Pengertian Conversion Rate Optimization pada Bisnis Online

Pengertian Conversion Rate Optimization pada Bisnis Online

Anda memiliki bisnis online? Pastinya sudah tahu tentang SEO. Search Engine Optimization akan menjadikan traffic pada website Anda tinggi. Namun sayangnya, SEO saja belum cukup dalam suatu marketing online. Anda akan membutuhkan CRO atau Conversion Rate Optimization.

Ibaratnya, jika SEO mampu mendatangkan banyak pengunjung ke toko Anda, maka CRO yang akan menaikkan jumlah penjualan atau closing. Dalam hal bisnis online, closing bisa berupa bertambahnya subscribers, tingginya jumlah pembelian oleh pengunjung, meningkatnya jumlah followers, hingga banyaknya unduhan di website.

Apa itu CRO?

Kata conversion dalam Conversion Rate Optimization memiliki arti suatu kondisi ketika pengunjung website melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis Anda. Pengunjung menjadi pelanggan.

Sebagai pelaku bisnis online, mengetahui berapa conversion rate sangatlah penting. Hal ini dimaksudkan agar Anda mengetahui parameter kesuksesan serta mematok target lebih tinggi ke depannya.

Misalkan, jumlah pengunjung website berjumlah 2000 pengunjung dan pembelian atau unduhan terjadi sebanyak 10. Maka Anda bisa menghitung conversion rate dengan cara membagi 20 terhadap 2000 lalu kalikan 100, akan didapatkan hasil satu persen. Itu berarti, persentase konversi website adalah satu persen.

Coversion Rate Ideal

Karena Anda sudah mengetahui berapa persentase closing, maka mengetahui berapa rate yang ideal juga sangat penting. Menurut riset WordStream, conversion rate rata-rata di semua jenis bisnis online adalah 2,35 persen.

25 persen dari mereka mencapai persentase 5,31 persen dan 10 persen lainnya bahkan mencapai angka 11,45 persen. Jadi jika website Anda tadi memiliki persentase satu persen, maka dua persen adalah angka yang wajar untuk ditargetkan guna pengembangan bisnis.

Mengoptimalkan CRO

Dalam CRO, ada tiga elemen penting yang perlu Anda ketahui. Yang pertama adalah tujuan optimasi website. Apakah mendatangkan banyak pembeli ataukah menjadi subscriber konten Anda. Dengan mengetahui tujuan CRO, maka Anda bisa menentukan metode paling tepat yang akan dipakai.

Elemen penting kedua adalah elemen pendukung di dalam website Anda. Misalkan artikel yang menarik dan bermanfaat, ikon chat customer service untuk membantu pelanggan, atau banner promosi.

Nah elemen terpenting ketiga adalah evaluasi. Dalam bisnis apapun, evaluasi akan sangat dibutuhkan.

Cara Meningkatkan Conversion Rate

Banyaknya pengunjung yang mampir ke website Anda sangatlah penting tapi akan sangat disayangkan jika pengunjung banyak tadi tidak melakukan tindakan selanjutnya, membeli produk misalnya. Nah untuk meningkatkan jumlah CRO, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  1. Meningkatkan KecepatanWebsite

    Seberapa cepat website bekerja sangatlah penting. Pengunjung tidak akan bersedia berlama-lama berada di situs dengan respon lama. Jika website Anda membutuhkan waktu lebih dari empat detik untuk menampilkan halaman, maka perbaiki segera hal tersebut.

  2. Buat Headline Menarik

    Perhatikan website-website besar di internet. Anda akan menemukan headline yang langsung menarik perhatian saat pertama kali pengunjung melihatnya. Gunakan cara yang sama pada website Anda. 90% persen pengunjung memutuskan untuk terus berselancar di website dengan headline menarik.

  3. Gunakan fitur Pop Up

    Pop up mampu mengoptimasi CRO. Di website Anda, pastinya ada beberapa artikel dengan tingkat dengan traffic tinggi daripada beberapa yang lain. Manfaatkan artikel berpotensi tersebut dan tampilkan pop up di halaman tersebut. Menggunakan pop up berbeda untuk halaman yang berbeda pun bisa dilakukan.

  4. Berikan Layanan Customer Service

    Apabila website menjual suatu produk atau menawarkan jasa tertentu, pastikan bahwa ada ikon chat bantuan di mana pengunjung dapat dengan mudah berinterkasi langsung dengan customer service dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

  5. Sediakan Kolom Testimoni

    Nyatanya, pengunjung akan selalu melihat ke kolom review pelanggan sebelum mereka memutuskan suatu tindakan yang akan menguntungkan website Anda. Situs hotel misalnya. Pengunjung pastinya akan membandingkan pengalaman pelanggan sebelumnya sebagai penilaian mereka.

    Begitu pula dengan testimoni produk yang Anda jual. Puasnya pengalaman pelanggan terhadap produk maupun jasa Anda di website, akan mengundang lebih banyak pelanggan. Jika memungkinkan, manfaatkan juga testimoni orang terkenal.

    Gunakan strategi SEO dalam meningkatkan jumlah traffic website Anda dan setelahnya, optimasi CRO. Dengan mengotimalisasi conversion rate, perkembangan dan keberhasilan bisnis online Anda akan meningkat. Anda bisa menggunakan jasa SAB Digital Agency, dengan keahlian dalam teknik digital marketing, dalam hal optimasi CRO.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email