Membuat website

Membuat website

Kemunculan internet sebagai media untuk membantu dalam menyebarkan informasi dalam jangkauan yang sangat luas ternyata memberikan dampak positif pada kehidupan manusia. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan website yang kemudian dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk berbagai keperluan.

Saat ini, perkembangan website pun juga mengalami peningkatan yang sangat drastis. Banyak pula masyarakat yang mampu menghasilkan uang dengan hanya memanfaatkan website ataupun menjadi seorang desainer pada sebuah website. Bahkan, dengan memanfaatkan website, seseorang juga bisa menjadi miliarder asalkan mampu mengelola website tersebut dengan baik.

Hingga kini setidaknya tercatat pengguna website di seluruh dunia mencapai 1 miliar dengan setiap harinya setidaknya ada ribuan website baru yang bermunculan. Beberapa website sengaja digunakan untuk membangun toko online yang di era modern ini banyak digandrungi oleh para anak muda ataupun ibu rumah tangga. Umumnya mereka menggunakannya untuk menjalankan bisnis sampingan dengan omzet yang menggiurkan melalui website.

Semakin banyaknya jumlah pengguna website setiap harinya menjadikan banyak persaingan antara satu website dengan lainnya. Apalagi website yang berbasis toko online, pastinya yang demikian ini akan membuat pemiliknya harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan pelanggan yang menjadi rebutan antara satu website dengan website lainnya. Dengan menjadi pribadi yang up to date sekaligus mampu menyajikan konten yang berkualitas, maka persaingan website pun tidak seberapa beratnya.

Apa Itu Website?

Menurut beberapa pendapat seperti yang diutarakan oleh Sibero, website merupakan sebuah sistem yang saling berkaitan dan digunakan untuk memposting multimedia, gambar ataupun teks yang terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, menurut Yuhefizar website adalah keseluruhan halaman yang memiliki informasi dan terdapat pada sebuah domain. Kemudian menurut Hakim Lukmanul, website adalah fasilitas yang diberikan internet untuk menghubungkan suatu dokumen dalam lingkup jarak jauh ataupun lokal.
Dari pengertian di atas, maka dikatakan bahwa website merupakan salah satu halaman yang termuat dalam internet. Website akan memberikan berbagai informasi baik itu dalam bentuk gambar, tulisan, video ataupun sebagainya yang nantinya akan dimasukkan dalam server sehingga orang lain pun akan bisa mengaksesnya dengan memanfaatkan jaringan internet sehingga bisa dijangkau tanpa mengenal jarak. Untuk membuat website tersebut bisa diakses, ditentukan oleh dua hal yang mencangkup hosting dan domain.

Apa Saja Unsur dalam Website?

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa ada dua komponen penting dalam sebuah website yang menentukan mampu tidaknya website tersebut diakses oleh orang lain. Berikut ini beberapa unsur penting yang perlu dipahami tentang sebuah website:

  1. Domain

    Salah satu unsur yang terdapat dalam website dikenal dengan istilah domain yang merupakan nama dari website tersebut untuk kemudian bisa diakses melalui jaringan internet. Beberapa domain yang saat ini sudah sangat populer adalah Google.com, Facebook.com dan masih banyak lagi domain yang ada. Keberadaan domain juga akan membuat seseorang lebih mudah untuk mengingat server yang pernah dikunjungi sebelumnya, dibandingkan harus mengingat IP address masing-masing website yang pastinya sangat sulit untuk dilakukan.

  2. Web hosting

    Web hosting bisa dikatakan sebagai tempat untuk menyimpan teks, video, suara, gambar, dan masih banyak lagi dari website yang bersangkutan. Pada dasarnya, para pengguna website akan memanfaatkan jasa internet yang nantinya akan memberikan layanan kesediaan server untuk menempatkan informasi yang ada di internet seperti HTTP, EMAIL, DNS, ataupun FTP. Beberapa perusahaan web hosting yang cukup terkenal diantaranya adalah rumahweb.com, hostinger.com dan masih banyak lagi.

  3. Konten website

    Hal penting yang memang harus ada di sebuah website adalah konten website. Merupakan bagian dari komponen website yang nantinya akan ditawarkan kepada para pengunjung website tersebut. Pada dasarnya, konten website dibuat oleh para pemilik website yang bisa saja berupa gambar, video ataupun tulisan. Beberapa website yang kontennya dibuat oleh pemiliknya sendiri adalah media sosial dan juga situs forum.
    Lalu bagaimana dengan jenis website yang akan dibuat? Selain unsur, jenis website ternyata juga berbeda-beda yang nantinya disesuaikan dengan kebutuhan pemilik. Di bawah ini ulasannya.

Apa Saja Jenis-jenis Website Itu?

Banyaknya website yang bermunculan saat ini, ternyata website tersebut bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis. Tentunya, kategori tersebut didasarkan oleh adanya konten yang termuat di dalamnya dan berikut ini beberapa jenis website yang perlu diketahui.

  1. Website statis

    Salah satu jenis website yang banyak ditemukan di internet adalah website statis yang tidak akan berubah dalam kurun waktu tertentu. Dalam hal ini, perubahan akan bisa dilakukan oleh pihak yang berwenang dengan mengubah kode struktur websitenya. Website ini setidaknya memiliki 5 tampilan yang nantinya akan menjelaskan website tersebut. Untuk jenis website ini juga tidak menyediakan adanya interaksi dengan para pengunjungnya. Contoh website statis adalah website perusahaan ataupun search engine.

  2. Website dinamis

    Selain website statis, ada juga website dinamis yang akan menyajikan berbagai konten yang berubah sesuai dengan berjalannya waktu. Perubahan isi dari konten tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan pemiliknya dengan mengubah tampilan hingga fitur di dalamnya. Sebuah website dinamis akan dirancang untuk bisa memberikan komunikasi dua arah yang tidak langsung dengan pengunjungnya. Beberapa jenis website dinamis ini diantaranya adalah blog, situs berita, website portal, dan masih banyak lagi.

  3. Website interaktif

    Untuk jenis website ini, pemilik website bisa melakukan interaksi dengan para pengunjung website dengan terhubung pada jaringan internet. Pengguna website ini pada umumnya adalah pelaku internet yang sangat aktif. Beberapa jenis website interaktif ini adalah situs media sosial, blog, dan juga situs forum online.

Pemilihan jenis website tentu tergantung dengan keinginan dan kebutuhan seseorang. Untuk itu agar lebih jelas, ada baiknya Anda menyimak beberapa manfaatnya berikut ini.

Manfaat Apa Saja yang Didapatkan dari Website?

Secara umum, website digunakan untuk menyebarkan informasi dari satu orang dengan orang lain tanpa harus mengenal jarak orang yang bersangkutan. Menariknya, pertukaran informasi tersebut bisa terjadi dalam jangkauan lokal ataupun internasional. Namun demikian, terlepas dari itu semua, ada beberapa manfaat website yang bisa didapatkan seperti berikut ini.

  1. Membantu dalam meningkatkan kegiatan promosi produk di kalangan pelaku usaha sehingga produk yang terjual pun semakin banyak.
  2. Menjadi sarana untuk membangun komunikasi di kalangan masyarakat dunia yang pastinya tidak mengenal wilayahnya.
  3. Sebagai sarana untuk mendapatkan hiburan yang sangat murah.
  4. Sebagai media penyampaian informasi yang lebih cepat dan mudah.
  5. Media untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait berbagai hal yang dianggap bermanfaat.

Manfaat di atas tentu bisa Anda dapatkan jika sudah memiliki website sendiri. Untuk itu simak bagaimana cara membuat website di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Website?

Mengingat manfaat yang sangat besar akan hadirnya website tersebut dalam kehidupan manusia, kini banyak sekali orang yang mendatangi jasa pembuatan website demi mendapatkan layanan untuk mendesain website sesuai dengan kebutuhannya. Namun demikian, banyak pula orang yang kemudian mencoba untuk membuat website untuk keperluannya sendiri. Berikut ini beberapa tahapan yang dilakukan dalam membuat website.

  1. Melakukan instalasi IDE atau Text Editor

    Ketika membuat suatu website, maka yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah memastikan adanya instalasi atas IDE ataupun text editor yang nantinya akan digunakan sebagai media dalam mengedit text. Peranan IDE (Integrated Development Environment) yang nantinya akan digunakan untuk mengembangkan suatu perangkat lunak.

  2. Menentukan web yang akan dibuat

    Hal lain yang perlu dilakukan dalam membuat website adalah menentukan jenis website yang akan dibuat, apakah itu website statis, website interaktif, ataupun website dinamis. Pemilihan jenis website tersebut didasarkan atas kepentingan masing-masing individu. Dengan demikian, Anda akan bisa mendapatkan tujuan dari pembuatan website.

  3. Menentukan tujuan dari pembuatan website

    Pastikan Anda juga menentukan tujuan dari pembuatan website tersebut. Dengan kata lain, sangat disarankan untuk menjadikan website tersebut sebagai lapak untuk bisa berinteraksi ataupun hanya sekedar penyampaian informasi tanpa adanya feedback di dalamnya.

  4. Membuat suatu halaman HTML

    Selanjutnya, dalam membuat website yang perlu diperhatikan adalah dengan membuat halaman HTML yang nantinya akan membantu dalam menampilkan website tersebut dalam bentuk halaman web. Dalam pembuatnnya, akan melibatkan berbagai tag tertentu dan juga kode-kode untuk nantinya bisa ditafsirkan oleh browser.

  5. Membuat konten

    Hal lain yang dilakukan dalam membuat website adalah dengan mengisi website menggunakan berbagai konten yang menarik sehingga akan menyebabkan banyak orang yang mengunjungi website tersebut. Dengan demikian, traffic website tersebut akan semakin tinggi dengan sering kalinya website tersebut diakses oleh para pengunjung.

  6. Membuat suatu navigasi bar

    Peranan navigasi bar sangatlah penting dalam sebuah website. Pasalnya, dengan keberadaan navigasi bar ini, maka pengunjung akan bisa melakukan pencarian atas suatu hal dengan sangat mudah. Selain itu, dengan keberadaan navigasi bar, maka semua kegiatan dalam website tersebut akan semakin mudah. Bahkan, pemilik website tersebut bisa log in ataupun log out dengan bebas.

  7. Membuat suatu logo website

    Perihal lain yang perlu diketahui dalam membuat website adalah dengan menentukan logo website yang nantinya akan dilakukan dengan memotong gambar pendukung dari sebuah website. Sebagai contoh, pemilik website bisa melakukan pemotongan pada bagian logo, garis berwarna hingga shadow.

  8. Membuat desain memanfaatkan CSS

    CSS (Cascading Style Sheet) merupakan sebuah instruksi yang harus dilakukan untuk memposisikan sebuah tulisan bisa tampil dalam halaman website sesuai dengan keinginan pemiliknya. Sebagai contoh, pemilik website bisa bermain dengan size, warna, spacing, background, ukuran font dan lain sebagainya.

  9. Menambahkan fungsi Javascript

    Dikatakan bahwa Javascript adalah bahasa pemrograman yang nantinya akan bermanfaat bagi para pengguna website untuk menentukan jam halaman akan diupdate yang nantinya akan ditampilkan sendiri para layar komputer. Dalam pengaplikasiannya, Javascript ini nantinya akan diselipkan pada HTML dan akan berjalan di sisi client.

  10. Mengupload website di internet

    Langkah terakhir dalam pembuatan website adalah dengan menguploadnya di internet. Namun, sebelum mengupload, pastikan untuk memilih domain yang telah tersedia, apakah itu .com, .co.id ataupun lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan peranan web hosting yang nantinya akan menjadi tempat penyimpanan suatu website.

Sebuah website ternyata bisa diperjualbelikan kepada pihak yang membutuhkan. Dengan kata lain, website yang layak diperjualbelikan ini pastinya memiliki nilai plus tersendiri. Termasuk tingginya traffic, sehingga akan mempermudah dalam memanfaatkannya. Sebagai contohnya, jika website tersebut memiliki pengunjung setiap harinya yang sangat tinggi, maka pemanfaatan sebagai toko online akan sangat tepat untuk dilakukan. Tidak mengherankan jika kini jual beli website atau akun media sosial sangatlah marak di kalangan masyarakat.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email