Cara Membangun Branding untuk E-Commerce

Cara Membangun Branding untuk E-Commerce

Sangat penting membangun brand untuk bisnis online yang Anda jalankan. Brand sangat penting dan menjadi salah satu faktor yang turut mempengaruhi pertumbuhan serta peningkatan bisnis yang Anda jalankan. Kini ada cara membangun branding e-commerce untuk mengembangkan bisnis yang Anda jalankan.

Bagaimana cara membangun branding untuk e-commerce Anda?

Dari pernyataan di atas telah tergambarkan bagaimana pentingnya membangun branding. Selain itu, membangun branding akan membantu dalam mendapatkan apa yang telah Anda targetkan, sehingga tujuan akhirnya Anda akan mengubah para calon pembeli menjadi customer.
Cara membangun branding untuk e-commerce sesungguhnya sangatlah mudah jika Anda bisa melakukan beberapa langkah sebagaimana di bawah ini:

  1. Dengan memanfaatkan sosial media

    Cara membangun branding e-commerce yang pertama adalah memanfaatkan sosial media. Sosial media sudah dikenal luas oleh setiap orang. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih tentunya harus disertai dengan pemanfaatan kepada hal positif, sehingga dengan demikian akan bermanfaat untuk banyak orang.
    Salah satunya, yakni dengan membangun branding untuk e-commerce. Selain itu, membangun brand menggunakan sosial media juga tidak memerlukan biaya yang cukup tinggi, bahkan gratis.

  2. Menjadi orang yang aktif di Youtube

    Sebagai seorang pebisnis online, Anda perlu membuat channel tersendiri guna mengirimkan video berkualitas secara konsisten di Youtube untuk membangun brand.
    Tujuannya adalah untuk mencapai jumlah followers yang banyak, sehingga menjadi viral dan channel Youtube yang Anda miliki akan secara otomatis memasarkan diri.

  3. Menggunakan press release

    Cara membangun branding e-commerce adalah dengan menggunakan press release yang mana Anda akhirnya akan mampu masuk ke berita Google. Cara ini menjadi sangat efektif karena sangat banyak yang akan membaca berita online, sehingga akan banyak juga yang ikut menyebarkan artikel Anda.

  4. Membangun Otoritas

    Seorang pebisnis online bisa membangun sebuah otoritas untuk web ataupun blog sehingga menjadi ahli dalam niche. Cara mudahnya, yakni dengan menuliskan postingan yang baik secara kualitas untuk web ataupun yang dimiliki.
    Tidak hanya untuk membangun branding, namun juga memberikan manfaat melalui hal-hal berkualitas yang telah diposting. Selain itu, Anda bisa membangun otoritas dengan melakukan update dalam industri Anda, sehingga orang-orang yang mengikuti Anda akan mendapatkan informasi yang relevan.

  5. Memberikan barang secara gratis

    Cara selanjutnya yakni dengan memberikan barang secara gratis, bisa dengan membagikan e-book gratis, atau bisa dengan memberikan layanan satu kali, dan yang lainnya.
    Lakukan saja secara sederhana, misalnya Anda akan memberikan sebuah e-book gratis apabila mereka mau mengirimkan sebuah postingan yang mengikutsertakan iklan bisnis Anda.

Langkah selanjutnya dari cara di atas adalah dengan menspesifikkan audience, membangun reputasi yang baik pada forum yang berkaitan dan relevan, menggunakan Pay Per Click Advertising, serta dengan mengirimkan post link yang Anda miliki ke berbagai situs bookmark semisal Digg, Reddit, ataupun StumbieUpon.
Beberapa cara membangun branding e-commerce di atas, bisa dilakukan dengan mudah dari awal sampai akhir selama Anda yakin dan memiliki keberanian untuk mempraktikkannya. Selain itu ada strategi khusus yang juga bisa diterapkan bisnis online yang Anda jalankan.

Apa saja strategi branding untuk bisnis online ?

Strategi branding memang perlu dilakukan dan menjadi sangat penting karena hal ini akan meningkatkan bisnis online Anda. Adapun strategi branding yang sangat mudah dilakukan antara lain sebagai berikut :

  1. Menemukan nilai jual unik yang dimiliki produk Anda

    Hal dasar dalam penyusunan strategi branding adalah dengan menemukan nilai jual unik yang dimiliki oleh sebuah produk. Tujuan dari hal ini adalah untuk memberikan perbedaan brand produk Anda dengan yang lain serta akan lebih menarik perhatian dari para customer.
    Produk unik ataupun website e-commerce yang dibuat dengan keunikan yang berbeda akan meningkatkan branding dari produk Anda.

  2. Membedakan brand produk secara kualitas

    Sebuah produk yang berkualitas akan memberikan pengaruh pada loyalitas dari customer. Jika produk yang Anda buat baik secara kualitas, dapat dipastikan diri Anda akan terhindar dari adanya komplain dari customer pada media sosial dan customer pun akan setia kepada Anda.

  3. Melakukan personalisasi pengalaman customer

    Strategi branding yang juga tidak kalah penting adalah dengan melakukan personalisasi pengalaman customer. Hal ini bisa dilakukan dengan kustomisasi package produk yang Anda tawarkan. Selain itu juga bisa dilakukan riset baik dari produk fisik maupun produk branding.

  4. Menunjukkan apresiasi kepada setiap customer

    Memberikan apresiasi baik berupa ucapan terima kasih ataupun dengan mengadakan sebuah program royalty akan membuat para customer menjadi lebih akrab dan dekat kepada diri Anda. Hal ini menjadi startegi branding tersendiri.

Strategi-strategi di atas perlu diterapkan untuk mendukung cara membangun branding untuk e-commerce Anda.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email