Mengenal Email Marketing, Teknik Marketing yang Paling Efektif dan Efisien

Mengenal Email Marketing, Teknik Marketing yang Paling Efektif dan Efisien

Untuk para pedagang pemula sangat penting untuk mengenal email marketing, namun taukah kamu apa itu email marketing? Saat ini sebagian besar orang pasti memiliki email. Email menjadi salah satu yang sangat penting untuk dimiliki karena merupakan salah satu perangkat online yang memiliki banyak manfaat.

Pengertian email marketing

Email marketing dikenal sebagai salah satu metode dalam pemasaran yang memiliki tujuan sebagai sarana untuk mempromosikan atau menawarkan suatu produk melalui email yang berguna sebagai media pemasarannya.

Perlu diketahui bahwa email marketing sangat berpotensi bagi suatu perusahaan. Sadar atau tidak pada dasarnya ketika kita ingin meng-iklan kan produk yang kita miliki melalu sosial media seperti Instagram, Facebook, atau Twitter pasti membutuhkan email untuk mendaftar. Hal demikian bertujuan untuk mengirimkan notifikasi atau email marketingnya melalui email yang anda miliki.

Pada dasarnya tidak ada aturan yang melarang untuk seseorang memiliki atau menggunakan email marketing, dalam arti kata siapapun berhak untuk memilikinya. Dalam kenyataannya email marketing sering kali digunakan oleh orang-orang yang memiliki usaha online maupun offline guna mengembangkan usaha yang dimilikinya.

Lalu Apa Saja Fungsi Dari Email Marketing?

Pertama, email marketing sangat berguna sebagai jalur komunikasi diantara orang yang memiliki usaha dengan para pelanggannya maupun pelanggan baru atau yang sudah lama. Dengan demikian sangat berpotensi dalam perkembangan usaha yang dimiliki untuk kedepannya. Membuatnya secara manual juga dapat menekan biaya pengeluaran dalam hal pemasangan iklan atau coding untuk surat berita.

Kedua, email marketing juga sangat berguna dalam hal jangkauan langsung. Yang dimaksud dengan jangkauan langsung adalah anda dapat secara langsung atau secara personal dalam menjangkau pelanggan anda dimanapun mereka berada.

Dengan adanya fungsi ini juga sangat dapat meningkatkan kinerja dari pemasaran perusahaan anda dalam merekrut pelanggan-pelanggan yang berpotensial.

Ketiga, berfungsi dalam hal menyebarkan informasi. Seperti yang kita ketahui bahwa melalui email marketing sangat efektif sebagai sarana untuk menyampaikan segala bentuk informasi dari perusahaan itu sendiri. Meskipun sangat membantu dalam hal memasarkan produk yang dimiliki oleh perusahaan, Anda juga diharuskan membuat sales letter yang dapat menarik perhatian dan juga menentukan kapan waktunya surat tersebut perlu dikirimkan.

Yang perlu diperhatikan ketika melakukan strategi email marketing

Email marketing memang sangat efektif digunakan sebagai sarana pemasaran namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat menggunakannya secara efektif:

1. Mengetahui target penerima email dengan baik

Agar email-email yang kita kirimkan itu efektif dan juga tepat dengan sasaran, sangat penting bagi anda untuk mengetahui dengan baik dan juga benar siapa target dari penerima email yang akan dikirimkan. Dengan ada nya hal tersebut akan sangat membantu anda dalam mengatahui permasalahn apa saja yang sedang dimiliki serta anda dapat menawarkan solusi kepada sipenerima lewat konten atau isi dari email yang akan dikirimkan.

Cara yang dapat dilakukan dalam mencari tau tentang si penerima email, anda dapat melakukan beberapa survei yang sederhana saja lewat email. Melalui hasil tersebut Anda jadi dapat mengetahui apa saja yang diperlukan oleh sipenerima dari brand perusahaan yang anda miliki.

2. Selalu aware jika email Anda akan masuk ke folder spam

Sangat disayangkan bukan apabila email yang pernah kita kirimkan ternyata malah masuk kedalam folder spam? Jika hal tersebut benar terjadi maka jangan pernah berharap target akan membuka email yang pernah kita kirimkan tersebut.

Nah, untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut anda perlu memastikan bahwa anda memperoleh daftar email yang nantinya akan menjadi target penerima email dengan menggunakan cara yang benar bukan tanpa persetujuan dari pemiliki email tersebut. Caranya dengan selalu sedia menu subscribe pada website yang anda miliki.

Usahakan mengirim email menggunakan IP Address yang belum pernah anda gunakan sebelumnya dalam melakukan email spam bagi orang lain. Penting juga untuk mengkonfirmasikan kepada penerima email bahwa memasukkan alamat email anda supaya ketika mengirimkan email akan masuk kedalam whitelist pada buku alamat mereka.

3. Buatlah judul yang sangat menarik

Kebanyakan orang akan membuka atau membaca informasi ketika itu sangat menarik perhatian, begitu juga dengan email, merekapun juga akan lebih tertarik membaca email yang memiliki judul yang menarik perhatiannya.

Tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan judul yang menarik yaitu dengan membuat judul yang akan memancing rasa penasaran bagi si penerima. Biasanya berupa kalimat tanya, sehingga seolah olah limat tersebut menanyakan masalah apa yang sedang dihadapi oleh mereka.
Sebisa mungkin hindarilah menggunakan kosa kata yang akan menyulitkan para pembaca, anda juga dapat menggunakan angka statistik dalam membuat judul agar mereka lebih penasaran dengan angka tesebut.

Cukup efisien bukan menggunakan email marketing? Apabila anda sudah mengetahui banyaknya manfaat pada penggunakan email marketing dalam membantu pemasaran produk pasti akan beralih menggunakannya. Selamat mencoba!

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email