Cara Membuat Toko Online yang Dicintai oleh Pelanggan
Membuat Toko Online

Cara Membuat Toko Online yang Dicintai oleh Pelanggan

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Sudahkah Anda tahu cara membuat toko online yang akan disukai calon pembeli? Apabila Anda adalah penjual, mempelajari hal ini cukup penting lho buat Anda. Apa alasannya?

Kemajuan peradaban membuka banyak jalan, salah satunya adalah dengan keberadaan toko online. Toko online mampu meningkatkan penghasilan penjual serta memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia. Bahkan di waktu-waktu genting seperti wabah, toko online mampu untuk mengatasi masalah perekonomian dan distribusi barang.

Anda tentu mau merasakan berbagai manfaat toko online, bukan? Mari ketahui cara membuat toko online yang mudah di sini.

Memanfaatkan Fitur E-Commerce

Cara termudah untuk membuat toko online adalah dengan menggunakan fitur-fitur pada platform e-commerce. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftarkan diri, membuat nama toko, dan memasukkan produk ke dalam platform e-commerce.

Pilihlah platform e-commerce yang memiliki banyak pengguna, supaya produk Anda cepat laris. Anda juga bisa menggunakan fitur push promotion dari beberapa e-commerce supaya produk Anda bisa naik ke daftar rekomendasi.

Ada beberapa kelebihan dari platform e-commerce untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Platform e-commerce diakses oleh banyak orang sehingga mampu menghubungkan pembeli dan penjual. Selain itu, penggunaan platform ini juga sama sekali tidak berbayar.

Namun, ada sedikit kekurangan dari platform e-commerce. Anda harus bersaing dengan ribuan toko lain yang sudah memiliki nama. Selain itu, Anda hanya bisa melakukan pengiriman dengan jasa-jasa ekspedisi yang memang sudah diizinkan oleh platform e-commerce tersebut.

cara membuat toko online

Menggunakan Media Sosial

Selain platform e-commerce, Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk membuat toko online. Facebook misalnya, ia sudah menyediakan template toko daring saat Anda membuat halaman bisnis.

Anda hanya perlu memasukkan nama produk, deskripsi, dan juga harga barang ke dalam toko online Facebook. Setelah itu, produk dan harganya akan langsung muncul di katalog pada halaman Facebook Anda.

Ada satu hal menarik dari platform toko Facebook yang akan sangat menguntungkan penjual. Kiwari, Facebook memberikan tombol toko pada tampilan antarmuka, sehingga pengguna bisa langsung mencari barang yang diinginkan serta deretan toko-toko. Hal ini serupa dengan platform e-commerce.

Lebih menguntungkan lagi, Facebook juga memberikan fasilitas iklan berbayar yang terjangkau melalui metode kartu kredit dan transfer bank. Anda bisa mengiklankan produk hanya dengan membayar Rp20.000 saja lho.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ingin membuat toko daring di situs Anda? Membuat coding khusus toko daring untuk situs cukup memakan waktu dan biaya. Nah, untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang khusus menyediakan plugin toko daring.

Anda hanya perlu mencari aplikasi yang menyediakan plugin toko daring ke berbagai situs, baik situs dengan hosting gratis maupun berbayar. Kemudian, jangan lupa untuk menyalin HTML toko daring itu ke situs Anda supaya template toko bisa muncul di sana.

Meskipun cara ini terbilang lebih rumit daripada dua cara sebelumnya, tetapi bisnis profesional membutuhkan toko daring sendiri. Pelanggan akan lebih memercayai bisnis Anda apabila Anda punya toko daring pribadi dengan cart yang mempermudah mereka untuk berbelanja.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Toko Online

Sekarang, Anda sudah tahu bagaimana cara membuat toko online. Namun, ada beberapa hal kecil yang bisa memengaruhi keberhasilan toko daring Anda. Perhatikan hal-hal di bawah ini ya:

  • Jangan hanya berfokus kepada satu platform e-commerce. Gunakan semua platform dengan pengguna terbesar di Indonesia atau di seluruh dunia.
  • Buat deskripsi produk yang tidak membosankan.
  • Hindari mengambil foto produk toko daring lain tanpa izin, karena Anda bisa terkena tuntutan copyright.
  • Gunakan fitur push promotion atau fitur iklan dengan memerhatikan target pemasaran supaya iklan berbayar Anda tidak sia-sia.
  • Promosi di berbagai media sosial itu penting untuk meningkatkan kesadaran produk masyarakat.

Nah, bekerja sama dengan SAB Digital Agency adalah salah satu pilihan terbaik untuk para penggiat UMKM yang sedang mengoptimalkan toko online. Kami berpengalaman dalam mengoptimalkan berbagai macam bisnis daring dengan teknik pemasaran digital yang terbaik serta tepat sasaran.

Mari terapkan cara membuat toko online sekarang juga dan percayakan digital marketing bisnis Anda kepada SAB Digital Agency. Siap jadi sukses dalam waktu singkat bersama kami?

Leave a Comment

Ready to start your project with us?