Perkembangan Komunitas WordPress Indonesia

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia tulis menulis atau berprofesi sebagai blogger, pastinya sudah tidak asing dengan WordPress. Namun bagi para pemula yang tidak begitu tertarik di dunia website dan sebagainya pastinya sangat asing mendengarnya. Padahal mungkin satu dari jutaan artikel yang pernah Anda baca salah satunya berasal dari situs WordPress juga. Mari perjelas satu persatu. Mulai dari pengertan WordPress itu sendiri.

WordPress merupakan software yang bisa di install kemudian di server untuk membuat berbagai macam jenis website. Misalnya saja Anda ingin membuat sebuah website pribadi, atau portal berita bahkan toko online bisa hanya dengan WordPress. Atau ada juga yang menyebutnya bahwa WordPress merupakan salah satu dari sekian banyak jenis CMS yang bisa dengan sangat instan dalam membuat website tanpa Anda harus tau bahasa pemrograman atau yang biasa disebut coding.

Sejarah Singkat WordPress

Awal mulanya, software pencipta website ini diciptakan oleh Matt Mullenweg di taun 2003. Sebelum WordPress menjadi salah satu best CMS, ada satu software bloging yang ditutup bernama cafeblog/b2 yang kemudian menjadi inspirasi Matt serta Mike untuk membuat software serupa. Dan munculah WordPress ini.

Matt merilis software tersebut dengan nama WordPress 1.0 pada tahun 2004 dengan berbagai fungsi dasar yang semuanya hampir sama seperti b2/cafeblog, hanya bedanya ada beberapa yang dimodifikasi. Sejak saat itu, perjalanan WordPress dikenal terus sepanjang masa, dan populer diseluruh dunia sampai hari ini.

Perkembangan WordPress Indonesia saat ini yang paling menarik adalah software satu ini memiliki sifat open source. Yang artinya, WordPress ini bisa digunakan secara bebas serta gratis oleh siapapun dan bisa dimodifikasi juga sesuai dengan kehendak Anda sendiri. Bahkan saat ini, WordPress menyediakan situs plugin yang biasa disebut WordPress plugins. Berguna untuk memudahkan penggunanya menambahkan beberapa fitur di website hanya dengan satu kali klik saja.

Menjadi CMS Paling Populer

Karena penggunaannya sangat mudah, bisa didapatkan secara gratis dan juga fiturnya juga semakin lengkap, menjadikan WordPress kini banyak digemari bahkan WordPress jadi pembuatan situs website terfavorit di seluruh dunia. Bahkan hampir 30% website yang ada di dunia menggunakan sistem WordPress. Walaupun bisa didapatkan secara gratis, tidak membuat nilai dari WordPress ini turun bahkan terkesan murahan. Contohnya saja perusahaan website besar seperti Mercedes-Benz, Microsoft News Center, The Walt Disney Company, Bata, sampai label Sony Music semuanya memakai WordPress untuk sistem website mereka.

Tidak hanya itu saja, bahkan orang-orang ternama di dunia seperti Beyonce, Katy Perry, The Rolling Stones, Snoop Dog, sampai Usain Bolt juga menggunakan WordPress untuk menciptakan website pribadi mereka. Berbagai contoh tersebut sudah bisa membuktikan bahwa nilai WordPress tidak sama sekali turun walaupun bisa didapatkan secara gratis, dan siapapun bisa menggunakannya. Alasan yang merakyat tersebut membuat jaringan WordPress Indonesia saat ini sudah menyebar luas. Perkembangannya sudah semakin pesat dari tahun ke tahun.

Keuntungan Menggunakan WordPress

Bagi para pemula yang belum mengenal betul mengenai WordPress mungkin akan mempertanyakan, apa saja keuntungannya jika saya menggunakan WordPress sebagai platform pembuatan website pribadi saya kelak? Simak penjelasannya berikut.

  1. Sangat Ramah Bagi Para Pemula

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bahwasannya selain gratis, WordPress juga bisa digunakan oleh siapa saja, dari kalangan atau pihak manapun. Termasuk untuk para pemula. Anda tidak perlu menjadi ahli bahasa pemrograman terlebih dahulu untuk bisa download WordPress. Karena tidak ada bahasa programing yang rumit. Dijamin semua bisa menggunakannya dan membuat website layaknya seseorang yang sudah biasa menggunakan WordPress secara professional.

  • Punya Komunitas Besar

Karena pengguna WordPress mencapai 30% sendiri dari seluruh dunia, maka dari itu WordPress memegang market share terbesar di platform pembuat website di Indonesia bahkan dari seluruh dunia. Berasal dari situ juga, seiring berjalannya waktu, para pengguna WordPresspastinya membuat forum diskusi untuk share tentang berbagai ilmu baru, bisa tentang cara membuat website, tips trik beserta optimasinya. Maka dari itu jika Anda masih awan dan belum tau banyak tentang WordPress, gabunglah bersama dengan komunitas tersebut untuk menimba ilmu lebih banyak.

  • Plugin Berlimpah Ruah

Selain belajar dari forum diskusi sebuah komunitas, Anda juga bisa mendapatkan plugin yang tersedia melimpah di WordPress Indonesia. Plugin bisa juga disebut sebagai add-on atau extension, yaitu suatu script atau mini software yang dapat secara instan menambahkan fitur tertentu di website WordPress kita. Misalnya saja fitur standar seperti slider, contact form, peta. Atau juga yang lebih spesifik seperti plugin untuk SEO, keamanan, kecepatan situs dan lain-lain. Anda tinggal menggunakan plugin WordPress yang sudah disediakan. Banyak yang gratis dan juga berbayar. Semuanya ada dengan fungsinya masing. Mungkin detailnya tentang plugin yang bisa kami rekomendasikan akan kami buat di blog post yang terpisah.

Sejak saat diresmikannya WordPress pada tahun 2004 dan telah mengalami banyak kemajuan, maka seiring berjalannya waktu perkembangan komunitas WordPress di dunia terus meluas. Sampai di angka 30% portal website dibuat dari WordPress pun merupakan sebuah alasan kuat kenapa Anda harus juga ikut menggunakan WordPress. Gabunglah di banyak forum atau komunitas WordPress Indonesia supaya lebih tau lebih banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mempunyai website berbasikan sistem WordPress, bisa melihat hasil pengerjaan kami di halaman Works atau bisa langsung kontak kami jika Anda mempunyai kebutuhan pembuatan website untuk bisnis Anda.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email