Perbedaan Template Wordpress Premium dengan Versi Gratis

Perbedaan Template WordPress Premium dengan Versi Gratis

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Merujuk pada data terbaru dari We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2020 ini naik sekitar 17% hingga menyentuh angka 175,4 juta pengguna. Pesatnya perkembangan teknologi membuat pemanfaatan internet kian meluas dalam berbagai aspek kehidupan. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet,  jumlah website yang dibuat pun melesat naik.

WordPress adalah sistem manajemen konten yang paling banyak digunakan untuk keperluan pembuatan berbagai tipe website. Saat ini, selain hadir dalam versi gratis seperti yang umumnya dipakai oleh para blogger pemula, ada juga pilihan template WordPress premium yang berbayar. Lalu apa perbedaan di antara keduanya? Berikut ulasan lengkap untuk Anda yang mungkin tengah mempertimbangkan akan memakai versi yang mana.

Pembaruan & Dukungan Teknis

Pada template wordpress versi gratis, update theme-nya bisa dikatakan jarang sekali jika dibandingkan versi premium. Dengan menggunakan template WordPress premium, paling tidak selama 1 tahun Anda akan mendapatkan jaminan pembaruan secara berkala.

Pada versi premium, theme update akan disesuaikan dengan update yang dilakukan pada sistem manajemen konten atau CMS. Misalnya pembaruan terkait sistem keamanan website, atau perbaikan bugs.

Selain mengenai pembaruan atau update, yang tak kalah penting adalah  dukungan teknis atau support. Bagi Anda pengguna template WordPress versi gratis, akan agak sulit ketika ada keluhan terkait website. Berbeda jika yang Anda gunakan adalah versi premium, keluhan lebih cepat mendapat tanggapan.

Code Structure

Poin ini kemungkinan besar kurang dapat dipahami oleh masyarakat awam. Tapi bagi para developer tentu akan mengerti yang dimaksud dengan poin clean coding structure atau struktur kode bersih pada template premium.

Secara sederhana intinya begini, bila kita menggunakan template versi gratis sangat mungkin ada script code rahasia yang hanya diketahui pihak penyedia template/ theme. Bahkan bisa saja terselip malware pada website. Sementara di template versi premium, struktur kodenya bersih. Struktur kode yang bersih mempengaruhi  uptime loading time dari website.

Lisensi

Lisensi dari template WordPress premium bervariasi tergantung kebutuhannya. Jika Anda hanya membuat website pribadi, bisa menggunakan template premium dengan lisensi basic yang tidak diperkenankan diperjualbelikan dan hanya boleh di-install di satu website.

Lisensi yang didapat template versi gratis adalah general public license atau lisensi publik umum.

Performa Template

Privilege yang bisa didapat jika menggunakan template versi premium adalah keunikan template, customization yang fleksibel, credit link dapat diubah sesuai keinginan, sistem navigasinya jelas, responsif, SEO friendly, dan kecepatan web di atas 90%. Panduan pengaturan manual pun disertakan saat Anda membeli template.

Pada versi gratis, Anda tidak dapat berbuat banyak atas tampilan yang diterima, termasuk masalah credit link nama pembuat template.

Fitur Pendukung

Jika menggunakan template WordPress premium, Anda akan mendapatkan fitur-fitur yang memang premium, contohnya fitur responsivitas dan optimasi, yang tentunya tidak akan ditemukan pada versi gratis dimana hanya mendapat fitur dasar.

Responsivitas pada template sangat penting karena seberapa responsif tampilan mobile dari template tersebut dihitung oleh Google untuk masuk di halaman pencarian.

Biaya

Ada rupa ada harga, tentu saja jika ingin menggunakan template WordPress premium Anda harus merogoh kocek agak dalam. Sebuah template premium harganya berkisar antara $10 hingga $200.

Itulah beberapa perbedaan antara template WordPress premium dengan versi gratisnya. Sebelum memutuskan akan menggunakan yang mana, Anda perlu tahu kebutuhan dan tujuan pembuatan website tersebut. Jika hanya untuk coba-coba memulai membuat blog pribadi dan tidak terlalu membutuhkan dukungan teknis dalam pengembangan website, menggunakan template WordPress gratis sepertinya sudah cukup.

Lain halnya jika website yang akan dibuat memang untuk kebutuhan bisnis yang memerlukan fitur-fitur khusus dan tampilan yang unik, maka lebih cocok menggunakan template premium. Rekomendasi template WordPress premium yang bisa digunakan untuk berbagai jenis website misalnya adalah X.

Masih bingung dengan pilihan template? SAB Digital Agency siap membantu dengan penyediaan template WordPress yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga informasi tadi bermanfaat dalam mengoptimalkan bisnis Anda.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?