Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Call us: 
0822-1333-6988
Ide Digital Campaign

6 Ide Digital Campaign Ini Bisa Anda Tiru untuk Membantu Bisnis Melesat

July 22, 2022
No comments
Share

Bicara masalah ide digital campaign tidak akan lepas dari strategi digital marketing. Secara sekilas keduanya nampak sama. Tapi jika dilihat lebih lanjut, keduanya sebenarnya berbeda.

Secara sederhana, yang dinamakan dengan strategi digital adalah serangkaian cara yang digunakan untuk mewujudkan untuk mencapai tujuan marketing. Sedangkan kampanye digital adalah bagian dari strategi digital yang dilakukan.

Seperti halnya kampanye lainnya, segala tindakan yang dilakukan harus mampu menarik perhatian target market. Maka dari itu, diperlukan berbagai ide kreatif.

Agar kampanye yang dilakukan tidak hanya bisa diterima target market. Tapi juga bisa menggerakkan untuk melakukan apa yang Anda inginkan.

6 Ide Digital Campaign yang Bisa Ditiru

Kampanye yang baik adalah yang lebih menonjol dibandingkan dengan pesaing. Berikut beberapa ide digital campaign yang bisa coba dilakukan.

Menentukan Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan. Apa yang ingin lakukan dalam melaksanakan kampanye ini. Apakah meningkatkan penjualan, menginginkan banyak orang melakukan apa yang komunitas lakukan, atau hal lainnya.

Mengapa harus tahu tujuan utama? Karena tanpa ada tujuan, kampanye tidak akan pernah bisa dilakukan. Dengan tujuan pula bisa menentukan langkah demi langkah apa yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan.

Anda bisa menggunakan konsep SMART untuk menyusun tujuan. SMART adalah singkatan dari spesifik, measurable, achievable, dan realistic. Yang artinya, tujuan harus spesifik dan mudah diukur.

Selain itu, tujuan juga bisa diterima oleh pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Serta realistis untuk diraih. Jangan membuat tujuan yang terlalu besar. Sehingga membuat pihak yang terkait merasa tidak mampu untuk mendapatkannya.

Menampilkan Deskripsi Produk yang Lengkap

Tidak hanya gambar saja. Anda juga harus menampilkan deskripsi produk secara lengkap. Ini akan mempengaruhi keputusan audiens untuk membelinya atau tidak. Semakin lengkap deskripsi maka semakin cepat mereka membuat keputusan.

Misalkan Anda menjual produk herbal. Tampilkan berbagai informasi yang lengkap terkait produk. Seperti bahan utama dan tambahan, tanggal kadaluwarsa, berat bersih dan berat kotor, izin BPOM dan sertifikasi MUI, nama produsennya, dan informasi penting lainnya.

Atau misal Anda menjual gamis murah. Selain harga dan foto produk, tampilkan juga informasi terkait bahan atau kain yang digunakan, warna, ukuran yang tersedianya, lebar dada, panjang gamis, hingga berbagai aksesoris yang ada.

Begitu pula dengan fotonya. Gunakan resolusi yang tinggi. Foto dari berbagai sudut pandang. Terutama jika ada detail yang harus ditonjolkan. Selain untuk mempercepat pengambilan keputusan, gambar yang detail juga lebih menarik perhatian target market.

Memilih Platform yang Sesuai

Pemilihan platform yang sesuai akan sangat menentukan keberhasilan kampanye iklan digital. Syaratnya adalah harus mengetahui terlebih dahulu di mana target market banyak berkumpul di ruang digital.

Contoh sederhana. Misalkan akan mengadakan kampanye iklan tentang kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Atau mendaur ulang sampah menjadi ecobrick.

Target market adalah remaja hingga usia dewasa. Antara usia 13 hingga 40 tahun. Platform yang paling tepat adalah website karena dengan menggunakan website, ada banyak konten yang bisa ditulis untuk edukasi.

Buatlah konten berupa tulisan, gambar, video ataupun infografis. Yang isinya adalah apa fungsi ecobrick dari sampah, bagaimana cara pembuatannya, apa kelebihannya, bisa bertahan hingga berapa lama dan sebagainya.

Agar website mudah ditemukan, Anda bisa menggunakan social media untuk meningkatkan traffic secara organik. Selain dari pencarian di search engine, pemilihan social media juga harus tepat. Sesuaikan dengan target market.

Gunakan Instagram, Facebook, TikTok, dan Twitter. Akun social media ini bisa digunakan untuk sharing berbagai konten dari website.

Ada 2 keuntungan yang bisa didapatkan dari social media ini. Bisa berkomunikasi langsung dengan audiens, sekaligus mendapatkan traffic ketika ada yang membuka link situs.

Ide digital campaign lainnya agar bisa menarik perhatian audiens adalah memberikan reward bagi yang telah mencoba membuat ecobrick dari bahan sampah. Seperti voucher belanja, e-book, atau hal menarik lainnya.

Menggunakan Hastag Tertentu

Hastag adalah cara untuk menemukan pencarian secara mudah. Awalnya hastag hanya digunakan pada Instagram dan Twitter. Namun sekarang juga digunakan untuk social media lainnya, salah satunya ada Facebook.

Anda bisa menyisipkan beberapa hastag untuk meningkatkan awareness kampanye.

Semakin banyak hastag, semakin mudah audiens menyadari akan keberadaan kampanye tersebut. Karena hanya dengan menekan hastag, maka semua konten yang berhubungan dengan hastag akan muncul semua.

Penggunaan hastag juga akan memperluas user generate content dan engagement dalam proses kampanye digital. Dimana audins bisa menemukan konten meski tidak menjadi followers akun social media Anda.

Menggunakan Konten Live Streaming

Ada satu fakta menarik dari talkpoint.com. Pada tahun 2021, pasar live streaming mampu meraih pendapatan hingga 70 milyar dolar.

Tentu ini adalah angka yang sangat fantastis. Maka tak heran jika banyak social media berlomba-lomba memberikan fasilitas live streaming. Seperti Instagram, Facebook, hingga TikTok dan YouTube.

Anda bisa memanfaatkan live streaming ini sebagai salah satu ide digital campaign. Seperti memberikan edukasi dari ahli, menawarkan produk baru lengkap dengan fitur-fiturnya, memberikan diskon khusus, giveaway, dan hal menarik lainnya.

Selain itu, melalui live streaming pula bisa menyapa audiens dan Pelanggan secara langsung. Menjalin kedekatan agar mereka mau menjadi pelanggan tetap di toko Anda. Atau mau melakukan apapun sesuai dengan isi kampanye.

Pada sesi ini pula Anda bisa mendatangkan seorang ahli. Untuk memberikan edukasi dan kampanye secara terbuka. Tentang

Tetap Fleksibel

Yang dimaksud tetap fleksibel adalah menyesuaikan kampanye dengan keadaan yang ada. Misalkan telah menyusun rencana live streaming di social media pada jam dan waktu tertentu.

Tapi ternyata kompetitor juga melakukan hal yang sama dengan tawaran yang lebih menarik. Sudah bisa dipastikan audiens akan lebih tertarik untuk melihat siaran langsung yang ditawarkan oleh kompetitor.

Jika keadaannya seperti ini, cobalah lebih fleksibel. Cari ide digital campaign lainnya. Seperti menunda live streaming atau menggantinya dengan acara yang baru. Cara ini mungkin jauh lebih efektif dibandingkan dengan memaksa tetap melakukan live streaming.

Anda juga bisa bertanya langsung pada audiens. Acara seperti apa yang mereka inginkan. Atau bonus dalam bentuk seperti apa yang lebih mereka sukai. Apakah pemberian diskon, pemberian giveaway, buy 1 get 1 free, atau hal menarik lainnya.

Dengan memberi kesempatan audiens memilih sendiri, Anda akan lebih mudah mempertahankan mereka untuk menjadi pelanggan tetap dan konsumen loyal pada produk Anda.

Dan jangan lupa pastikan untuk terus menjalin hubungan yang baik dengan audiens. Terlepas apakah sudah jadi pelanggan atau belum. Karena itu bisa meningkatkan brand awareness pada produk yang Anda miliki.

Itulah berbagai ide digital campaign yang bisa Anda lakukan. Meski mungkin tidak bisa melakukan semuanya, paling tidak ada satu atau dua poin yang bisa dipilih untuk mencapai tujuan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down