Pengertian Konsep Pemasaran dan Konsep Penjualan (Marketing dan Sales) dalam Dunia Online
Pengertian Konsep Pemasaran dan Konsep Penjualan (Marketing dan Sales) dalam Dunia Online

Pengertian Konsep Pemasaran dan Konsep Penjualan (Marketing dan Sales) dalam Dunia Online

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Jika Anda sedang merambah bisnis online, konsep pemasaran dan konsep penjualan melalui marketing dan sales wajib dipahami. Sebagian orang masih sering menganggap kedua konsep tersebut sama, padahal ada perbedaan yang cukup signifikan—meski tujuan akhirnya sama, yaitu mendapatkan laba sebesar-besarnya.

Sebelum terjun langsung ke dalam usaha online, ada baiknya mengetahui perbedaan antara konsep pemasaran dan konsep penjualan marketing dan sales. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran dapat didefinisikan sebagai rancangan atau gambaran yang digunakan untuk menganalisis pasar, barang-barang, serta jasa yang akan dijual dalam bisnis online.

Konsep ini menjadi salah satu dasar yang harus dilakukan agar kebutuhan pasar dan konsumen dapat dianalisis oleh perusahaan atau organisasi. Tujuannya agar bisnis online yang ditekuni dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

konsep pemasaran

Konsep Pemasaran yang Harus Diketahui Pelaku Bisnis

Berikut ini merupakan beberapa konsep yang wajib diketahui pelaku bisnis agar usaha online bisa berjalan dengan lancar.

1. Konsep produksi

Setiap konsumen pasti ingin membeli produk dengan harga murah dan berkualitas baik. Oleh karena itu, para pelaku usaha perlu memahami bahwa produk yang dijual harus mengakomodasi keinginan pembeli.

Keinginan tersebut berimbas pada efisiensi produksi produk. Perusahaan akan mencari jalan untuk memproduksi produknya dengan biaya yang relatif murah dan mendistribusikannya dalam skala besar.

2. Konsep produk

Konsep pemasaran tentu harus memperhatikan produk. Para pembeli tertarik dengan produk yang murah dan bermutu. Para pelaku usaha harus terus melakukan inovasi agar dalam setiap produk yang diproduksi mengalami peningkatan.

3. Konsep penjualan

Konsep lainnya yang perlu diperhatikan pelaku usaha dalam konsep pemasaran adalah mengenai penjualan. Konsep ini harus dimengerti karena kesuksesan penjualan suatu produk tergantung pada cara menjualnya. Tentu saja berbagai promosi harus dilakukan agar konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

4. Konsep pemasaran

Kepuasan konsumen perlu diutamakan agar para pelaku bisnis sukses dalam menjual barangnya. Agar konsumen puas, pengusaha bisnis perlu memperhatikan kualitas produk.

Membuat produk berkualitas saja tidaklah cukup. Pelaku bisnis tetap harus memasarkannya tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen. Untuk meningkatkan kualitas produk, inovasi produk perlu dilakukan.

5. Konsep pemasaran umum

Selain kepuasan pelanggan, pelaku usaha juga harus membuat produknya bermanfaat bagi orang di sekitar. Masyarakat umum dapat menerima suatu produk yang perusahaan produksi menjadi salah satu kunci agar bisnis menjadi sukses.

Konsep Penjualan Marketing dan Sales

Konsep penjualan lebih memfokuskan pada kebutuhan penjualan produk. Konsep ini pada umumnya dipraktikkan pada beberapa produk yang jarang dicari. Misalnya, ensiklopedi, asuransi, dan lainnya. Dalam konsep penjualan, tujuan penjual adalah agar penjual bisa menjual produknya tanpa memfokuskan pada keinginan konsumen.

Beberapa Konsep Penjualan

Berikut ini adalah beberapa konsep penjualan agar pelaku bisnis online bisa meningkatkan penjualannya.

1. Prospek

Prospek merupakan bagian dari konsep penjualan. Anda harus mengetahui tentang segmen pasar yang tepat terhadap produk yang akan dijual. Selain segmen pasar, Anda juga perlu mengetahui tentang produk-produk yang dijual. Hal ini bertujuan agar strategi bisnis bisa disusun.

2. Utamakan konsumen

Konsumen berperan penting dalam menyukseskan penjualan produk. Sebagai pelaku usaha, Anda harus memperhatikan kebutuhan serta kepuasan konsumen. Hindari membedakan antara satu konsumen dengan konsumen lainnya, walau mereka memberikan kontribusi penjualan produk yang berbeda.

3. Berikan pelayanan yang baik

Pelayanan yang baik terhadap konsumen memberikan dampak yang besar terhadap penjualan produk dan jasa. Lakukan promosi dan berikan voucer promo atau potongan harga kepada konsumen. Hal ini akan berimbas pada kepercayaan konsumen untuk tetap setia menggunakan produk Anda.

4. Berperilaku aktif juga pasif terhadap konsumen

Agar usaha online sukses, Anda selaku pelaku usaha harus berperilaku aktif juga pasif dalam menghadapi konsumen. Hal ini bertujuan agar konsumen yakin dan tertarik terhadap barang yang ditawarkan.

Inilah perbedaan antara konsep pemasaran dan konsep penjualan marketing dan sales. Ingin melakukan pemasaran secara profesional agar produk Anda laku di pasaran? Libatkan jasa profesional SAB Digital Agency untuk memasarkan dan menjual produk secara online. SAB Digital Agency juga akan membantu mengoptimalkan bisnis Anda secara online dengan cara menerapkan teknik digital marketing yang tepat.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?