Woocommerce.jpg

WooCommerce

WooCommerce merupakan plugin WordPress yang sangat terkenal. Plugin ini dibuat khusus oleh WooThemes, sebuah perusahaan besar eCommerce. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang penjualan tema khusus untuk WordPress. Bisa dikatakan juga bahwa WooCommerce mampu membuat WordPress yang penampilannya biasa saja menjadi sangat luar biasa. WordPress yang sudah diplugin akan menjadi toko online.

WooCommerce menjadi sebuah sistem toko online terbaik di platform WordPress. Pengguna WooCommerce merasa puas karena dapat membuat toko website onlinenya semakin bagus dan pengunjungnya banyak. Menggunakan WooCommerce mampu menarik perhatian pelanggan untuk selalu mengunjungi website toko online.

Peluncuran dan Motto WooCommerce

Perlu diketahui bahwa WooCommerce diluncurkan pada tahun 2011. Sampai sekarang WooCommerce masuk ke dalam jajaran platform yang paling banyak penggunanya. WooCommerce juga bergabung sebagai platform terbaik untuk online shop builder di dunia saat ini. Sifat open source yang ditawarkan oleh WooCommerce, mengakibatkan banyak sekali masyarakat umum yang berkontribusi dalam proses pengembangan WooCommerce.

The most customizable eCommerce platform for building your online business merupakan motto WooCommerce hingga sekarang dijadikan sebagai pegangan berbisnis. Motto tersebut mencerminkan bahwa platformWooCommerce bisa digunakan menyesuaikan bisnis yang dijalankan. Dukungan tema dan ekstension yang digunakan gratis oleh WooCommerce tentunya membuat penggunanya semakin mudah membuat toko online.
Bila menggunakan WooCommerce maka, dapat melakukan berbagai macam modifikasi mulai dari bentuk, tampilan, animasi pada toko online. Dalam melakukan modifikasi tentunya tidak sulit, karena WooCommerce dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang mempermudah penggunaannya. Setiap fitur memiliki fungsi khusus, sehingga pengguna bisa memilih fitur yang diinginkan.

Fitur WooCommerce

WooCommerce termasuk plugin WordPress dilengkapi dengan fitur paling lengkap. Fitur yang disediakan tidak hanya membuat penjual senang karena dapat membuat tampilan toko website online bagus tetapi, para pembeli juga senang karena dapat belanja dengan mudah di toko online yang menggunakan WooCommerce.

Berikut ini merupakan fitur yang sering digunakan penggunanya untuk membuat toko online menggunakan WooCommerce.

1. Payment gateway

Default yang disediakan khusus oleh WooCommerce salah satunya yaitu payment gateway. Berbagai macam dari payment gateway ada transfer bank, Cash On Delivery (COD), stripe, dan paypal. Menariknya, pengguna WooComerce dapat melakukan integrasi payment gateway lainnya juga, contohnya bisa dilihat pada doku. Integrasi payment gateway nya seperti itu.

2. Product management

Secara bebas seseorang dapat menambahkan produk setiap hari. Baik menambahkannya dalam bentuk barang langsung, menggunakan produk contoh dan produk digital. Tentu saja dalam menambahkan produk, bisa mengubah ukuran, warna, dan atribut produk sesuai dengan keinginan. Product management ini juga bisa mengganti harga menjadi penawaran khusus.

3. Laporan penjualan

Pada WooCommerce, pengguna bisa membuat laporan secara ekstension. Hasilnya laporan penjualan akan lebih rinci dan jauh lebih baik. Ekstention yang ditambahkan memungkinkan untuk melakukan cetak laporan ke berbagai macam bentuk. Misalkan dalam bentuk file excel atau CSV. Saat melihat laporan tersebut, pengguna mungkin merasa senang karena terlihat jelas keuntungan dan kerugian pada penjualan melalui WooCommerce.

4. Shopping rule

Terdapat fitur shopping rule yang memudahkan para pembeli untuk melakukan order produk. Shopping rule dibuat oleh pengguna, menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis online. Biasanya ada beberapa peraturan yang harus diikuti oleh para pembeli. Misalkan aturan pemesanan, proses pembayaran, refund produk dan masih banyak lagi lainnya. Paling penting pengguna bisa merumuskan sendiri shopping rule dengan tepat.

WooCommerce fiturnya memang banyak, selain fitur yang telah disebutkan di atas ada beberapa fitur lainnya seperti SMTP email, coupon discount rule, shopping rule, dan order management.

Semua fiturnya memudahkan pemilik dan pembeli dalam mengakses toko online. Bisnis makin mudah karena adanya WooCommerce. Pembeli juga senang karena belanja juga lebih cepat dan mudah dari biasanya.

Cara Membuat Online Shop dengan WooCommerce

Cara membuat sebuah toko online dengan WooCommerce sangatlah mudah. Persiapan sebelum membuat toko online, sebaiknya langsung masuk ke WordPress admin terlebih dahulu. Usahakan masuk ke WordPress tersebut, kemudian dilanjutkan dengan langkah berikutnya. langkah-langkah membuat toko online WooCommerce bisa dilihat berikut ini.

1. Install dan aktifkan WooCommerce

Pertama install WooCommerce, caranya langsung tekan plugins pada admin WordPress. Klik add new, ketik pada kolom pencarian WooCommerce dan tekan install now. Beberapa saat proses install akan berjalan. Tunggu sampai proses install mencapai 100% dan tekan tombol aktif.

2. Mulai menggunakan WooCommerce

Selesai install aplikasi, pengguna disambut dengan tulisan welcome message. Langsung klik mulai dengan tekan tombol ungu langsung klik let’s go. Kemudian pengguna harus mengisi beberapa fitur pada langkah kedua ini. Diantaranya yaitu page setup, store locale, shipping and tax, payment, dan memulai untuk menjalankan WooCommerce.

3. Upload produk

Seperti biasa, selesai mengatur beberapa fitur, pengguna bisa melakukan upload produk sekarang juga. Saat melakukan upload produk, tidak bisa secepat yang pengguna bayangkan karena harus satu per satu. Tambahkan juga deskripsi dan harga produk supaya muncul pada website toko online. Menuliskan deskripsi harus menonjolkan keunggulan yang dimiliki oleh produk, supaya calon pembeli tertarik untuk order produk yang banyak.

Cara melakukan pengisian deskripsi dan harga sangat mudah tinggal mengikuti langkahnya dengan runtun di langkah ketiga. Tidak boleh melewati langkah satu kalipun agar bisa berhasil upload produk dengan benar dan hasilnya memuaskan.

4. Mengatur WooComerce

Langkah ke empat merupakan paling terakhir, meski begitu ada banyak hal yang harus diatur pada tahapan ini. Diantaranya, yaitu pengguna harus melakukan pengaturan pemesanan produk, kupon diskon, laporan WooCommerce, tentukan mata uang yang digunakan dalam transaksi penjualan, status penjualan, dan ekstention.

Proses pembuatan WooCommerce cukup mudah. Sebenarnya pengguna bisa saja membuat toko online WooCommerce sendiri, karena pada saat proses pembuatannya dilakukan menggunakan prosedur yang telah disiapkan oleh pihak WooCommerce. Langkah-langkahnya dibuat secara mudah, agar seluruh pengguna tidak merasa bingung. Pengguna bisa mempelajari sendiri cara pembuatannya dengan melihat langkah-langkah di atas.

Sudah tidak diragukan bahwa WooCommerce adalah plugin terbaik WordPress. Pasalnya aplikasi ini memiliki tools, bila menggunakan tools tersebut nanti dapat membuat toko online makin bagus dan berkembang pesat. Tanpa harus melakukan persiapan yang banyak, kini pebisnis online dapat membuat WooCommerce sendiri. Selesai melakukan proses pembuatan, selanjutnya pengguna dapat mengelola dengan baik toko onlinenya.

Kelebihan WooCommerce

WooCommerce direkomendasikan untuk digunakan pebisnis online. Aplikasi ini gratis namun memiliki kelebihan yang sangat banyak. Kelebihan WooCommerce yang harus diketahui oleh panggunanya bisa dilihat pada berikut ini.

1. Dapat digunakan pada platform WordPress

Seperti namanya WooCommerce, aplikasi ini dapat berjalan pada platform tersebut. Hal ini sudah dimanfaatkan oleh orang lain dalam membangun tokoh bisnis onlinenya.

2. Menyediakan variasi template dan tema

Kelebihan WooCommerce yang paling disenangi oleh penggunanya, yaitu memiliki variasi template serta tema dalam jumlah banyak. Menarik sekali pengguna WooCommerce dapat menggunakan template dan tema secara gratis untuk membuat toko bisnis online menjadi bagus.
Istimewanya lagi, template maupun tema yang berada di WooCommerce sudah termasuk ke dalam HTML5. Artinya template nya dibuat pada bootstrap 3 menggunakan CSS3, sehingga hasilnya sangat optimal, valid dan fiturnya lebih fungsional sekali.

3. Mendapatkan dukungan dari berbagai forum

Pengguna WooCommerce saat ini sangat banyak, jika baru menggunakan WooCommerce maka jangan takut. Berbagai forum tentang WooCommerce bisa dikunjungi, disana dapat mempelajari tentang menggunakan aplikasi tersebut. Bila mengalami kesulitan dalam membuat WooCommerce sebaik tanyakan pada forum.

4. Jumlah plugin banyak

Berbeda dengan aplikasi lainnya yang menawarkan plugin sedikit namun harus membayar mahal. Kelebihan WooCommerce bisa menyediakan plugin sebanyak mungkin yang dapat digunakan untuk kebutuhan toko bisnis online. Memanfaatkan plugin tersebut akan membuat nilai tampilan, fitur, dan lainnya dari toko online makin bertambah.

5. Mudah sekali pengembangannya

Pada waktu awal membuat toko online WooCommerce memang merasa kesulitan namun, dapat diatasi dengan cara belajar. Belajar tidak sampai membutuhkan waktu yang sangat lama, karena mengembangkan WooCommerce sendiri untuk toko online mudah sekali. Hanya dua atau tiga kali belajar saja, pengguna sudah bisa membangun toko online sendiri.

Melihat kelebihan WooCommerce yang lumayan banyak, menyebabkan pebisnis online tertarik untuk menggunakan WooCommerce. Memang kalau sudah mengenal tentang WooCommerce lebih dalam, maka mereka akan mencoba menggunakannya supaya toko onlinenya semakin bagus tampilannya. Menggunakan WooCommerce juga dapat membuat tampilan toko online semakin professional.

Kekurangan WooCommerce

Kekurangan WooCommerce tidak sebanyak keunggulan yang dimilikinya. Pengguna harus mengetahui kekurangan WooCommerce agar banyak yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya. Berikut ini adalah kekurangan WooCommerce:

1. Upload item produk harus dilakukan secara satu per satu

Kelemahan pertama yaitu sistem upload produk dalam WooCommerce harus dilakukan sedikit, tidak bisa sekaligus upload produk dalam jumlah banyak. Upload manual ini membuat WooCommerce tidak dapat dijadikan sebagai WooCommerce untuk toko online yang memiliki produk banyak. Masalahnya upload akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan tidak efesien waktu.

2. WooCommerce hanya sebuah plugin

WooCommerce bukan aplikasi yag berdiri sendiri, karena WooCommerce hanya sebuah plugin worpress. Oleh sebab itu sebelum menggunakan WooCommerce, disarankan agar memahami terlebih cara kerja dan sistem yang digunakan pada WooCommerce tersebut. Memahami dengan baik membuat pengguna semakin mengerti, sehingga dapat memaksimalkan penggunaan WooCommerce untuk toko online.

3. Fitur search produk membingungkan

Fitur search widget pada WooCommerce terlihat sangat professional namun, justru sebaliknya fitur tersebut ternyata sangat membingungkan. Contohnya, seperti fitur hasil pencarian sebuah produk, hanya menampilkan produk yang terbatas saja. Disisi lain tampilannya dapat berupa ulasan produk yang tidak dibutuhkan oleh para pembeli. Bila terjadi hal seperti ini pengguna WooCommerce harus melakukan setting lagi, agar tidak membuat pembeli menjadi bingung.

Tiga kekurangan di atas, bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan menggunakan WooCommerce atau tidak. Berbagai pendapat tentang kekurangan WooCommerce telah muncul, sehingga semua pengguna bisa mengeluarkan pendapat tentang kekurangan tersebut. Sebagian besar orang tidak mempermasalahkan pada kekurangan, karena bisa diatasi dengan cara khusus. Tergantung keinginannya sendiri-sendiri, tetap atau tidak menggunakan WooCommerce.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email