif. Sebelumnya pemasar harus familiar dengan video-video populer yang muncul di Reels. Pengguna media sosial saat ini senang mengonsumsi konten pendek. Bisnis harus bisa memanfaatkan waktu pendek tersebut secara optimal.

Berikut beberapa tips untuk membuat konten Reels yang menarik untuk bisnis.

Konten yang Autentik

Membuat konten yang autentik bisa memberikan image yang baik untuk bisnis. Orang-orang senang melihat sesuatu yang unik, alami, namun tetap berkualitas. Buat konten Reels yang merefleksikan nilai brand dari bisnis. Konten autentik tersebut juga harus bisa menarik dan tidak membosankan. Meskipun berupa video pendek, beberapa detik pertama kadang menjadi penentuan.

Konten yang Mengikuti Tren

Selain konten autentik, perlu juga untuk mengikuti tren. Bisnis harus memahami apa yang saat itu sedang banyak dibicarakan atau dilakukan oleh orang-orang di dunia maya.

Meskipun konten tersebut mengikuti tren yang telah banyak dilakukan orang lain namun tetap harus memiliki perbedaan. Mengikuti tren tidak harus sama persis, mungkin bisa membuat yang bahkan lebih baik atau lebih kreatif terkait tren tersebut.

Melakukan Kolaborasi

Bekerja sama dengan kreator konten yang berpengalaman bisa menjadi pilihan untuk konten marketing. Di dunia maya saat ini juga ada istilah selebgram dan influencer. Mereka juga bisa menjadi rekan untuk bisa mempromosikan produk lewat Reels. Ini kadang membutuhkan biaya lebih besar, tapi bisa jadi pendorong untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

Membagikan Konten Reels ke Tempat Lain

Konten Reels di Instagram memiliki menu Share. Bisnis bisa memanfaatkan ini untuk menambahkannya ke Stories. Bisa juga membagikannya ke media sosial lain yang dimiliki. Para karyawan atau tim pemasar juga bisa membantu untuk membagikan Reels tersebut ke Stories akun milik mereka.

Konten yang Lucu dan Kreatif

Tips untuk konten Reels yang menarik, yaitu membuat video yang menghibur. Pengguna media sosial seperti Instagram senang melihat sesuatu yang menghibur seperti video lucu.

Konten marketing juga bisa berupa video lucu yang masih berhubungan dengan bidang bisnisnya. Tak semua orang bisa membuat video lucu, jadi ada baiknya memiliki tim kreatif yang handal atau bekerja sama dengan pihak lain yang berpengalaman.

Konten Menyelesaikan Masalah

Video bisa berupa konten yang menyelesaikan masalah melalui produk atau jasa tersebut. Produk dan jasa perlu ditunjukkan bahwa memang dapat menyelesaikan masalah dari target pasarnya. Audiens yang melihat bisa mendapat informasi mengenai produk dan terdorong untuk membeli.

Membuat Caption yang Menarik

Caption yang menarik juga akan membantu untuk berinteraksi dengan audiens. Ini mendorong mereka untuk berkomentar. Misalnya caption yang berupa pertanyaan terkait dengan isi video tersebut.

Caption sebaiknya simpel karena yang pertama terlihat hanya satu baris awal saja. Selain caption yang menarik, perlu juga menambahkan tagar atau hashtag agar bisa lebih mudah terbaca oleh algoritma.

Menambahkan Musik ke Reels

Agar video lebih menarik maka bisa menambahkan musik atau lagu yang saat itu sedang banyak disukai. Tak terbatas dengan lagu dalam negeri, coba cari lagu luar atau soundtrack yang sesuai dengan target audiens. Suara lucu juga bisa menjadi pilihan agar video bisa lebih menarik.

Mengedit Konten yang Telah Ada Menjadi Video

Jika memiliki konten yang sebelum populer tapi bukan berupa video maka bisa mengubahnya. Konten berupa foto, artikel, atau infografis bisa dibuat menjadi video. Ini bisa menggunakan isi yang sama dengan tambahan visual video sehingga bisa lebih menarik. Membuat video Reels bisa langsung lewat aplikasi Instagram atau dengan aplikasi editor video lainnya.

Memberi Informasi di Akhir Video

Awal video menjadi penentu agar audiens bisa bertahan menonton. Setelah audiens menonton sampai akhir maka perlu juga menambahkan informasi tertentu, seperti promosi produk. Beritahu audiens apa yang perlu dilakukan setelah menonton video tersebut. Ini tidak perlu berupa promosi langsung namun bisa secara halus memperkenalkan produk tertentu.

Video yang Simpel

Pengguna media sosial senang dengan video pendek karena simpel. Video Reels sendiri bisa durasinya mulai 15 detik sampai 90 detik. Sebaiknya tidak terlalu lama karena bisa membuat audiens menjadi bosan.

Jadi jangan memberikan terlalu banyak informasi yang rumit atau terlalu banyak. Buat video menjadi simpel sehingga bisa dipahami dengan mudah dalam waktu singkat.

Bisnis yang ingin membuat video Reels bisa merencanakan lebih dulu konten yang menarik. Instagram dengan berbagai fiturnya bisa menjadi channel untuk menyebarkan konten marketing.

Konten Reels yang menarik dan tepat sasaran bisa membantu kesuksesan bisnis. Tak ada salahnya berinvestasi pada konten marketing yang berkualitas. Selain mengerjakan sendiri, bisa juga bekerja sama dengan profesional yang handal dalam digital marketing.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down