keyword planner

Menggunakan Keyword Planner untuk Riset Potensi Online

Apa itu keyword planner? Keyword planner merupakan salah satu fitur yang berada pada Google Ads. Fitur keyword planner disediakan gratis bagi pengguna iklan yang sudah berpengalaman maupun masih baru. Keyword planner mirip seperti pembuatan sebuah kampanye search network, sehingga pengguna fitur ini mampu mencari kata kunci dan memperkirakan daftar kata kunci yang nantinya dapat digunakan pada bisnisnya.

Pebisnis yang menggunakan fitur keyword planner bisa melakukan riset untuk melihat potensi bisnis online. Tentunya riset yang dilakukan dengan melihat kata kunci bisnis online pada keyword planner. Proses penelitian kata kunci yang dilakukan oleh keyword planner sangat relevan dengan layanan, produk, halaman landing, dan situs Anda. Bisa dibilang pencarian kata kunci menggunakan fitur tersebut sangat akurat dibandingkan lainnya.

Manfaat lainnya dari keyword planner, yaitu dapat meningkatkan traffic pengunjung website online dan melihat statistik historis. Keyword planner dilengkapi dengan statistik volume penelusuran yang dapat membantu penggunanya untuk membuat sebuah pencarian kata kunci baru. Anda bisa langsung melakukan penulisan kata kunci, dalam waktu yang cepat semua daftar kata kunci yang berpotensi akan muncul dihadapan Anda.

Anda juga harus mengetahui bahwa keyword planner juga akan memberikan ide penggunaan kata kunci yang bagus dalam meningkatkan traffic pengunjung. Semua ide kata kunci menyesuaikan dengan produk, bid, sasaran pelanggan, dan bid yang Anda gunakan.

Bagaimana Cara Menggunakan Keyword Planner?

Apakah Anda ingin menggunakan keyword planner untuk melakukan riset potensi kata kunci online? Memang benar, semua pebisnis pasti ingin menggunakan fitur tersebut namun, kebanyakan masih belum memahami caranya dengan baik. Bila Anda juga tidak mengetahui caranya, maka sebaiknya mencari tahu. Berikut ini merupakan cara menggunakan keyword planner yang dapat Anda lakukan:

  1. Menuju ke laman google keyword planner dan sign

    Pertama kali yang harus Anda lakukan yaitu mengunjungi laman khusus keyword planner. Anda bisa langsung mengunjunginya laman https://adwords.google.com/keywordplanner. selanjutnya Anda bisa melakukan sign in dengan menggunakan alamat email yang milik Anda. Bila Anda belum memiliki akun, maka bisa melakukan create an account. Lakukan pengisian data akun lalu klik create account dan oke.

  2. Skip the guided setup

    Selesai berhasil masuk pada halaman pertama keyword planner maka, Anda akan disambut dengan tulisan welcome to google adwords. Pada halaman pertama tersebut jangan langsung menekan pada tombol continue, karena tombol tersebut akan mengarahkan pada halaman untuk membuat kampanye iklan di AdWords. Alihkan pandangan Anda ke tulisan skip the guided setup dan klik tulisan tersebut.

  3. Mengisi data

    Pada laman selanjutnya terdapat beberapa data yang harus diisi. Diantaranya, yaitu data alamat email, negara, kota, waktu, dan currency. Isi semua data dengan benar, teliti kembali agar tidak terjadi kesalahan. Data yang sudah diisi lengkap kemudian bisa dilanjutkan dengan klik save and continue.

  4. Selanjutnya ada tiga pilihan yaitu opportunities, tools, dan report. Anda harus klik tools, disana ada beberapa pilihan lagi tetapi Anda langsung saja memilih keyword planner. Lanjutkan dengan klik get search volume data and trends.

  5. Melakukan pencarian kata kunci

    Tampilan get search volume data and trends menunjukkan ada option 1, option 2, targeting, dan date range. Tulislah kata kunci yang Anda gunakan pada kolom option 1. Ingat selalu untuk menuliskan kata kunci dengan benar supaya dalam pencarian keyword tidak terjadi kesalahan.
    Lanjutkan untuk mengaupload file pada option 2. File yang harus diupload itu yang akan digunakan pada website online Anda. Sudah selesai upload file, langsung menuju ke targeting dan date range. Klik get search volume, tunggu beberapa saat sampai pencarian kata kunci selesai. Tampilan hasil penelusuran bisa dilihat pada bagian bawah keyword (by relevance), dana bisa melihat kata kunci paling berpotensi dibagian tersebut.

  6. Pencarian kata kunci lain

    Bila Anda ingin melakukan pengecekan pada kata kunci yang lainnya, tidak perlu menuju ke halaman awal, karena Anda bisa melakukan secara langsung. Pada halaman terakhir Anda bisa menuliskan kata kunci pada enter keywords. Klik get search volume, kemudian beberapa kata kunci akan muncul.

Bagaimana cara menggunakan keyword planner di atas? Sangat mudah bukan? Bagi yang awalnya tidak bisa menggunakan keyword planner google adwords, setelah membaca cara di atas pasti sekarang sudah mulai paham.

Sekarang Anda telah mengetahui bahwa menggunakan keywords planner itu sangat penting. Pasalnya, dengan fitur tersebut Anda bisa melakukan analisis potensi online dengan mudah, terutama pada pencarian kata kunci paling berpotensi.

Saat ini sudah banyak yang menggunakan keywords planner, kapan Anda berniat untuk menggunakannya? Anda harus menggunakannya sekarang juga, supaya Anda bisa merasakan manfaatnya secara langsung dari menggunakan keyword planner.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email