Optimasi Ecommerce untuk Pengunjung Mobile
Optimasi Ecommerce untuk Pengunjung Mobile

Optimasi Ecommerce untuk Pengunjung Mobile

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Bisnis online sekarang ini tidak luput dengan menggunakan website ecommerce. Setiap pebisnis lebih menggunakan website jenis ecommerce agar membuat toko onlinenya lebih menarik perhatian para pelanggan. Memang hal tersebut benar pasalnya, para pelanggan menjadi lebih bersemangat dalam berbelanja. Apalagi di zaman yang serba canggih dan modern ini, para pengunjung website ecommerce bisa belanja hanya dengan menggunakan mobile smartphone saja.

Berbagai cara dilakukan pebisnis untuk menarik perhatian pelanggan dan pengunjung website. Anda juga tidak boleh kalah, langsung cari caranya tentang menaikkan jumlah trafik pengunjung website toko online.

Bagaimana cara menaikkan jumlah pengunjung dan pembeli website toko online? Salah satu cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan melakukan optimasi Ecommerce. Benar sekali optimasi Ecommerce ini menjadi cara paling jitu dalam mendapatkan pelanggan yang banyak untuk berkunjung pada website online. Paling tidak Anda bisa mendapatkan kenaikan pengunjung website secara signifikan sebesar 20% setiap harinya.

Melakukan optimasi Ecommerce juga tidaklah mudah, cara yang harus ditempuh dalam melakukan optimasi Ecommerce, yaitu menggunakan teknik optimasi SEO. Artinya dengan menggunakan optimasi SEO website Ecommerce, maka dapat membuat branding website makin tinggi sehingga banyak pengunjungnya.

Cara Optimasi Ecommerce dengan Menggunakan SEO

Pebisnis online sekarang memang jumlahnya sangat banyak namun, masih sedikit yang menerapkan teknik SEO pada website Ecommercenya. Padahal telah diketahui bahwa teknik SEO mampu membuat website Ecommerce lebih banyak pengunjung mobilenya. Disisi lain trafik pengunjung aktif (membeli produk) juga mengalami peningkatan dengan cepat. Simak cara melakukan optimasi Ecommerce dengan teknik SEO pada berikut ini.

1. Riset kata kunci

Langkah pertama, yaitu melakukan riset kata kunci produk yang digunakan dalam website Ecommerce website. Riset kata kunci ini adalah langkah paling penting dalam teknik SEO jadi harus dilakukan dengan baik.

Riset kata kunci tidak perlu dilakukan dengan menebak berbagai kata kunci yang berkompeten. Anda bisa melakukan riset secara langsung tentang kata kunci yang mengoptimalkan halaman produk di Google Keyword Planner. Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner ini secara gratis. Gali informasi mengenai kata kunci yang paling berkompeten dan gunakan untuk website Ecommerce Anda.

2. Page URLs

Page URLs penting sekali dibuat, Anda harus membuat sebuah URLs website Ecommerce yang ramah supaya dapat diketahui oleh pengunjung website. Keuntungan Anda menggunakan page URLs ternyata sangat berpotensi sekali dalam mesin pencarian. Menggunakan URLs relevan dengan halaman website pastinya akan memudahkan pengunjung untuk melakukan belanja pada toko Anda.

Merancang URLs Ecommerce memang tidak mudah namun, Anda harus melakukan perancangan terbaik. Apalagi kalau Anda menggunakan platform website cms contohnya WordPress, URLs akan berperan penting dalam meningkatkan traffic pengunjung Ecommerce mobile. Ditambah lagi Anda bisa mengatur beberapa permaklink yang nantinya akan dihubungkan pada URLs maka, dijamin pengunjung website makin meningkat.

3. Melakukan optimasi pada gambar produk

Optimasi pengunjung Ecommerce mobile ternyata tidak mengutamakan pada teks tulisan saja tetapi, Anda bisa melakukan optimasi gambar produk. Biasanya website Ecommerce dipenuhi dengan foto produk yang dijual. Saat upload produk usahakan memberikan judul dan keterangan produk.

Dalam membuat judul gambar harus memasukkan kata kunci, begitu juga saat menuliskan keterangan produk Anda harus menyisipkan kata kunci di dalamnya. Cara mudah ketika memasukkan kata kunci baik ke dalam judul maupun deskripsi yaitu menggunakan atau mengisi tag alt. Anda tinggal mengisi kata kunci disana kemudian semua kata kunci bisa disisipkan dengan baik.

4. Description tag

Salah satu cara yang juga dapat digunakan sebagai optimasi website Ecommerce yaitu memperhatikan description tag. Tujuan Anda mengoptimalkan penggunaan description tag yaitu dapat membuat CTR menjadi lebih maksimal. Nantinya memberikan efek yang baik pada kata kunci yang digunakan pada Ecommerce.

Hasilnya, website akan menempati rangking di Google, meski tidak menduduki ranking paling atas namun masih bisa masuk ke 10 ranking besar. Description tag sangat berbeda dengan lainnya karena kata yang digunakan lebih panjang. Contohnya seperti “klik disini untuk mendapatkan diskon 70%, sale untuk seluruh item produk, gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia.“

5. Link Building

Optimasi Ecommers lebih maksimal lagi jika Anda menggunakan off-page SEO dan on-page SEO. Cara yang harus Anda lakukan, yaitu dapat membangun sebuah backlinks. Pastikan kalau backlinks yang digunakan sama dengan website autoritas. Usahakan backlink memiliki kualitas bagus sehingga dapat muncul pada halaman depan Google. Hindari menggunakan backlink dari sebuah content farm.

Mudah sekali optimasi SEO pada website Ecommerce. Bila Anda menggunakan optimasi ini, dijamin Anda akan mendapatkan hal yang tidak terduga yaitu makin banyaknya pengunjung mobile Ecommerce. Seperti yang telah Anda ketahui makin banyak pengunjung Ecmmerce, maka peluang menghasilkan keuntungan lebih besar akan terbuka lebar.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?