5 cara efektif dalam maintenance WordPress

5 cara efektif dalam maintenance WordPress

Memiliki website juga harus memperhatikan maintenance WordPress bukan hanya semata-mata mementingkan konten terbaru serta desain dari halaman web yang menarik. Apabila Anda menginginkan segala sesuatu dari website Anda berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah, oleh karena itu penting bagi Anda untuk memperhatikan maintenance WordPress Anda.

Pentingkah Maintenance WordPress?

Ada banyak hal yang harus diketahui tentang maintenance WordPress, karena apabila Anda tidak memeliha website secara berkala maka akan membuat performa pada website yang Anda miliki menurun.

Disisi lain, dikarenakan kecepatan suatu website menjadi isu yang penting pada saat sekarang ini, maka ada dua kinerja situs yang wajib di ketahui yaitu; seberapa lama waktu yang akan dibutuhkan oleh website untuk menghasilkan halaman, dan waktu yang dibutuhkan oleh browser untuk mendownload.

Cara efektif dalam Maintenance WordPress

Langsung saja ke pembahasan pada artikel ini yaitu bagaimana cara efektif dalam maintenance WordPress agar tetap cantik tetapi juga tidak lemot. Simak ulasan berikut ini!

1. Bersihkan Trash dan Draft dari postingan

Semakin lama usia suatu website maka juga memungkinkan website tersebut memiliki banyak sampah yang menimbun pada dashboard. Seperti contohnya, halaman situs yang pernah gagal didesain, draft postingan pada website, serta komentar-komentar yang pernah Anda tandai sebagai spam atau mungkin dihapus, dan masih banyak contoh lainnya.

Maintenance dengan membersihkan sampah yang tertimbun tersebut sangat efektif dalam mempercepat kinerja suatu website karena tak jarang semua data data yang berupa sampah tersebut dapat memperlambat peforma website yang Anda miliki. Meskipun terkesan sederhana tetapi cara ini tetap harus dilakukan secara berkala setidaknya sekali dalam satu bulan. Hal itu juga bergantung pada seberapa konten yang Anda upload pada website serta banyaknya komentar yang dituliskan oleh pembaca atau pengunjung website.

2. Lakukan Monitor Waktu Pada Loading Halaman

Mengingat tentang kecepatan loading sangat berperan penting bagi suatu website maka perlu diperhatikan seberapa lama waktu loading pada halaman website Anda. Biasanya website pada umumnya membutuhkan waktu kurang dari dua detik untuk memuat suatu konten pada halaman.
Apabila performa tersebut terganggu maka otomatis user akan menunggu lama. Karena hal tersebut juga berkaitan dengan pengunjung yang akan merasa bosan serta frustasi ketika mengujungi website Anda ketika mengalami waktu loading halaman yang terlalu lama karena tidak melakukan maintenance.Tak jarang juga banyak visitor jadi enggan untuk kembali berkunjung karena kurangnya pelayanan website yang kita sajikan.

Oleh karena itu, pentingnya maintenance WordPress untuk mengetes waktu loading secara berkala pada loading halaman website Anda. Memonitor waktu pada loading halaman dapat dilakukan menggunakan suatu layanan yaitu Pingdom Tools.

Cara menggunakan Pingdom Tools Anda dapat memasukkan alamat website yang Anda miliki kemudian pilih test server tergantung server mana yang Anda gunakan. Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan server US maka sebaiknya Anda jalankan test dari New York atau juga bisa San Jose.

Lakukanlah tes menggunakan layanan ini berulang kali agar dapat menghitung rata-rata waktu loading yang akurat. Setidaknya rutin lakukan sebulan satu kali agar Anda mengetahui waktu loading dari website Anda dan mengetahui masalah apa yang sedang dialami oleh website sebelum semuanya semakin memburuk dan mempengaruhi performa dari website Anda. Disamping itu jika ingin memiliki waktu loading yang cepat juga harus dipastikan website yang Anda miliki dibuat dengan webhosting yang berkualitas.

3. Backup Website

Untuk mengurangi segala kemungkinan buruk terjadi selama proses Maintenance WordPress, maka wajib bagi Anda untuk melakukan backup pada website. Hal tersebut berguna agar dapat meningkatkan keamanan serta memastikan bahwa semua proses dapat berjalan dengan lancar tanpa suatu masalah apapun.

Seperti contohnya, Anda mungkin saja akan mengalami website error atau rusak, Anda hanya perlu memperbaiki backup terbaru. Disisi lain meskipun kebanyakan orang banyak yang sudah mengetahui pentingnya backup website mereka tetapi masih saja hanya sebagian yang melakukannya.

Kabar baiknya, pada WordPress sendiri sudah menyediakan berbagai opsi untuk membackup situs. Maka setidaknya lakukanlah backup website seminggu sekali untuk menghindari kemungkinan buruk yang akan terjadi.

4. Bersihkan Cache dan WoordPress

Salah satu cara termudah yang dapat digunakan untuk mempercepat WordPress agar pengunjung betah mengunjungi website yang Anda miliki yaitu dengan cara Caching. Cara kerja Caching ialah browser para pengguna akan otomatis menyimpan bagian dari situs yang Anda miliki ke komputer internal mereka sehingga mereka tidak perlu memuat ulang halaman Anda setiap kali akan masuk ke Website Anda.

5. Update Plugin dan Tema

Tema dan Plugin merupakan salah satu keistimewaan yang dimiliki WordPress. Anda memiliki akses untuk dapat menambahkan fitur penting untuk website Anda. Namun demikian, semakin banyaknya plugin yang Anda install pada website makan kemungkinan resiko yang akan ditanggung juga semakin besar. Maka perlu diperhatikan maintenance WordPress agar masalh tersebut tidak terjadi karena hal tersebut terkait dengan keamanan website. Lakukanlah pengecekan Plugins dan tema secara teratur untuk mengetahui apakah ada pemberitahuan untuk update atau tidak. Pengecekan tersebut berguna agar dapat mengetahui apakah terdapat bug pada update atau tidak yang akan berpengaruh terhadap performa website yang Anda miliki.

Sekian 5 cara efektif dalam maintenance WordPress yang perlu diperhatikan dan dapat diterapkan agar tetap menjaga performa website terjaga stabil serta pengunjung tidak merasa frustasi ketika mengunjungi website Anda.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email