Optimasi SEO untuk Woocommerce
Optimasi SEO untuk Woocommerce

Optimasi SEO untuk Woocommerce

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

WooCommerce adalah plugin WordPress, sedangkan WordPress sendiri merupakan salah satu platform online shop builder. Bila Anda menggunakan website dengan platform WordPress, maka sebaiknya Anda juga menambahkan dengan plugin WooCommerce supaya website lebih menarik dan tidak terlihat biasa-biasa saja. WooComerce yang dimiliki oleh Anda bisa maksimal untuk toko online jika penggunaan SEO nya dapat dioptimalkan.
Perlu diketahui bahwa WooCommerce sangat erat dengan WordPress yang selalu menggunakan SEO friendly. Oleh karena itu, sebagai pebisnis online, Anda harus memanfaatkan untuk mengoptimalkan SEO agar website bisnis makin berkembang. Keuntungan lainnya ketika Anda optimasi SEO pada website WooCommerce, yaitu memungkinkan untuk semakin banyaknya pelanggan datang ke toko online.

Cara Optimasi SEO WordPress WooCommerce dengan Mudah

Penggunaan SEO dalam sebuah website WooCommerce itu sangat penting, oleh karena itu setiap pebisnis online harus mengetahui cara melakukan optimasi SEO pada website WooCommercenya.

Cara optimasi SEO bisa dibilang sangat mudah, Anda bisa melakukan optimasi SEO dengan dua acara yaitu on page SEO dan off page SEO. Berikut ini merupakan cara optimasi on page SEO.

1. Optimasi SEO pada konsten tulisan website

Melakukan publikasi terhadap konten yang berkualitas dan unik akan membuat niche Anda semakin bagus. Pasalnya, dengan mudah Google melakukan identifikasi pada topik yang digunakan pada website WooCommerce Anda. Bisa saja website menjadi ranking satu dimesin pencarian Google, sehingga pelanggan banyak sekali yang mengunjungi website WooCommerce untuk membeli produk.

2. Link internal yang dihubungkan dengan konten

Cara paling populer dalam melakukan optimasi SEO, yaitu menghubungkan internal link dengan konten. Anda bisa membuat internal link pada tulisan dengan menuju insert atau edit link. Disana ada kotak URL yang bisa diisi oleh link konten dan kotak title diisi nama judul tulisan. Centang tanda open link in a new window/tab dan klik update. Pastikan link penghubung ini tidak salah, supaya tepat langsung ke konten Anda.

3. Optimasi kata kunci

Kata kunci merupakan istilah yang sering digunakan pengguna internet untuk melakukan pencarian produk dimesin search Google. Penggunaan kata kunci yang bagus untuk melakukan optimasi SEO supaya dapat membuat produk Anda muncul di mesin pencarian Google. Kalau bisa kata kunci yang harus digunakan menduduki nomor satu agar berpeluang besar diklik oleh para pelanggan website WooCommerce.

4. Tag judul

Selanjutnya Anda bisa melakukan optimasi on page SEO dengan menggunakan tag judul. Biasanya judul dibuat dengan beberapa kata namun, dapat mendeskripsikan topik atau subyek yang berada di dalam konten website Anda.

Harus diperhatikan dalam judul halaman website maupun kontennya juga wajib disisipi dengan kata kunci. Tujuannya agar kembali lagi dapat muncul di search egine Google, tepatnya agar dapat menjadi ranking satu dihalaman mesin pencarian maupun halaman Google.

5. Meta description tag

Optimasi SEO pada meta deskripsi penting sekali dilakukan. Usahakan dalam meta deskripsi harus mengandung kata kunci konten supaya dapat terlihat pada target pengunjung. Penulisan meta deskripsi harus mengandung informasi tentang konten yang ditulis dan bisa membuat pembaca tertarik untuk mengunjung website WooCommerce.

6. Perhatikan deskripsi gambar

Setiap website WooCommerce memiliki gambar didalamnya, kebanyakan yaitu gambar produk yang dijual. Supaya optimasi SEO dapat meningkat, pastikan agar judul dan deskripsi gambar mengandung kata kunci. Buatlah kata kunci dan judul secara relevan agar enak saat dibaca. Pada deskripsi gambar produk juga bisa diselipkan kata kunci, tidak perlu banyak-banyak cukup satu saja paling penting ada didalam deskripsi.

7. URL

Menempatkan kata kunci pada URL atau biasa disebut dengan permalinks. Tujuannya untuk melakukan optimasi SEO pada website dengan mudah. Cara mengubah URL atau permalinks di website WooCommerce yaitu pilih setting, permalinks yang berada pada dashboard WordPress. Segera atur struktur permalinks dengan post name. membuka bagian default dan terlihat permalinks dapat menyerupai judul artikel Anda.

Optimasi SEO memang sangat mudah, kalau Anda tidak percaya sekarang dapat membuktikannya sendiri. Ikuti langkah-langkah optimasi SEO on page di atas, dijamin dalam beberapa jam saja Anda sudah bisa melakukan optimasi SEO pada website WooCommerce bisnis.

Ada satu lagi optimasi SEO yaitu secara off page. Pada SEO off page ini hanya digunakan untuk pada bagian luar website. Artinya untuk membuat website selalu berada di mesin pencarian Google. Cara yang paling sering digunakan dalam optimasi SEO off page yaitu dengan membangun link dan backlink.

Anda pasti sudah mengetahui cara membangun link maupun backlink karena sudah biasa digunakan oleh seluruh para pebisnis online. Semua sudah beres, sekarang tinggal masukkan yang dapat Anda gunakan, yaitu pada waktu ingin memaksimalkan SEO off page harus menggunakan pendekatan paling terbaik. Tujuannya untuk mengirimkan konten pada jangkau orang atau calon pelanggan yang menyukai dengan produk Anda.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?