Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Contoh Konsep Pemasaran

Contoh Konsep Pemasaran Corporate Sosial Responsibility dari 5 Perusahaan Ternama

August 21, 2022
No comments
Share

Bicara masalah contoh konsep pemasaran holistik, Anda pasti sudah mengenal salah satu jenisnya yang sering digunakan. Yaitu konsep CSR atau Corporate Sosial Responsibility.

CSR adalah salah satu jenis pemasaran holistik yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dunia. Salah satunya adalah Google.

Awalnya CSR hanyalah sebagai proyek sosial yang menyejahterakan masyarakat. Namun akhirnya aktifitas sosial ini diadopsi oleh banyak perusahaan sebagai konsep marketingnya. Karena tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan. Tapi juga masyarakat di sekitarnya.

Pengertian Contoh Konsep Pemasaran CSR

Secara sederhana, yang dinamakan dinamakan dengan Corporate Sosial Responsibility atau CSR adalah sebuah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lokasi di mana dia tumbuh. Tidak hanya lokasi kantor atau pabriknya saja. Tapi juga lokasi yang mencakup area pemasaran.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Google Ads dan Apa Kelebihannya?

Keberadaan perusahaan tidak hanya sebatas mengejar keuntungan atau menyejahterakan karyawan saja. Tapi juga lingkungannya. Bagaimana lingkungan bisa menjeadi lebih baik setelah adanya perusahaan tersebut.

Contoh Konsep Pemasaran CSR Pada Perusahaan

CSR tidak hanya didominasi oleh perusahaan kecil saja. Tapi juga beberapa perusahaan besar kelas dunia. Berikut beberapa contoh konsep pemasaran CSR dari perusahaan besar dunia.

PT Telkom Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Telkom? Salah satu perusahaan komunikasi terbaik di Indonesia ini juga menggunakan strategi CSR. Dengan mengadakan IDL atau Indonesian Digital Learning.

Pada program IDL ini, Telkom mengadakan pelatihan bagi guru untuk bisa menggunakan teknologi digital lebih baik lagi. Tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan. Tapi juga kompetensi serta kualitas diri.

Para guru dibekali berbagai ilmu di bidang digital sebagai bekal untuk mengajar anak didiknya. Sampai saat ini, sudah ada banyak guru yang mengikuti pelatihan dari PT Telkom ini.

Secara tidak langsung, program CSR yang digagas oleh Telkom ini merupakan wujud kontribusinya bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan cara meningkatkan kualitas dan kompetensi guru-gurunya.

PT Unilever Indonesia

Lain halnya dengan PT Unilever Indonesia. Salah satu perusahaan penyedia kebutuhan rumah tangga ini juga melakukan program CSR pada beberapa produknya. Setiap produk memiliki program yang berbeda.

Seperti edukasi tentang pentingnya gosok gigi yang dilakukan oleh Pepsodent. Caranya adalah dengan mendatangi beberapa sekolah dasar terpilih di Indonesia. Lalu mengedukasi muridnya tentang bagaimana cara sikat gigi dengan benar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Satu perusahaan beda cara CSR juga dilakukan oleh produk sabun Lifebuoy. Kalau Pepsodent fokus pada edukasi menjaga kesehatan mulut, begitu pula dengan Lifebuoy. Lebih fokus pada edukasi tentang bagaimana cara mencuci tangan yang tepat. Untuk menghindari kuman masuk melalui mulut.

Terutama saat musim pandemi. Lifebuoy terus gencar melakukan edukasi baik lewat online maupun offline. Membangun tempat cuci tangan di beberapa titik kota tertentu. Sebagai wujud komitmen dalam menurunkan penularan Covid-19.

Begitu juga dengan kecap Bango. Salah satu produk dari Unilever food ini juga melakukan CSR. Dengan cara melestarikan kuliner Nusantara. Mengadakan pekan pameran kuliner Nusantara di beberapa kota. Selain mempromosikan produk, juga mengajak masyarakat untuk lebih mencintai masakan asli Indonesia.

PT Pembangkitan Jawa Bali

PT Pembangkitan Jawa Bali atau yang biasa disebut sebagai PT PJB adalah anak perusahaan dari PLN. Yang bergerak dalam bidang pembangkit listrik.

Sebagaimana perusahaan besar lainnya di Indonesia, PT PJB juga melakukan contoh konsep pemasaran CSR. Dengan pemberian beasiswa dalam program Akademi Komunitas. Program ini memberikan beasiswa kuliah D1 kelistrikan. Bagi penerima beasiswa yang lulus, akan direkrut menjadi karyawan di PT PJB.

Selain memberi manfaat terkait ketersediaan listrik di Indonesia, perusahaan ini juga ingin berperan aktif di masyarakat. Terutama pada pengurangan jumlah pengangguran di Indonesia.

Google

Generasi milenial dan aktivis pengguna internet pasti tidak asing dengan Google. Meski namanya telah terkenal seantero jagat, nyatanya Google masih mencoba berkontribusi untuk lingkungan dengan program CSR-nya. Tidak hanya satu program saja. Melainkan banyak program yang bermanfaat untuk masyarakat.

Salah satunya adalah mendirikan organisasi dan yayasan. Seperti AdGrant yang bertugas memberi dana hibah ke 50 organisasi nirlaba dunia. Selain itu, ada Google Green, dan lain sebagainya.

Lego

Dari namanya saja Anda pasti sudah mengetahui apa itu Lego. Sebuah perusahaan mainan susun balok terkenal dan terbesar di dunia. Juga melakukan program CSR sebagai contoh konsep pemasaran holistik.

Bekerja sama dengan World Wide Fun for Nature. Menyediakan berbagai mainan yang tidak hanya ramah anak. Tapi juga ramah lingkungan. Selain berkontribusi untuk lingkungan, program ini juga digunakan sebagai salah satu konsep pemasaran holistik.

Manfaat CSR untuk Masyarakat

Sebagai salah satu konsep marketing, ternyata CSR tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan. Tapi juga untuk masyarakat. Berikut beberapa manfaat CSR untuk masyarakat.

Meningkatkan Sumbar Daya Manusia

Seperti yang dicontohkan oleh PT PJB dengan program beasiswa pemberdayaan. Tujuannya adalah mengurangi tingkat pengangguran dengan pendidikan produktif. Merekrut lulusannya untuk menjadi karyawan di PT PJB.

Cara ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sumber saya manusia. Sehingga meningkatkan sumber daya manusia di masa depan. Agar bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Seperti apa yang dilakukan oleh Aqua. Dengan menyediakan sumber air bersih di lokasi yang masih kesulitan mendapatkan air bersih. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Air adalah kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Tanpa air bersih, kualitas hidup manusia akan menurun. Dengan adanya akses air bersih yang dekat, tidak hanya kualitas kesehatan saja yang meningkat. Tapi juga kualitas mental manusia di masa depan.

Kelestarian Lingkungan yang Terjaga

Ada beberapa perusahaan besar yang melakukan program CSR dengan cara pengolahan limbah. Tidak hanya limbah dari pabriknya saja. Tapi juga pengelolaan sampah yang ada di masyarakat.

Baca Juga: 8 Keunggulan Google Ads Dibandingkan Channel Lain?

Mendirikan tempat pembuangan akhir sampah yang dikelola dengan baik. Menjadikan masalah sampah lebih tertata dan tidak lagi menjadi masalah yang mengganggu kenyamanan hidup sehari-hari.

Fasilitas Umum Terpelihara

Meski masih jarang, namun ada juga perusahaan yang membuat program CSR dengan membangun atau memperbaiki fasilitas umum. Seperti jalan, jembatan, toilet umum, dan sarana umum lainnya.

Seperti pembangunan jembatan di sungai besar yang membelah dua lokasi. Dengan pembangunan jembatan ini, distribusi bahan pangan dan pertanian menjadi lebih mudah. Perjalanan anak-anak ke sekolah juga menjadi lebih mudah.

Dengan cara seperti ini, fasilitas umum bisa terjaga dengan baik. Segala aktifitas masyarakat akan menjadi lancar dengan fasilitas umum yang memadai. Akses ke kota atau lokasi lainnya menjadi lebih mudah dan murah.

Itulah berbagai contoh konsep pemasaran holistik dengan menggunakan Corporate Sosial Responsibility. Dengan cara seperti ini, perusahaan lebih bisa memperhatikan keadaan masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Lalu berkontribusi untuk mengadakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down