Pengertian SEO on Page dan 3 Teknik Utamanya
Pengertian SEO on Page dan 3 Teknik Utamanya

Pengertian SEO on Page dan 3 Teknik Utamanya

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Apabila Anda sudah cukup sering beraktivitas di dunia maya, maka kata SEO bukan hal asing lagi. SEO atau Search Engine Optimization, terdiri dari SEO on Page dan SEO off page. Keduanya adalah strategi atau upaya spesifik yang digunakan oleh pemilik blog maupun website dalam mengoptimalkan situs mereka.

Optimal di sini berarti apabila pengguna internet menuliskan kata kunci tertentu pada mesin pencari seperti Google maupun Yahoo, maka website dengan SEO paling optimal akan muncul di halaman pertama dengan peringkat tinggi. Situs yang berhasil muncul di halaman pertama dengan peringkat satu hingga tiga, otomatis akan memiliki traffic pengunjung lebih tinggi.

1. SEO on Page

Optimasi SEO dapat dilakukan melalui dua cara yakni SEO on Page dan SEO off Page. Apabila Anda belum mengerti tentang apa itu SEO on Page, berikut penjelasan sederhananya.

  • Pengertian SEO on Page

    SEO on Page adalah strategi meningkatkan rating situs Anda yang dilakukan di dalam website terkait. Teknik ini membutuhkan perhatian lebih dibandingkan menggunakan teknik SEO off Page tetapi hasilnya benar-benar mampu mengoptimalkan SEO. Mulai dari pengaturan permalink, menentukan judul konten, penggunaan heading relevan, hingga membuat website Anda memiliki respons cepat.

  • Perbedaan on-page SEO dan off-page SEO

    Jika teknik on-page SEO dilakukan di dalam website Anda sendiri, maka off-page SEO adalah kebalikannya. Upaya-upaya dilakukan di luar website itu sendiri, misalnya membangun backlink, di mana situs lain menautkan link yang akan membawa pengunjung langsung ke website Anda. Backlink seringnya dimunculkan pada halaman media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, atau social bookmark.

2. Tiga Teknik Utama SEO on Page

SEO on Page dapat dilakukan dengan beberapa cara tetapi tiga teknik berikut ini yang utama:

  • Konten

    Konten adalah hal dasar yang membuat website Anda menarik. Karena itu, sangatlah penting untuk membuat konten bagus, informatif, dan memiliki gaya tulisan yang mengundang minat baca pengunjung. Jangan melakukan penjiplakan karena Google mampu mendeteksi hal tersebut dan mengakibatkan peringkat website Anda menjadi buruk.

    Selain mampu menarik pengunjung, konten lah yang akan membuat pengunjung mau berlama-lama berselancar di dalam website Anda. Durasi pembaca mengunjungi suatu situs juga berpengaruh pada peringkat dalam mesin pencari.

    Agar memiliki konten optimal, kualitas dan relevansi adalah dua hal utama. Pastikan bahwa konten Anda memiliki keunggulan dibandingkan konten lain sejenis, membangkitkan rasa positif tertentu dari pengunjung, serta bermanfaat.

    Dengan waktu kunjung lama, search engine akan menandai website Anda dengan nilai yang baik. Karena bisa jadi pengunjung hanya akan melihat situs selama dua atau tiga detik sebelum akhirnya menutup konten yang menurut mereka kurang relevan, kurang informatif atau sama sekali tidak menarik.

  • Keyword

    Setelah yakin dengan isi konten, maka hal penting selanjutnya adalah keyword atau kata kunci yang tepat. 90% pengguna internet masih suka mengetik kata kunci tertentu di search engine saat hendak mencari informasi apapun yang mereka butuhkan.

    Gunakan keyword secara tepat pada artikel Anda. Untuk optimasi yang sukses, masukkan keyword di judul artikel, metadeskripsi, dan juga URL. Buatlah judul yang mampu membuat orang mengklik website Anda.

    Adapun metadeskripsi adalah kalimat singkat yang menggambarkan isi konten secara keseluruhan dan biasanya muncul di bawah judul saat Google atau search engine lainnya menampilkan hasil penelusuran.

    Kemudian, pakai nama URL yang tidak terlalu panjang dengan keyword di dalamnya. Selain tiga tadi, Anda pun juga bisa menambahkan deskripsi pada gambar konten. Masukkkan alt text dengan sekali lagi menyelipkan keyword.

  • Halaman Website

    Selain konten menarik dan keyword tepat, optimasi halaman website tentunya tidak kalah penting. Dalam mengoptimalisasi site page, ada beberapa hal untuk di cek, mulai dari URL, HTTP status, kecepatan website, Robots txt, dan beberapa hal lain. Page speed sangat penting dalam menentukan peringkat dalam mesin mencari seperti Google. Website yang berada di peringkat pertama memiliki waktu respon sangat singkat.

    2 detik adalah waktu respons cepat. Gunakan Google Page Speed test untuk mengetahui kecepatan website Anda. Perhatikan kualitas hosting dan jumlah file .js dan .css. Hal tersebut berpengaruh pada page speed.

Melakukan optimasi website dapat dilakukan dengan dua strategi, on-page SEO dan off-page SEO. SEO on Page yang optimal mampu meningkatkan traffic situs Anda yang secara otomatis menaikkan peringkatnya dalam search engine. Konten, keyword, dan optimasi web page adalah tiga poin utama dalam teknik on Page.

Saat ini SAB Digital Agency telah hadir untuk membantu Anda dalam mengoptimalkan bisnis secara online. Berbasis teknik digital marketing, SAB Digital Agency menyediakan jasa yang mampu meningkatkan peringkat website Anda.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?