Top 10 Payment Gateway di Indonesia (Update Terbaru 2020)
Top 10 Payment Gateway di Indonesia

Top 10 Payment Gateway di Indonesia (Update Terbaru 2020)

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Era digitalisasi semakin merambah dalam dunia bisnis. Jual beli online (e-commerce) kini seakan sudah menjadi gaya hidup. Anda tak perlu bersusah payah lagi datang ke toko untuk membeli barang. Semuanya sudah tersedia dalam layar ponsel dengan koneksi internet. Transaksi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Kemudahan dan jaminan kepercayaan sistem pembayaran online menjadi hal yang dicari oleh konsumen. Inilah yang akhirnya memunculkan aplikasi payment gateway Indonesia untuk membantu pengusaha dan pembeli online.

Bank Indonesia menginisiasi sistem jaringan antarbank yang dinamakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan diluncurkan pada tahun 2017. Sistem ini bertujuan melokalisasi transaksi online yang sebelumnya dipegang oleh Visa dan Mastercard.

payment gateway Indonesia

Apa itu Payment Gateway?

Payment gateway adalah gerbang perantara transaksi jual beli online melalui aplikasi yang dapat melakukan otorisasi proses pembayaran menggunakan kartu kredit, transfer antar bank, atau pembayaran langsung.

Payment gateway membuat sistem enskripsi kode khusus untuk menjamin keamanan transaksi e-commerce. Standar keamanan yang biasanya dimiliki oleh sistem ini adalah Address Verification System (AVS) yang akan menyesuaikan data alamat pemilik kartu, Card security code (CV2) yang meminta kode tiga nomor terakhir kartu kredit/debit Anda, dan 3D secure password untuk memastikan setiap transaksi dengan kode unik.

Melalui aplikasi ini, Anda sebagai pembeli atau pun penjual akan dimudahkan dengan fitur yang disediakan. Berbagai transaksi dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Tak heran jika payment gateway di Indonesia semakin populer.

Apa saja Payment Gateway yang Ada di Indonesia?

Untuk mendukung perkembangan e-commerce di Indonesia, saat ini tersedia banyak pilihan payment gateway untuk para pelaku transaksi online. Berikut 10 payment gateway Indonesia terbaik yang bisa Anda pilih.

1. DOKU

DOKU merupakan salah satu penyedia jasa jual beli online pertama di Indonesia. Kini, DOKU telah bekerja sama dengan lebih dari 150.000 merchant  dengan berbagai metode pembayaran.

Anda bisa memilih transaksi menggunakan DOKU e-wallet, internet banking, transfer antar bank, atau mini market yang mudah ditemui. Selain telah terkoneksi dengan berbagai bank, DOKU juga dilengkapi dengan fitur pencarian transaksi berbagai mata uang asing.

Anda bisa mengunduh aplikasi androidnya atau iOS tanpa harus membayar biaya bulanan. Fee berlaku pada setiap transaksi. Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun, keamanan dan kenyamanan fasilitas DOKU terjamin.

2. iPay88

Penyedia layanan jasa payment gateway ini cukup populer di Asia. Memiliki pilihan 4 layanan dan 7 produk utama yang disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran bisnis. Metode pembayaran iPay88 menerima pembayaran online kartu kredit dan debit berlogo (Mastercard, Visa, Amex, JCB, dan UnionPay), online banking, transfer antar bank, e-wallet, kredit online, QR Payment, juga penarikan uang di konter.

3. iPaymu

Salah satu layanan yang memudahkan pembeli dan penjual adalah iPaymu. Hampir sama dengan yang lainnya, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur pembayaran sampai setoran tunai. Lebih dari 80.000 merchant telah bergabung dengan 26 channel pembayaran yang akan membantu transaksi bisnis Anda.

4. Midtrans

Sebelum berganti nama, aplikasi ini dulunya bernama Veritrans Indonesia. Payment gateway ini memiliki fokus untuk pengembangan pebisnis online dengan integrasi yang mudah dalam satu dashboard. Midtrans juga telah dilengkapi dengan 20 metode pembayaran dan sistem anti fraud yang menjamin keamanan antara pembeli dan penjual.

5. Winpay

Perusahaan ini telah mempunyai lisensi resmi dari Bank Indonesia sejak tahun 2018 dan dipercaya oleh ribuan toko online dan merchant. Winpay merupakan bagian dari PT Bimasakti Multi Sinergi. Meskipun tergolong baru, fitur yang disediakan sudah lengkap untuk menunjang kelancaran proses transaksi.

6. TrueMoney

Berdiri sejak tahun 2007 di Thailand dan hadir di Indonesia pada tahun 2015, layanan pembayaran elektronik ini memiliki produk dan layanan pengiriman uang tanpa menggunakan nomor rekening bank, pembayaran tagihan atau cicilan, juga pembelian voucher elektronik.

7. Finpay

Asli dari negeri sendiri dan berdiri sejak tahun 2006, Finpay adalah salah satu anak dari PT. Telekomunikasi Indonesia. Kini Finpay menyediakan fitur yang semakin lengkap.  Pada tahun 2018, Finpay telah bekerja sama dengan lebih dari 90 bank, 122 biller, 100 ribu outlet, dan 800 online merchant.

8. KasPay

Kaspay adalah payment gateway PT. Darta Media Indonesia yang menghubungkan pembeli dan penjual yang bertransaksi di platform KASKUS.

9. FirstPay

Penyedia payment gateway ini melayani transaksi melalui kartu kredit, virtual account, ATM Bersama, dan e-money. Uniknya, di FirstPay Anda dapat mengecek pembayaran secara realtime.

10. Xendit

Xendit merupakan perusahaan fintech dengan visi sederhana, aman, dan mudah untuk pelaku e-commerce. Xendit dapat menerima pembayaran, mengirim uang, dan melayani sejumlah fitur transaksi keuangan lainnya.

Nah, itulah 10 payment gateway Indonesia yang menjadi rekomendasi bagi Anda sebagai pembeli atau penjual dalam transaksi online. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Sumber:

https://goukm.id/8-online-payment-gateway-di-indonesia/

https://www.jagoanhosting.com/blog/layanan-payment-gateway-di-indonesia/

 

 

Leave a Comment

Ready to start your project with us?