Bagaimana Podcast Mengganti Kebiasaan Orang dalam Mendengarkan Musik
Bagaimana Podcast Mengganti Kebiasaan Orang dalam Mendengarkan Musik

Bagaimana Podcast Mengganti Kebiasaan Orang dalam Mendengarkan Musik

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Podcast menjadi salah satu terobosan dalam dunia teknologi yang mampu merubah kebiasaan orang dalam mendengarkan musik. Penggunaan teknologi terbaru Podcast tentunya sudah mudah dikenali oleh generasi sekarang ini yang memiliki berbagai macam akses ke dunia teknologi. Lalu bagaimana teknologi Podcast ini dapat mengganti atau menggeser kebiasaan orang dalam mendengarkan musik?

Mengenal Teknologi Terbaru Podcast

Jika dilihat dari istilahnya, teknologi terbaru Podcast merupakan sebuah istilah yang menggabungkan antara “iPod” dan “broadcast”. Dan jika digabungkan menjadi sebuah definisi yang merujuk pada bentuk siaran audio digital yang mana siaran ini dapat diputar atau didownload dalam perangkat digital Anda kapan saja dan dimana saja.

Teknologi terbaru Podcast telah dikenalkan sejak tahun 2005, akan tetapi memang baru populer setelah tahun 2007 ke atas. Pada setelah tahun itu, mulai banyak orang atau publik yang menggunakan Podcast sebagai sarana audio digital yang sangat menyenangkan untuk digunakan. Sebuah rekaman audio sendiri bukanlah suatu yang baru untuk digunakan sebagai sebuah saran hiburan orang banyak.

Akan tetapi, untuk sebuah rekaman audio yang benar-benar dapat diakses secara rutin, fleksibel, dan terorganisir, memang baru diperkenalkan dengan masif oleh perusahaan teknologi Apple, yaitu dalam bentuk iPod mereka. Namun bukan berarti saat ini teknologi terbaru Podcast hanya dapat diakses oleh perangkat dari perusahaan Apple saja.

Saat ini, perangkat berbasis bukan Apple, seperti Android juga sudah bisa mengakes Podcast secara mudah dan cepat. Beberapa paltform musik yang populer di dunia seperti iTunes, dan Spotify juga memberikan layanan atau fitur Podcast yang bisa digunakan dengan mudah dan gampang di berbagai negara dengan pilihan berbagai macam topik.

Teknologi terbaru Podcast sendiri saat ini sudah semakin berkembang dalam hal konten dan juga media yang digunakan. Banyak sekali yang tersedia diberbagai platform musik dengan mengusung tema dan konten yang berbeda-beda sekaligus menarik untuk diikuti. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali nama-nama pembuat Podcast yang memiliki pelanggan dan penggemar setianya tersendiri.

Pembicaraan yang dibahas dalam kontennya pun juga sangat beraneka ragam. Mulai dari topik umum mengenai kehidupan, gaya hidup, kesehatan, bahkan tentang tema politik dan juga hiburan bisa menjadi konten yang sangat menarik untuk sebuah Podcast yang dibuat. Untuk itulah pertumbuhan orang yang mendengarkan dan menggunakan teknologi ini menjadi semakin besar dan masif setiap harinya.

Podcast Mengubah Kebiasaan Orang dalam Mendengarkan Musik

Dengan adanya teknologi ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kebiasaan mendengarkan musik yang dilakukan oleh banyak orang juga mulai ikut tergeser bersama dengan arus dari datang dan berkembangnya teknologi terbaru Podcast tersebut. Saat ini, orang tidak hanya mendengarkan rekaman audio dalam bentuk musik yang memiliki nada dan lirik atau lagu saja.

Akan tetapi, mereka juga mendengarkan rekaman audio dengan tujuan lebih dari hanya sekedar mendengarkan musik semata. Karena, melalui Podcast kita sebagai pendengar bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak dibandingkan hanya mendengarkan lagu untuk sarana hiburan semata.
Apalagi, beberapa paltform musik populer di dunia juga menyediakan layanan Podcast ini bagi para pengguna mereka, sehingga akses untuk dapat mendengarkan teknologi ini pun menjadi semakin terbuka lebar lagi daripada sebelumnya.

Bisa dikatakan pula, apabila Podcast ini merupakan bentuk yang lebih maju dan lebih fleksibel dari pada radio. Walaupun pada dasarnya kedua hal ini memiliki kesamaan, yaitu membahas segala macam topik mulai dari lagu, hingga konten lain yang memang menarik untuk didengarkan.

KelebihanTeknologi Terbaru Podcast

Berikut merupakan beberapa kelebihan dari Podcast dibandingkan dengan radio biasa:

1. Lebih banyak pilihan dan dapat disesuaikan dengan minat atau hobi Anda

Dengan menggunakan teknologi ini, membuat Anda akan lebih mudah mengakses pilihan rekaman audio ini dengan media yang lebih terstruktur dibandingkan dengan radio yang siaran dan kontennya mengikuti jadwal dan skrip yang telah ditentukan. Menggunakan Podcast, Anda bebas menentukan sendiri apa yang ingin Anda dengarkan saat itu.

2. Tidak ada iklan yang terlalu banyak dan berlebihan

Ini merupakan kelebihan yang sangat mencolok dari teknologi terbaru Podcast jika dibandingkan dengan radio. Ketika mendengarkan sebuah Podcast, maka Anda hanya akan mendengarkan konten Podcast itu saja tanpa adanya interupsi iklan produk yang biasanya akan sangat mengganggu bagi sebagian orang.

3. Podcast jauh lebih fleksibel

Bukan rahasia lagi memang jika Podcast sangat jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan radio. Anda bisa mendengarkan Podcast dimana saja, kapan saja, dan bisa mengulangi lagi siaran Podcast yang telah terlewat. Yang mana hal ini tidak akan bisa Anda nikmati ketika menggunakan radio.

Untuk itulah Podcast dapat dikatakan sangat jauh lebih efektif dibandingkan radio, asalkan ada koneksi internet, maka Anda sudah bisa mendengarkan Podcast dimana pun yang Anda inginkan dan kapan saja sesuai preferensi waktu Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang Podcast. Dengan segala kelebihannya, tak heran jika teknologi ini bisa menggantikan kebiasaan seseorang dalam mendengarkan musik.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?