Multi-bahasa, Apakah Toko Online Anda Memerlukannya?
Multi-bahasa, Apakah Toko Online Anda Memerlukannya

Multi-bahasa, Apakah Toko Online Anda Memerlukannya?

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Bisnis online merupakan salah satu usaha yang banyak peminatnya. Semua orang berlomba-lomba membangun bisnis online dengan menawarkan produk bervariasi. Meski ada juga yang menawarkan produk sama namun, tidak membuat mereka menyerah untuk tetap sukses dijualan online. Pebisnis yang sukses dalam usaha onlinenya, maka dijamin akan terus mengembangkan bisnisnya agar makin maju dan merambah ke perdagangan online international.

Saat memutuskan menekuni bisnis online, Anda harus mengetahui bahwa penggunaan multi bahasa pada toko online sangat diperlukan. Toko online dibuat untuk diakses oleh seluruh pengguna internet, bahkan orang yang mengakses berasal dari seluruh dunia. Oleh karena itu, multi bahasa sangat penting digunakan pada toko online. Anda bisa memasukkan beberapa bahasa, dan jangan lupa memasukkan bahasa international, yaitu bahasa Inggris.

Pentingnya Menggunakan Multi Bahasa di Toko Online

Menggunakan website toko online pada awalnya sudah di setting oleh Anda, sehingga bahasa websitenya juga dipilih sendiri. Kebanyakan pebisnis online hanya memilih bahasa Indonesia dan bahasa inggris saja untuk toko online miliknya. Keterbatasan bahasa yang digunakan dapat merugikan Anda, karena banyak para pelanggan luar negeri potensial yang ingin membeli namun, tidak mengetahui bahasa website toko online.

Hasilnya, pelanggan memutuskan untuk tidak jadi membeli di toko Anda. Jangan takut untuk menggunakan berbagai macam bahasa pada website toko online. Bila tidak berminat untuk memasukkan semua bahasa diseluruh dunia, maka bisa memasukkan beberapa bahasa yang paling terkenal.

Penggunaan multi bahasa tidak hanya menguntungkan para penjual karena mendapatkan pembeli yang banyak, melainkan pembeli juga akan untung karena mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan. Berbelanja di toko online dengan bahasa yang dipahami, membuat para pembeli tidak takut untuk melakukan proses pembelian barang. Petunjuk order produk dapat dipahami dengan mudah, sehingga pembeli tidak mengalami kesulitan sama sekali ketika order.

Perlu diketahui bahwa riset menunjukkan seharusnya pengguna website toko online minimal menggunakan 14 bahasa. Tujuannya agar penjualan toko onlinenya bisa maju ke pasar global dan dunia international. Keuntungan yang diperoleh antara pebisnis online yang menggunakan multi bahasa dan tidak menggunakan sangat berbeda. Jujur saja keuntungan lebih besar dimiliki oleh pebisnis online yang sudah menerapkan multi bahasa pada toko onlinenya.

Keuntungan Menggunakan Multi Bahasa untuk Menarik Calon Pembeli

Apakah Anda sudah tahu bahwa penggunaan multi bahasa dapat meningkatkan pengunjung dan calon pembeli produk? Pasti Anda baru mengetahuinya sekarang. Memang benar walaupun multi bahasa masih dianggap sepele tetapi fitur ini mampu meningkatkan pengunjung toko online. Caranya yaitu penjual dapat share konten yang telah diberikan oleh pembeli dari berbagai negara. Konten tersebut dapat berupa testimo, feedback, dan komentar terhadap produk.

Reputasi toko online Anda semakin meningkat jika adanya konten tersebut. Banyak pelanggan diberbagai negara yang akan membacanya, bila mereka tertarik pada komentar dan testimoni yang diberikan, ada kemungkinan mereka akan melakukan pembelian. Para perhatian pelanggan langsung tertuju pada produk toko online, sehingga mereka tidak ragu untuk memborong produk Anda.

Keuntungan menggunakan multi bahasa sangat hebat sekali bukan? Dijamin omzet penjualan produk semakin melejit tiap bulannya. Oleh karena itu, sekarang Anda harus memikirkan cara untuk membuat pelanggan segera menuliskan berbagai testimoni dan komentar terhadap produk Anda. Semua komentar dapat ditulis dengan menggunakan bahasa masing-masing, tidak ada ketentuan penggunaan bahasanya.

Support Multi Bahasa akan Diterima dengan Baik Oleh Pelanggan

Sebagian besar para pebisnis online menganggap penggunaan multi bahasa kurang diterima oleh pelanggan. Pasalnya, banyaknya bahasa yang digunakan membuat pelanggan jadi ribet harus memilih bahasanya saat memasuki toko online. Memang ada sebagian pelanggan yang menyatakan kurang puas dengan adanya multi bahasa website toko online namun, kebanyakan pelanggan justru merasa senang sekali.

Pelanggan merasa ada support secara langsung dari penjual toko online, sehingga multi bahasa yang disediakan akan mempermudah mereka dalam belanja produk apapun. Tidak hanya itu, penggunaan multi bahasa bukan cuma pada website toko online saja, melainkan semua bentuk pelayanan seperti customer service juga harus menggunakan multi bahasa. Hal ini disebut dengan totalitas, tidak setengah-setengah dalam melayani para pelanggan.

Anda juga dapat support pelanggan dengan menuliskan beberapa artikel produk, tentang manfaat, fungsi dan kelebihannya dalam berbagai bentuk bahasa. Gunakan optimasi SEO agar artikel dapat dibuka oleh seluruh pelanggan hingga ke dunia international.

Dari penjelasan tentang penggunaan multi bahasa di toko online, maka dapat disimpulkan bahwa toko online sangat memerlukan multi bahasa. Bagi yang belum menggunakan multi bahasa, segera ubah website toko online Anda. Caranya sangat mudah, yaitu langsung saja menuju pada fitur bahasa kemudian atur beberapa bahasa yang akan digunakan. Teliti kembali bahasa yang telah dipilih, agar tidak ada bahasa yang terlewatkan.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?