Apa Itu Virtual Private Network? Mengenal VPN dan Manfaatnya.
Penggunaan VPN dan Manfaatnya

Penggunaan VPN dan Manfaatnya

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Kebutuhan internet dewasa ini hampir bisa dikatakan seperti kebutuhan primer. Bukan hanya jaringan internet yang lancar, tetapi juga jaringan internet yang aman. Virtual Private Network (VPN) adalah upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan dalam menggunakan internet. Bagaimana caranya? Yuk, kita kenali lebih rinci pengertian VPN dan manfaatnya.

Apa Pengertian VPN?

Awalnya VPN digunakan oleh perusahaan untuk menjamin kerahasiaan data dan akses yang aman bagi setiap orang yang bekerja pada kantor tersebut. Kini, perorangan pun sudah banyak yang menggunakan VPN dalam berselancar di dunia maya. Dilihat dari susunan per-kata bisa diartikan:

  • Virtual artinya maya
  • Private artinya pribadi atau terbatas
  • Network artinya jaringan yang berhubungan

Virtual Private Network (VPN) adalah teknologi yang membuat penggunaan akses internet menjadi privat yang terhubung melalui server VPN walaupun menggunakan jaringan internet publik.

Masih bingung dengan VPN? Kita simak bagaimana cara kerjanya agar lebih jelas.
VPN dan manfaatnya

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Cara kerja VPN ini adalah melakukan enkripsi pada pertukaran data saat menggunakan internet. Jalur akses internet tanpa VPN biasanya terjadi pertukaran data secara langsung tanpa filter. Misalnya saat membuka sebuah situs, penyedia jaringan internet (Internet Service Provider) yang Anda pakai akan melakukan pertukaran data dengan situs yang  diakses. Pada saat itulah biasanya data tidak terlindungi sehingga dapat menyebabkan pencurian data atau pengiriman virus.

VPN membuat pelindung dalam jaringan seperti tabung yang menyelubungi dan mengenskripsi data sehingga tidak mudah terbaca. Cara kerja VPN untuk memproses autentikasi karena menggunakan protokol jaringan, seperti PPTP, IPSec, L2TP, dan SOCKS. Hal ini membuat pengguna VPN terhindar dari hacker, pengintaian, atau hal lain yang menginginkan data pengguna.

Ketahui Fungsi Utama VPN

Virtual Private Network (VPN) memiliki fungsi utama bagi pengguna sebagai berikut:

a. Kerahasiaan (Confidentially)

Pengguna yang memasang VPN akan mendapatkan nilai lebih dengan penjagaan ketat informasi pengguna. Termasuk data penting perusahaan yang bersifat rahasia seperti dokumen keuangan, hukum, dan isu sensitif lainnya. Dengan proses enkripsi, proses transfer data menjadi lebih aman.

b. Keutuhan Data (Data Integrity)

Proses pengiriman data melalui jaringan internet umum akan berisiko pada hilangnya sebagian informasi atau manipulasi data. Untuk itu VPN menjamin keutuhan data yang diterima oleh pengguna meskipun menggunakan public network seperti Wifi atau hotspot.

c. Autentikasi Sumber (Origin Authentication)

Kelebihan VPN lainnya adalah dapat memastikan sumber yang akan mentransmisikan data dan meyetujui penerimaan jika sumber yang dibaca adalah sumber yang kredibel, bukan malware. Sumber dengan konten virus untuk disisipkan atau hal yang berbahaya bisa dihalau dengan sistem autentikasi sumber.

Manfaat Lain Penggunaan VPN

a. Privasi

VPN dapat menyembunyikan kegiatan pencarian, alamat IP, dan lokasi yang Anda gunakan saat menggunakan internet. ISP tidak bisa melihat IP langsung, yang akan muncul adalah IP server VPN, bukan IP yang sebenarnya. VPN dan manfaatnya menjadikan privasi Anda semakin terlindungi.

b. Remote Access

Misalkan Anda sedang berada di rumah atau tempat lain, Anda tetap bisa mengakses komputer atau jaringan kantor perusahaan. Mengatur kerja jarak jauh dan lebih efisien jika ada sesuatu hal terjadi. VPN meningkatkan mobilitas kerja perusahaan.

c. Biaya Hemat

Dengan manfaat yang lebih banyak didapatkan dan tanpa harus memasang jaringan baru, instalasi VPN dinilai lebih murah biayanya.

d. ByPass

Memotong jalur yang diblok oleh pemerintah adalah manfaat VPN. Anda dapat mengakses website yang dilarang berdasarkan zona geografis karena IP yang terlacak menggunakan IP server yang berlokasi di negara berbeda.

Nah, itulah pembahasan yang detail tentang VPN dan manfaatnya. Tentunya aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan juga. Salah satunya adalah ada keterbatasan penggunaan, terkadang koneksi lambat dan tidak stabil, juga konfigurasi manual cukup sulit.

Satu yang tidak dapat dimungkiri dari Virtual Private Network ini adalah keamanan yang lebih terjamin. VPN adalah pilihan tepat bagi bisnis mobile yang memiliki jaringan khusus. Anda tertarik? SAB Digital Agency menyediakan jasa instalasi PVN yang bisa membantu mewujudkan keinginan Anda atau perusahaan untuk bebas berekspresi dan melindungi data penting.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?