Pengertian dari Selebgram, Paid Promote, Endorse, dan Influencer
Pengertian dari Selebgram, Paid Promote, Endorse, dan Influencer

Pengertian dari Selebgram, Paid Promote, Endorse, dan Influencer

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Banyak pelaku bisnis online menjual produknya melalui berbagai cara. Menggunakan jasa selebgram, paid promote, endorse tokoh-tokoh terkenal, serta jasa influencer.

Semua cara promosi bisnis online ini cukup dikenal baik oleh para pebisnis online maupun para pengguna media sosial. Namun, banyak orang juga belum mengenal istilah-istilah tersebut. Apa sebenarnya pengertian selebgram, paid promote, endorse, serta influencer? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Selebgram

Jika Anda pelaku usaha bisnis online melalui media sosial Instagram, pasti cukup familier dengan istilah selebgram. Media sosial ini memiliki kekuatan yang luar biasa dalam menarik para konsumen untuk bertransaksi. Apalagi menggunakan jasa selebgram untuk melakukan promosi produk di media sosial berdampak bagus dalam penjualan.

Selebgram merupakan istilah gabungan dari kata selebriti dan Instagram. Seseorang yang terkenal di media sosial Instagram biasanya memiliki pengikut (follower). Para selebgram terkenal di Indonesia, seperti Rachel Vennya, Ria Ricis, Awkarin, atau Anya Geraldine, memiliki jutaan bahkan belasan juta pengikut di Instagram.

Para selebgram tersebut mampu mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah per bulan dari sebagai selebgram. Tentunya dengan menggunakan jasa mereka, pelaku usaha bisnis online juga merasakan hasil penjualan yang meningkat secara signifikan.

Paid Promote

Pengertian Paid Promote

Istilah promosi lain yang sering digunakan para pelaku bisnis online adalah paid promote. Kata paid berarti bayar, sedangkan kata promote berarti promosi. Jadi, paid promote dapat didefinisikan sebagai layanan jasa promosi berbayar.

Layanan ini diberikan oleh seseorang ataupun sekelompok orang yang memiliki basis membuat suatu layanan promosi suatu media sosial dengan nilai kontrak tertentu sesuai dengan kesepakatan. Layanan ini berhubungan dengan media sosial Instagram dan profesi Selebgram.

Penyedia layanan jasa paid promote pada umumnya merupakan akun-akun Instagram yang mempunyai pengikut yang banyak, seperti akun milik publik figur, blogger, selebgram, ataupun Youtuber. Penggunaan jasa paid promote harus mempertimbangkan pemilihan akun. Akun tersebut harus tepercaya dan memiliki pengikut asli (bukan pengikut palsu).

Pemilihan akun juga harus memperhatikan konten. Misalnya, produk yang akan dipromosikan melalui paid promote harus sesuai. Konten milenial tidak akan sesuai dengan konten produk yang berhubungan dengan produk untuk orang tua.

Pengertian Endorse

Selain menggunakan jasa selebgram dan paid promote untuk promosi, istilah lain yang cukup familier di kalangan pebisnis online adalah endorse. Endorse berasal dari kata Bahasa Inggris endorsement yang berarti tindakan memberikan dukungan terhadap suatu hal.

Definisi endorse ini telah mengalami perkembangan yang lebih luas dan berhubungan dengan media sosial. Endorse merupakan promosi berbentuk ulasan positif mengenai suatu produk, jasa, atau layanan, yang diberikan oleh publik figur di Instagram miliknya.

Saat melakukan endorse, pilihlah seorang influencer atau selebgram yang cocok dengan produk Anda. Misalnya, produk yang akan dipromosikan berupa makanan. Maka gunakan jasa influencer yang juga seorang food blogger.

Pengertian Influencer

Istilah terakhir yang tidak kalah populernya dengan istilah-istilah di atas yaitu influencer. Influencer merupakan istilah yang berasal dari kata Bahasa Inggris, influence yang berarti memengaruhi. Jadi, influencer merujuk pada seseorang yang memiliki kemampuan memberikan pengaruh positif terhadap publik.

Di Indonesia istilah influencer juga digunakan kepada seorang Youtuber ataupun selebgram. Mereka biasanya memiliki kekuatan sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap orang banyak. Para influencer ini cukup beragam dan berasal dari berbagai bidang, seperti bidang teknologi, kecantikan, kesehatan, hingga pendidikan.

Influencer sendiri bisa berasal dari berbagai media sosial, seperti Instagram, Twitter, Youtube, dan sebagainya. Seorang influencer tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga memengaruhi pengikutnya dengan beragam bentuk interaksi.

Seorang influencer harus paham cara mempromosikan suatu layanan, jasa, atau produk dan menggiring opini publik untuk menggunakan dan membeli produk yang dipromosikan.

Inilah penjelasan mengenai pengertian selebgram, paid promote, endorse, dan juga influencer. Bingung ingin menggunakan jenis promosi apa yang tepat untuk produk online? Anda bisa melibatkan jasa profesional dari SAB Digital Marketing Agency. Perusahaan ini menyediakan berbagai jasa dan layanan untuk mempromosikan produk, jasa, dan layanan online.

SAB Digital Marketing Agency juga akan membantu memaksimalkan bisnis Anda secara online dengan cara menggunakan berbagai teknik digital marketing. Pastinya, teknik digital marketing yang ditawarkan akan disesuaikan dengan kebutuhan promosi.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?