Seberapa Penting Payment gateway Indonesia di Toko Online
Seberapa Penting Payment gateway Indonesia di Toko Online

Seberapa Penting Payment gateway Indonesia di Toko Online

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Bisnis online harus direncanakan dengan baik. salah satunya, yaitu dalam membuat website WooCommerce nya, Anda bisa membuat website khusus toko online yang menjual produk Anda. Keuntungan yang didapatkan ketika memiliki website sendiri, yaitu tidak perlu repot lagi dalam mengurus bisnis online. Seluruh pelanggan dapat melakukan pembelian dan pembayaran langsung pada website.

Berbicara mengenai soal pembayaran website, Anda harus menggunakan sistem pembayaran yang tepat. Bila Anda membuka sistem pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, sebaiknya siapkan juga payment gateway.

Apa yang dimaksud dengan payment gateway? Payment gateway merupakan jasa yang menyediakan sistem pembayaran khusus untuk online melalui jaringan internet. Biasanya sistem pembayaran gateway digunakan oleh jasa pembuat E-Commerce yang menyediakan proses pembayaran produk menggunakan kartu kredit dan lainnya.

10 Hal Penting Payment gateway dalam Bisnis Online

Tahukah Anda bahwa payment gateway sangat penting dalam website bisnis online, terutama bagi Anda yang sudah menggunakan WooCommerce. Bahkan payment gateway ini akan memberikan keuntungan yang lebih besar, contohnya seperti menghasilkan uang melalui bisnis online tanpa adanya kesulitan dan bisa dilakukan secara cepat.

Berikut ini merupakan pentingnya menggunakan payment gateway yang harus Anda ketahui:

1. Sistem pembayaran dapat dilakukan pelanggan diseluruh daerah

Bisnis online identik sekali dengan promosi yang lebih luas. Produk di dalam website dapat dipromosikan ke seluruh daerah Indonesia bahkan bisa ke luar negeri. Layanan sistem payment gateway memungkinkan website Anda dikunjungi oleh pelanggan dari berbagai penjuru dunia. Mereka tidak takut untuk berbelanja karena sistem pembayaran yang Anda sediakan sangat mudah.

2. Pelayanan pelanggan lebih cepat

Belanja online dengan sistem payment gateway ternyata dapat melakukan pelayanan lebih cepat dibandingkan dengan toko fisik. Pelanggan yang berbelanja di toko fisik akan selalu mengantri dalam proses pembayaran produk. Berbeda kalau berbelanja di website, Anda hanya perlu belanja kemudian klik pembayaran. Tidak perlu mengantri dan seluruhnya dapat dilakukan secara online.

3. Dukungan program terbaik

Website dengan sistem gateway biasanya dilengkapi dengan dukungan program terbaik. Jasa akan memberikan berbagai layanan program berupa software khusus yang dapat Anda gunakan. Program tersebut akan menguntungkan Anda dan konsumen. Contohnya, yaitu konsumen lebih mudah dalam belanja produk dan melakukan pembayaran ototmatis saat selesai belanja.

4. Bertransaksi menjadi lebih mudah

Tentu saja sistem payment gateway akan mempermudah siapa saja yang berbelanja online melakukan transaksi. Pasalnya, dalam melakukan transaksi belanja online, Anda hanya tinggal klik beberapa tombol yang sudah disediakan. Sangat mudah sekali bukan? Bahkan anak-anak, remaja, orang tua, kakek, nenek bisa melakukan pembayaran tersebut.

5. Transaksi lebih aman

Banyak sekali penipuan tentang kartu kredit yang berada di internet namun, sistem payment gateway ini sangat aman. Siapapun yang menggunakan sistem ini, pasti konsumen selalu yakin pada Anda. Para konsumen sama sekali tidak akan merasa khawatir saat berbelanja produk.

6. Dapat melakukan belanja kapan saja

Setiap pelanggan memiliki aktivitas yang berbeda-beda, terlalu sibuknya mereka dalam melakukan aktivitas menyebabkan mereka tidak bisa berbelanja langsung ke pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, mereka lebih memilih untuk berbelanja online dengan memilih website yang sudah menerapkan sistem payment gateway.
Adanya hal tersebut memungkinkan mereka belanja dan melakukan pembayaran kapan saja selagi ada waktu luang.

7. Pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai metode

Pentingnya menggunakan sistem payment gateway berikutnya, yaitu membuat para pelanggan bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan. Adapun metode pembayaran yang disediakan dalam sistem payment gateway, yaitu ada virtual account, transfer bank, retail outlet, dan transfer bank. Adanya berbagai metode pembayaran ini membuat pelanggan Anda semakin leluasa dalam bertransaksi.
Pentingnya payment gateway ternyata sangat banyak. Anda telah mengetahui dengan jelas betapa pentingnya menggunakan payment gateway dalam sebuah bisnis online. Oleh sebab itu, Anda sebagai pebisnis online harus menggunakan sistem pembayaran ini, karena sistem ini mempermudah penjual maupun pembeli yang berbelanja di website toko online.

Sistem Payment gateway Membuat Penjual dan Pembeli Tidak Repot Melakukan Konfirmasi

Bahkan beberapa ada yang menyebutkan kalau sistem payment gateway ini sangat efesien sekali karena tidak merepotkan penjual dan pembeli. Penjual tidak perlu repot melakukan rekap konfirmasi produk oleh pelanggan karena sudah tertera jelas pada website.

Sistem payment gateway dengan jenis xendit menyediakan sebuah fitur yang sangat unggul, yaitu konfirmasi otomatis, pelanggan bisa melakukan konfirmasi jika sudah melakukan pembayaran.

Pembayaran yang dilakukan oleh pembeli harus dikonfirmasi langsung. Selesai melakukan pembayaran, pembeli langsung konfirmasi, caranya dengan menuju ke website dan tekan fitur konfirmasi. Secara otomatis update tentang konfirmasi pembayaran akan muncul pada dashboard xendit. Penjual dapat melihatnya dan segera melakukan pengiriman produk yang dibeli oleh pelanggan.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?