Pentingnya testimoni pelanggan bagi bisnis sudah tidak diragukan lagi. Pernyataan yang jujur dari pelanggan ini akan membuat calon pembeli akan memutuskan untuk membeli atau menggunakan layanan atau tidak.
Testimoni positif mampu meyakinkan audiens untuk mencoba produk dengan langsung menekan tombol call to action. Dan testimoni ini pula yang memiliki performa lebih baik dan meyakinkan daripada iklan dengan harga berapapun.
Anda mungkin sering melihat testimoni pada beberapa toko online atau marketplace. Tapi tahukah Anda? Bahwa ternyata jenis testimoni tidak hanya satu. Pada artikel ini akan dibahas terkait jenis-jenis testimoni apa saja yang sering digunakan untuk mendongkrak penjualan.
Baca Juga: Pahami Ini untuk Kesuksesan Bisnis, Mengapa Lead Generation Penting?
Jenis-jenis Testimoni
Secara umum, ada beberapa testimoni yang sering Anda temukan, antara lain:
Kutipan Testimoni
Ini adalah testimoni yang paling banyak digunakan oleh marketer online. Karena selain mudah, juga sangat efektif untuk menarik perhatian dari audiens. Penjual hanya perlu mencantumkan testimoni dari pelanggan pada toko online yang dimilikinya. Seperti sosial media atau website marketing yang mereka miliki.
Caranya mudah. Cukup screenshot ulasan yang ada pada chat WA, telegram, messenger, atau media chatting dengan pelanggan lainnya. Lalu upload pada website atau sosial media marketing.
Meski terkesan sangat sederhana, namun pernyataan jujur dari pelanggan ini mampu meyakinkan audiens. Bahwa produk Anda memang layak untuk direkomendasikan.
Testimoni Rekan Kerja
Seperti namanya, yang dinamakan dengan testimoni rekan kerja adalah testimoni yang diungkapkan langsung oleh partner bisnis atau mitra. Biasanya ini digunakan untuk perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan mitra.
Misalkan saja testimoni seller untuk marketplace tempatnya jualan. Seller tersebut mengatakan bahwa marketplace yang bersangkutan memiliki sistem kerja yang baik, dan penanganan keluhan yang cepat.
Selain itu, sistem pembayaran yang mudah dan banyak pilihan, serta kemudahan lain yang mendukung perkembangan bisnis banyak seller. Sehingga merekomendasikan untuk memilih marketplace tersebut dibandingkan dengan e-commerce lainnya.
Atau testimoni dari seorang tukang ojek. Yang merasa nyaman bergabung dengan mitra sebuah perusahaan ojek online. Tidak hanya mengangkat perekonomian kaum bawah. Tapi juga memberikan tempat atau wadah untuk berkembang dan menjadi lebih baik lagi.
Dengan testimoni ini, berharap ada banyak lagi mitra yang mau bergabung dengan ojek online tersebut. Atau contoh lain dari perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan Anda.
Testimoni Sosial Media
Pentingnya testimoni pelanggan sudah tidak diragukan lagi. Termasuk jenis testimoni sosial media. Testimoni sosial media adalah testimoni yang diberikan pelanggan pada sosial media marketing Anda. Meski terkesan sederhana, testimoni ini ternyata mampu memberikan keyakinan pada audiens terkait produk yang Anda jual.
Bila followers Anda di sosial media banyak, testimoni di sosial media lebih efektif dibandingkan dengan mencantumkannya di website marketing. Karena audiens lebih sering membuka sosial media dibandingkan dengan membuka website marketing Anda.
Untuk bisa mendapatkan testimoni ini, cobalah untuk selalu aktif di sosial media. Sapa followers Anda. Tanyakan apa yang mereka rasakan setelah menggunakan produk yang dibeli dari toko online Anda.
Lalu beri apresiasi atas apa yang telah mereka lakukan. Sesekali boleh memberikan give away atau hadiah untuk menarik pelanggan untuk memberikan testimoni mereka.
Bisa juga dengan dengan beberapa pertanyaan kecil pada postingan yang memancing audiens memberikan pernyataan jujur terkait produk atau layanan yang telah mereka gunakan.
Video Testimoni
Seperti namanya, yang dinamakan dengan video testimoni adalah pernyataan jujur pelanggan yang diberikan menggunakan video singkat. Diupload di media sosial atau website marketing. Dibandingkan dengan testimoni dalam bentuk teks, testimoni video lebih terpercaya.
Buatlah video berdurasi singkat. Jangan terlalu panjang. Dan tepat pada sasaran. Anda bisa menempatkan testimoni pada website atau sosial media paling depan. Tujuannya agar bisa dilihat oleh pelanggan pertama kali saat mereka berkunjung di laman website atau sosial media marketing Anda.
Testimoni Wawancara
Pentingnya testimoni pelanggan tidak hanya dirasakan oleh internet marketer saja. Tapi juga mereka yang tidak menggunakan internet sebagai cara marketing produknya. Salah satunya adalah dengan testimoni wawancara. Cara ini dilakukan baik untuk kebutuhan pemasaran secara daring maupun luring.
Caranya adalah dengan mewawancarai pelanggan yang loyal. Minta sedikit waktu mereka untuk sesi wawancara. Lalu lakukan wawancara dengan kesan seperti reality show agar terlihat lebih santai.
Kenapa harus pelanggan loyal? Agar bisa mendapatkan testimoni yang positif. Karena pelanggan yang hanya membeli sekali dua kali saja tidak akan mau memberikan testimoninya. Sekalipun mau, justru akan memberikan testimoni yang negatif.
Selain digunakan sebagai cara untuk mendapatkan testimoni, ternyata melakukan wawancara terhadap pelanggan juga bisa mempererat hubungan antara Anda dengan pelanggan. Jadi, kalau memungkinkan untuk melakukan sesi wawancara secara langsung, hindari melakukan wawancara secara daring.
Testimoni Influencer
Dibandingkan dengan testimoni yang lain, testimoni ini membutuhkan modal yang lebih Banyak. Karena Anda memerlukan bantuan influencer seperti Selebgram, seleb TikTok, YouTuber, atau siapapun tokoh yang mau mempromosikan produk Anda.
Semakin banyak followers, maka semakin mahal harga yang harus Anda bayarkan. Namun itu sebanding dengan jumlah konversi yang akan Anda dapatkan.
Biasanya influencer akan memberi daftar harga. Harga tergantung dari jumlah foto atau video, di media mana akan diposting, dan lain sebagainya. Setiap influencer memiliki harga yang berbeda-beda. Pastikan memilih influencer yang mengajukan harga sesuai dengan kemampuan Anda.
Lalu Anda memilih harga yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Setelah harga disepakati, Anda harus mengirimkan produk pada mereka untuk dicoba terlebih dahulu.
Tidak hanya contoh produk saja. Anda juga harus mengirimkan beberapa daftar poin unggulan produk. Agar mereka menyebutnya dalam paparan copywritingnya.
Cara Menanggapi Testimoni Negatif
Semua pebisnis pasti setuju dengan pentingnya testimoni pelanggan. Tapi bagaimana jika testimoni yang datang adalah testimoni negatif dan terlanjur dibaca oleh pelanggan lain? Tak perlu khawatir Anda bisa melakukan beberapa cara ini.
Baca Juga: Apa Saja Tujuan Beriklan Menggunakan Google Ads?
Jangan Menghapus
Senegatif apapun testimoninya, cobalah jangan menghapus. Biarkan dia dibaca oleh orang lain. Toh itu memang pernyataan jujur dari pelanggan. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan pembenahan pada kualitas produk atau layanan.
Sebaik layanan atau produk, pasti ada juga yang memberikan testimoni negatif. Kadang bukan produknya yang kelak. Tapi karena selera setiap orang berbeda-beda. Jadi bersabarlah.
Beri Jawaban Sopan
Tidak dihapus bukan berarti dibiarkan begitu saja. Anda harus tetap menjawab dengan sopan dan santun. Setinggi apapun nada kemarahan pelanggan, coba menjawabnya dengan hati dan kepala dingin.
Contoh jawaban sopan pada testimoni negatif untuk produk fashion yang tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan
"Terima kasih telah membeli di toko kami. Semua barang yang kami kirim sudah sesuai dengan uraian dan deskripsi produk yang telah kami sebelumnya. Atau misalkan ada yang masih belum sesuai, mohon dikirimkan video unboxing agar kami bisa mereview kembali."
Bagaimana? Setelah mengetahui pentingnya testimoni pelanggan dan jenis-jenisnya, Anda akan memilih yang mana? Apapun pilihannya, pastikan sesuai dengan kebutuhan toko online.