Strategi Pasang Harga Ala Amazon yang Mampu Bersaing di Bisnis Ecommerce
Strategi Pasang Harga Ala Amazon yang Mampu Bersaing di Bisnis Ecommerce

Strategi Pasang Harga Ala Amazon yang Mampu Bersaing di Bisnis Ecommerce

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Siapa yang belum mengetahui tentang perusahaan Amazon? Baiklah mari kita mengenal terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut. Amazon adalah perusahaan perdagangan yang menerapkan sistem multinasional, didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994. Kantor Amazon letaknya di kawasan Seatlle Washington, Amerika Serikat. Perusahaan ini awalnya dibangun karena melihat peluang dari perkembangan internet yang semakin maju.

Pada awalnya, Amazon adalah perusahaan yang bergerak dalam penjualan buku online. Seiring perkembangan zaman, Amazon telah mengubah produk penjualannya, sehingga saat ini Amazon menjadi toko online yang menjual berbagai macam produk. Dalam mengembangkan perusahaan Amazon sangatlah tidak mudah, karena diperlukan strategi bisnis yang tepat agar dapat dilakukan perkembangan secara signifikan.
Ada hal yang selalu diperhatikan dalam perusahaan Amazon yaitu harga, produk, dan strategi pengembangan perusahaan agar dapat bertahan hingga puluhan tahun. Memanfaatkan kecanggihan teknologi membuat Amazon menjadi perusahaan kompetitif. Keberhasilan dalam toko online ini membuatnya dapat memperoleh keuntungan yang sangat banyak. Tidak heran kalau banyak sekali yang ingin menciptakan toko online seperti Amazon.

Strategi khusus yang digunakan Amazon, yaitu didasarkan pada peningkatan teknologi untuk menunjang kesuksesan perusahaan. Strategi lainnya yaitu menggunakan cost leadership, yaitu sebuah strategi yang menawarkan harga produk paling rendah untuk seluruh pelanggannya. Hal ini yang membedakan Amazon dengan perusahaan lainnya. Seluruh harga produk yang ditawarkan harganya lebih murah, sehingga banyak yang tergiur berbelanja disana.

Strategi Pasang Harga Paling Jitu Perusahaan Amazon

Sampai saat ini, perusahaan Amazon menjadi satu-satunya retail online paling besar di dunia. Berkat konsistensinya, pengembangan bisnis yang dilakukan membuat Amazon menjadi pimpinan bisnis online terbesar pada segmen pasar international. Apalagi strategi bisnis yang digunakan perusahaan ini fokus pada harga produk, pasti sangat menarik sekali untuk ditiru oleh pebisnis online lainnya.

Bagaimana strategi pasang harga yang bisa dicontoh dari perusahaan Amazon? Berikut ini merupakan strategi khusus yang bisa Anda terapkan pada bisnis online.

1. Memberikan diskon

Strategi memberikan diskon yang dilakukan oleh Amazon masuk ke dalam Amazon Prime. Apa itu Amazon Prime? Sebuah layanan keanggotaan yang mampu menawarkan diskon selama dua hari berturut-turut. Pemberian diskon di Amazon Prime dilakukan ketika pembeli sudah memenuhi persyaratan.

Setiap anggota akan diberikan pengalaman belanja menggunakan Amazon Prime selama 2 hari. Bila anggota pembeli menyukai dan memutuskan bergabung untuk membuat keanggotaan, maka bisa langsung mendapatkan keanggotaan selama satu tahun dengan membayar biaya $99 melalui kartu kredit.

2. Gratis ongkos kirim

Amazon sudah menerapkan sistem ongkos pengiriman gratis. Setiap anggota Amazon Prime berhak mendapatkan layanan gratis ongkos kirim. Tidak tanggung-tanggung layanan tersebut diberikan selama menjadi anggota Amazon Prime. Semua pelanggan pasti akan semangat melakukan belanja online tanpa harus khawatir mengenai ongkos kirim yang tinggi.

Kenapa Amazon menerapkan gratis ongkos kirim? Karena menurut survey comScore yang dilakukan pada tahun 2014, sebanyak 58% pembeli online yang tidak ingin menyelesaikan proses belanjanya karena ongkos kirimnya terlalu mahal. Oleh karena itu keputusan Amazon untuk menerapkan gratis ongkos kirim ini sangat tepat.

3. Harga lebih terjangkau

Amazon memasang harga yang sangat terjangkau untuk produk jualannya. Harga yang dibanderol sangat terjangkau, bila Anda tidak percaya mengenai harga produk yang lebih murah maka sebaiknya Anda melakukan survey langsung ke Amazon. Disana Anda bisa melihat detail harga dan produk yang ditawarkan.

Tiga strategi khusus dalam memasang harga ala Amazon dapat Anda contoh, karena hal ini sangat bagus untuk perkembangan bisnis online yang saat ini Anda kembangkan. Strategi yang telah dijelaskan diatas sangat jitu dan terbukti hasilnya dapat membuat perusahaan Amazon semakin maju.

Strategi Lain Pengembangan Bisnis Online Ala Amazon

Anda juga harus mengetahui strategi bisnis lainnya yang digunakan perusahaan Amazon, agar makin mudah untuk mengembangkan bisnis online Anda. Ternyata strategi bisnis lain yang digunakan oleh Amazon, yaitu membangun kenyamanan kepada pelanggannya yang sedang melakukan pembelian produk. Perusahaan ini telah menerapkan penjualan secara on click, adapun sistem on click untuk memudahkan pelanggan membeli apapun dalam satu klik saja.

Strategi perusahaan Amazon berikutnya, yaitu dilandasi dengan kecanggihan teknologi, memanfaatkan efesiensi sumber daya internal eksternal dan mengaktualisasikan skala ekonomi. Didasarkan hal tersebut Amazon mampu mengalasisis dan membuat peta perilaku konsumen.
Adapun contoh peta perilaku seperti siapa saja yang akan melakukan belanja di Amazon akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Seluruh pelanggan akan melihat daftar rekomendasi tentang berbagai produk unggul. Dilengkapi dengan penjelasan produk secara detail beserta review produk, maka pembeli tidak perlu khawatir lagi tentang kualitas produk di Amazon. Dalam hal ini Amazon sangat unggul memahami dan merasakan apa yang diinginkan oleh pembeli.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?