Bagaimana-Cara-Menemukan-Ide-Untuk-Jualan-Online

Bagaimana Cara Menemukan Ide untuk Jualan Online ?

Permulaan yang sepertinya cukup lumayan susah untuk para pebisnis adalah menemukan ide jualan online. Bisnis atau mulai jualan online merupakan salah satu solusi untuk bisa bersaing di era yang sudah semakin modern. Dimana orang-orang lebih memilih untuk semuanya serba online.

Namun untuk bisa melangkah di jalur tersebut, Anda harus bisa menentukan “ingin jualan apa?” Tidak perlu banyak khawatir, karena disini kami akan memberikan sedikit tips bagaimana menemukan ide bisnis kreatif untuk para wirausahawan pemula.

Memperhatikan Bisnis Offline di Lingkungan Sekitar

Khusus untuk para pemula, yang belum banyak mengetahui banyak tentang cara jualan yang baik dan benar, tidak perlu pusing dan risau akan hal tersebut. Untuk mendapatkan ide jualan online, Anda bisa mulai dari memperhatikan lingkungan sekitar Anda. Pastinya sudah banyak toko-toko ofline yang sukses dalam berjualan.

Anda bisa mengambil ide tersebut dan mencobanya untuk dijual secara online. Jika barang-barang tersebut laku dijual secara ofline, kemungkinan 80% lebih, produk tersebut juga pasti akan laris manis di pasar online. Karena biasanya kebutuhan orang, baik ofline ataupun online adalah sama.

Melakukan Riset di Berbagai Website Online

Cara kedua untuk bisa mendapatkan ide bisnis online terpercaya 2018, Anda bisa meriset berbagai pasar online, mulai dari mengunjungi situs-situs website e-commerce dan marketplace yang terpercaya. Kemudian cari beberapa ide yang memang sudah terbukti laris di pasar online.

Lihat dari penilaian dan track recordnya, sudah sampai dimana mereka memasarkan ide produknya tersebut? Jika sudah meluas ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke mancanegara, Anda bisa menjadikan ide tersebut sebagai referensi. Kalau bisa riset sebanyak mungkin, agar bahan pertimbangan Anda banyak dan lebih maksimal sebelum menentukan ide jualan online.

Kunjungi Akun-akun Online Shop di Media Sosial

Tidak cukup melakukan riset hanya di website online saja, namun Anda juga harus merambah ke dunia social media. Semua orang sepakat bahwa media social adalah target pasar yang paling mudah dijangkau oleh siapa saja. Tidak mengenal tua, muda, remaja bahkan anak-anak bisa menggali pundi-pundi rupiah bahkan dolar hanya dari bermain media social.

Bagi Anda yang saat ini sudah memutuskan ingin mencoba jualan online, maka tidak ada salahnya untuk banyak mengunjungi akun-akun online shop yang banyak tersebar di media social seperti instagram, twitter, facebook, youtube dan sebagainya. Ide-ide jualan mereka bisa menambah referensi ide jualan online Anda.

Masuk Ke Berbagai Forum atau Komunitas Online

Cara memulai bisnis online dari nol, tidak cukup hanya dengan mengAndalkan pemikiran Anda sendiri. Terkadang untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda butuh pemikiran serta masukan dari orang lain yang mungkin sudah berpengalaman lebih dulu dari pada Anda. Saat ini sudah banyak forum atau komunitas-komunitas online yang didalamnya bisa dijadikan untuk tempat curhat atau berkeluh kesah tentang apa yang Anda rasakan.

Anda juga dapat bertukar pikiran atau meminta solusi ide jualan online yang akan Anda kelola. Feedback yang diberikan juga biasanya tidak tanggung-tanggung. Mereka tidak segan memberikan banyak tips dan trik untuk Anda. Maka dari itu masuk ke berbagai forum dan komunitas online sebelum menentukan ide tentunya akan sangat membantu Anda.

Sering Membaca Review Produk

Anda akan tau bagaimana produk tersebut sangat dibutuhkan oleh para konsumen adalah dari membaca setiap review produk. Tidak semua produk yang laris manis dipasar online, itu berarti produk tersebut sudah pasti bagus dan yang paling dibutuhkan oleh semua khalayak.

Bisa jadi ide tersebut hanyalah ide booming sementara yang hanya laris beberapa minggu, kemudian garfik penjualannya menurun seiring berjalannya waktu. Dengan banyak membaca review ide jualan online orang lain, maka Anda bisa tau ide seperti apa sih yang sebenarnya benar-benar dibutuhkan konsumen dalam jangka panjang.

Mulai Memperhatikan Hobi dan Kemampuan Anda

Anda juga bisa mendapatkan ide dari hobi dan kemampuan Anda terhadap suatu hal. Rasa ketertarikan yang muncul secara alamiah dapat membantu Anda untuk memetakan ide jualan online atau produk seperti apa yang akan Anda jual ke pasar online. Mulailah dengan membuat daftar hobi serta keahlian yang Anda miliki.

Kemudian terapkan atau bisa digabungkan menjadi sebuah ide bisnis unik untuk toko online Anda. Sebagai contoh, Anda mempunyai passion di bidang memasak dan kebetulan Anda juga senang berkuliner ke berbagai kota. Anda bisa mencoba ide bisnis jualan makanan atau produksi cemilan yang dibutuhkan banyak orang.

Mencari Inspirasi dengan Liburan

Cara terakhir adalah dengan liburan. Mencari sebuah ide untuk berbisnis memang tidak semudah itu. Selain Anda harus melakukan riset mendalam dari berbagai macam aspek, Anda juga diharuskan mencari ide yang seunik mungkin. Beda dari yang lain. Ide tersebut bisa muncul secara tiba-tiba jika Anda pergi liburan. Ketika liburan, pikiran dan mood akan terasa fresh, sehingga pikiran akan lebih terbuka akan. Ketika pikiran terbuka, Anda bisa dengan mudah menemukan ide jualan online yang fresh dan tentunya bermutu.

 

Bagi Anda yang sudah menemukan ide barang yang ingin Anda jual secara online atau pun masih bingung dengan market research yang dilakukan dapat melihat contoh portofolio kami sebagai referensi atau melihat layanan kami yang dapat mensupport rencana bisnis Anda.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email