cara memulai berjualan online

Bagaimana Cara Memulai Berjualan Online? Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Banyak orang yang bingung bagaimana cara memulai berjualan online. Di dalam artikel ini dijelaskan bagaimana caranya namun sebelumnya Anda perlu mengetahui apa itu online shopping. Online shopping adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari penjual barang atau jasa tersebut melalui internet yang mana penjual dan pembeli tidak pernah bertemu sementara barang yang diperjualbelikan ditawarkan melalui gambar yang ada di website atau toko maya.

Setelahnya pembeli dapat memilih barang yang diinginkan untuk kemudian melakukan pembayaran kepada penjual melalui rekening bank yang bersangkutan atau dengan cash on delivery (COD) maupun dengan metode pembayaran lainnya. Setelah proses pembayaran diterima, kewajiban penjual adalah mengirim barang pesanan pembeli ke alamat tujuan. Sementara pada COD barang dan pembayaran diberikan bersamaan secara langsung.

Berjualan Offline atau Online?

Sebelum kita membahas bagaimana cara memulai berjualan online, terlebih dahulu kita harus tahu perbedaan antara berjualan offline maupun online. Baik berjualan secara online maupun offline, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berjualan offline memiliki kelebihan berupa pelanggan dapat memilih barangnya sendiri. Akan tetapi, berjualan offline juga memiliki kekurangan berupa biaya yang dikeluarkan cukup besar untuk membangun toko fisik serta untuk operasional.

Secara garis besar keuntungan berjualan online adalah biaya awal yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan membuat toko fisik tradisional. Selain itu, pelanggang juga dapat dengan mudah berbelanja melalui eCommerce tanpa ada batasan tempat maupun waktu. Ditambah lagi, semua interaksi antara pelanggan dan toko online dapat dilacak dan dievaluasi secara akurat sehingga Anda dapat menentukan strategi marketing yang lebih efektif di masa depan.

Sementara itu, kekurangan dari berjualan online adalah dibutuhkan biaya yang cukup banyak untuk membangun citra brand dan menarik perhatian pelanggan. Sewaktu berjualan online Anda tidak akan bertatap muka dengan pelanggan sehingga Anda akan menemukan kesulitan dalam membangun kedekatan dengan pelanggan. Meskipun begitu, berdasarkan uraian di atas, berjualan online memiliki lebih banyak keuntungan sehingga akan dibahas lebih lanjut bagaimana cara memulai berjualan online.

Cara Memulai Berjualan Online

Sebelum Anda tahu cara memulai berjualan online, Anda perlu menentukan apa yang ingin dijual. Anda harus sudah memiliki gambaran produk atau jasa yang akan Anda jual secara online dan bagaimana strategi penjualan. Selain itu, Anda harus mengetahui apa yang membedakan toko online Anda dengan kebanyakan toko online lainnya.

Selanjutnya, setelah Anda mengetahui bagaimana cara memulai berjualan online Anda perlu menguji pasar dengan menjual produk dalam skala kecil. Anda dapat mencoba menjual produk secara offline sebelum memasarkannya melalui online sebagai pilihan yang bijaksana. Setelah itu, ketahuliah siapa yang membeli produk Anda dan berapa mereka bersedia membayar produk Anda. Hal ini bertujuan agar Anda dapat melihat segmentasi pasar secara jelas dan terarah.

Sebelum membuka toko online, luangkan waktu Anda untuk menyusun rencana bisnis secara rinci. Meskipun bisnis ini adalah cara jualan online gratis, namun tetap saja ada biaya produksi dan memetakan biaya pengiriman. Setelah mengetahui bagaimana cara memulai berjualan online, Anda dapat segera menjalankan bisnis online.

Untuk mengetahui bagaimana caranya menemukan ide apa yang ok untuk dijual secara online, Anda dapat membaca artikelnya disini: Bagaimana Cara Menemukan Ide untuk Jualan Online?

Perhatikan Beberapa Hal Ini Ketika Berjualan Online

Setelah mengetahui cara memulai berjualan online, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting sewaktu berjualan online di antaranya adalah Anda perlu memperhatikan pelanggan sebagai target pemasaran Anda. Setelah mengetahui dasar bagaimana cara memulai berjualan online Anda juga perlu memaksimalkan website. Anda harus memaksimalkan tampilan web terkait, karena toko online juga memegang peranan penting dalam menarik minat pengunjung ke toko online tersebut.

Oleh karena itu, mungkin dapat mempertimbangkan jasa web designer guna mempercantik tampilan website toko online anda, dan dioptimalkan secara berkala. Anda juga harus memperhatikan para pengguna smartphone. Hal ini dikarenakan, orang lebih mudah menggunakan smartphone mereka untuk mengakses segala informasi, termasuk belanja online.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan dunia online guna dapat beriklan dan berpromosi secara maksimal. Sosial media adalah jalan anda untuk melakukan promosi usaha online secara gratis. Anda juga dapat menggunakan hashtag setiap melakukan promosi produk. Hashtag dengan tanda tagar (#) akan memudahkan orang-orang dalam mengakses suatu informasi, termasuk usaha online milik anda. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kalimat yang menarik.

Penting juga bagi Anda untuk membangun hubungan personal dengan pelanggan atau follower sosial media kita karena pelanggan setia adalah investasi untuk usaha anda. Pastikan juga memberikan respon cepat pada pelanggan. Selain gunakan metode marketing flash sale dengan berbagai e-commerce untuk menarik perhatian para pelanggan. Setelah mengetahui bagaimana cara memulai berjualan online, apakah sekarang Anda sudah mantab untuk memulai berjualan online?

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email