Domain Gratis, Bagaimana Cara Mendapatkannya?
Domain Gratis, Bagaimana Cara Mendapatkannya

Domain Gratis, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Bagi pengguna blog maupun website, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah domain. Domain gratis masih bisa didapatkan apabila menggunakan platform gratis seperti Blogger. Akan tetapi, menggunakan platform seperti itu dikenal orang lewat subdomain-nya. Para Blogger pemula biasanya ingin tampil beda tetapi enggan langsung mengeluarkan uang hanya untuk membeli domain di berbagai situs penyedia hosting. Ternyata, ada juga domain gratis yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Bagaimana caranya? Simak berikut ini!

Kunjungi Situs Domain Gratis

Siapa nyana, tak sedikit situs-situs menjajakan domain gratis untuk para pengguna. Ada pula yang mencantumkan biaya administrasi domain yang totalnya tidak sampai menyentuh 1 sen.

Kualitas barang memang ditentukan oleh harga barang itu sendiri. Maka bagi Anda yang memilih domain gratis di situs-situs seperti freenom.com atau freedomain.pro, jangan berekspektasi tinggi akan mendapatkan domain seperti .net atau .com. Sebab biasanya, Anda hanya dapat menggunakan domain .gq, .ga, .tk, atau yang lainnya.

Akan tetapi, beberapa lainnya memberikan juga domain seperti .co.cc.Kendati cukup asing di pendengaran, baik domain berbayar maupun domain gratis tentunya memiliki fungsi yang sama. Tetapi domain yang tidak berbayar jelas memiliki beberapa kekurangan, yakni sulit menembus ranking atas di search engine.

Kekurangan vital domain tersebut ialah sulit ketika mendaftar di Adsense. Tentunya hal ini menghambat langkah Anda untuk mendapat penghasilan dari blog. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapat income, sebaiknya menggunakan domain berbayar.

Situs Penyedia Hosting

Cara mendapatkan domain gratis yang kedua ialah dengan mengunjungi situs penyedia hosting. Beberapa dari mereka biasanya mengadakan giveaway dengan hadiah nama domain. Kelebihannya, domain yang akan Anda dapatkan adalah domain .com, .net, maupun .co.id.
Biasanya, domain yang dihadiahkan hanya berlaku untuk satu tahun saja. Tahun berikutnya, Anda dikenakan biaya normal. Tetapi sejauh ini, promo giveaway tersebut cukup memberi solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan domain gratis.

1. IDWebhost

Setiap minggunya, situs ini biasa mengadakan giveawaydomain gratis.xyz atau .online secara cuma-cuma. Cara untuk mendapatkan domain gratis ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyukai dan membagikan FP IDWebhost, kemudian isi form biodata serta domain yang Anda inginkan. Pemenang akan diumumkan setiap hari Rabu.

2. Niagahoster

Serupa seperti sebelumnya, situs ini juga memberikan domain gratis secara cuma-cuma bagi 5 orang di setiap minggunya. Tetapi, situs ini memberikan hadiah domain .web.id atau .co.id, bahkan yang lebih kerensitus ini juga memberikan hosting gratis bagi pemenang yang beruntung.

3. Dewaweb

Sama seperti Niagahoster yang memberikan domain dan hosting gratis dengan cara giveaway, situs Dewaweb juga seperti itu. Hanya saja, giveaway di situs ini ditujukan bagi organisasi yang bergerak dibidang pendidikan, kemanusiaan dan lingkungan hidup.
Tak tanggung-tanggung, situs ini menyediakan hosting dan domain gratis selamanya, dengan storage cloud hosting minimal 2 Giga.

4. Exabytes Indonesia

Dari web hosting ini, Anda berkesempatan mendapatkan domain .net dan email hosting. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan alamat blog di form tersebut. Apabila pengajuan Anda diterima, exabytes.co.id akan memberikan Anda domain .net gratis kepada Anda.

5. Buy.ooo

Seperti cara-cara sebelumnya, di web ini Anda cukup mengisi form yang sudah disediakan untuk mendapat domain .ooo secara gratis. Uniknya, meskipun gratis domain ini dapat didaftarkan Adsense dan mampu menembus rangking search engine.

6. Zone.id

Selain kelima situs di atas, www.zone.id juga membagikan domain gratis .zone.id sebagai bentuk promo. Anda dapat mendapatkannya setelah mendaftar dan mengisi form di situs web tersebut.

7. Menggunakan Email Berdomain .Edu

Email dengan domain .edu merupakan email khusus mahasiswa dan staff pengajar Amerika. Kelebihan menggunakan email ini adalah diskon harga dan voucher untuk produk digital semacam AutoCAD, Azure, dll.

Dengan email .edu, Anda bisa mendapatkan domaingratis .me dan .tech. Sayangnya, email ini hanya diperuntukkan bagi warga Amerika Serikat. Tetapi, Anda juga bisa memilikinya dengan membeli di sejumlah online store. Artinya, Anda tetap mengeluarkan uang untuk membeli email sebelum mendapatkan domain yang gratis.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan domain gratis dengan mudah. Tetapi, bagi Anda yang berniat mendaftarkannya di Google Adsense dan juga ingin menembus rangking Google, akan lebih baik bila menggunakan alternatif domain berbayar.

Saat ini, harga domain .com, .id, atau .net untuk blog maupun website pun tidak terlalu mahal. Dengan kisaran harga 130.000, atau sekitar 10.000 per bulan, Anda sudah bisa menikmati domain berbayar dengan kredibilitasnya yang mumpuni.

Meski memiliki kekurangan yang tidak menimbulkan kenyamanan bagi para Blogger, bukan berarti domain gratis tidak patut Anda coba. Semoga artikel di atas menjadi solusiuntuk Anda yang sedang kebingungan mencari domain yang tak berbayar.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?