Membuat Toko Online

Membuat Toko Online

Perkembangan dunia internet semakin maju, hal ini mempengaruhi digital marketing yang biasa digunakan dalam mempromosikan bisnis online. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis online yaitu membuat toko online. Siapa saja bisa membangun toko online dengan membuat website khusus. Bila sudah memiliki website toko online, maka dapat merasakan kemudahan, manfaat, dan keuntungan dalam menjalankan bisnis online.

Selama ini banyak sekali orang yang masih kesusahan dalam menjalankan bisnis online. Pasalnya mereka membuat toko online tidak pada website tetapi, masih memanfaatkan sosial media. Kinerja bisnis online melalui toko di sosial media harus ekstra, mulai dari proses pelayanan pelanggan berupa chat, tranfer dan lainnya harus dilakukan secara manual. Berbeda jika menggunakan toko online website, semuanya bisa langsung dilakukan pada website.

Alasan Membuat Toko Online

Banyak yang sudah membuat website toko online, alasan membuatnya juga berbeda-beda. Ingin mengetahui alasan membuat toko online? Berikut ini alasan kenapa orang-orang membuat website toko online:

  1. Kredibilitas bisnis online meningkat

    Sudah diketahui bahwa toko online membuat professional dalam berbisnis makin mendingkat. Tentu saja dengan meningkatnya professional berbisnis, maka kredibilitas juga akan meningkat pesat. Para calon pembeli akan beralih membeli produk di toko online, karena melihat kredibilitasnya yang sangat tinggi. Apalagi dalam membuat toko online, pemiliknya bisa mendesain tampilan toko sendiri agar terlihat lebih professional.

  2. Fitur lengkap membuat toko online semakin bagus

    Membuat sebuah toko online tentunya harus menggunakan platform yang diinginkan seperti wordpress, blogspot atau lainnya. Pada berbagai platform sudah disediakan fitur khusus yang mendukung toko online agar semakin bagus.
    Biasanya fitur ini akan membuat bisnis juga terlihat professional. Beberapa fitur yang nantinya bisa digunakan ada data penjualan, data statistik dan data pelanggan. Bahkan pemilik toko bisa menggunakan fitur promosi pada produk yang diinginkan.

  3. Biayanya pembuatannya terjangkau

    Jangan memikirkan soal biayanya, karena biaya pembuatannya dijamin murah. Bahkan saat ini sudah bisa membuat toko online dengan gratis. Ada beberapa platform website yang gratis, hal tersebut dapat dimanfaatkan pebisnis online. Meski platform gratis tidak memiliki fitur sebagus platform berbayar namun, bisa dipakai jika memiliki budged minim.

Itulah tiga alasan utama kenapa banyak sekali yang menggunakan toko online website untuk berbisnis. Ternyata alasan yang telah disebutkan di atas juga dapat dijadikan masukan untuk membuat toko online atau tidak. Keinginan membuat toko online pastinya ada. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara pembuatan toko online.

Cara Membuat Toko Online

Persiapan pembuatan juga tidak begitu banyak, cukup mempersiapkan domain (alamat website toko online yang nantinya muncul di internet). Contoh domain seperti namatokoanda.com atau lainnya. Kedua, harus mempersiapkan hosting (file website toko yang akan disimpan).
Persiapan domain dan hosting sudah selesai, selanjutnya bisa langsung membuat toko online. Untuk lebih mudahnya dalam melakukan proses pembuatan website, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pembuatan website toko online gratis berikut ini:

  1. Instalasi WordPress

    Lakukan login langsung ke cPanel hosting yang sudah dipersiapkan. Login dapat menggunakan password dan username yang telah dikirim ke email. Selanjutnya install WordPress, dilanjutkan dengan mengisi domain, nama toko online pada bagian deskripsi, username dan password digunakan untuk toko online.
    Bila menggunakan WooCommerce, maka sebaiknya install WooCommerce juga. Aktifkan WooCommerce dan segera ganti tema beserta template WordPress.

  2. Pengaturan website

    Pada langkah pertama, Anda sudah dapat mengatur nama dan rincian deskripsi toko online namun, ada saja yang kurang sehingga harus diperbaiki lagi. Lakukan pengaturan website sekarang juga, caranya dengan masuk ke setting, klik general. Lihat pada site title dan masukkan nama toko online yang benar. Lanjutkan ke tagline untuk memperbaiki deskripsi toko kemudian klik save setting.

  3. Mengubah penampilan dan upload produk website toko online

    Pada langkah ketiga, penampilan toko online sudah bisa diubah. Mulai dari tema fitur yang digunakan dan tampilan halaman depan. Pada waktu melakukan pengaturan penampilan toko sangatlah mudah, karena Anda bisa mengikuti langkahnya langsung di sana.
    Selanjutnya melakukan upload produk toko online. Produk yang akan dijual sebaiknya dipersiapkan lalu upload satu per satu. Cantumkan deskripsi beserta harga produk. Bila ada harga diskon,setting saja harga diskonnya sesuai dengan ketentuan harga yang diberikan.

  4. Mengembangkan toko online

    Pada langkah keempat ini toko online sudah jadi dan siap dipakai. Sekarang saatnya memikirkan strategi yang digunakan dalam mengembangkan toko. Pada waktu mengembangkan toko online sebaiknya menambahkan hal penting pada website toko online. Seperti nomor kontak yang bisa dihubungi oleh para pelanggan. Pengembangan lainnya yang bisa digunakan yaitu promosi secara besar-besaran.

Cara membuat toko online sangat mudah, apalagi cara di atas merupakan pembuatan gratis tanpa dipungut biaya sama sekali. Bagi yang tidak memiliki budged lebih dalam membuat toko online, cara pembuatan website toko online di atas pasti direkomendasikan sekali. Pasalnya, pemilik toko tidak akan mengeluarkan biaya yang banyak untuk membuat toko online. Bahkan bisa membuat sendiri di rumah, tanpa memerlukan bantuan jasa pembuatan toko online.

Keuntungan Membuat Toko Online

Toko online bagi pebisnis sangat menguntungkan. Keuntungan jelas terlihat ketika pebisnis sukses sekali dan mendapatkan hasil keuntungan yang banyak dari penjualan toko online. Tidak hanya itu, ada keuntungan lain yang didapatkan jika membuat toko online. Berikut ini merupakan keuntungan yang akan didapatkan jika membuat toko online sendiri untuk memasarkan produk bisnis.

  1. Bisa mengontrol seluruh kebutuhan toko online sendiri

    Memiliki website toko online sendiri tentunya memudahkan dalam melakukan pengelolaan toko secara langsung tanpa bantuan orang lain. Memaksimalkan fitur yang berada di website sangat membantu dalam mengelola produk, memasarkan produk, dan lainnya. Apapun yang dilakukan dalam mengelola produk, bisa secara bebas tanpa terikat aturan seperti berjualan pada marketplace atau lainnya.

  2. Tidak membutuhkan karyawan banyak

    Website toko online sudah bisa dihandle sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain. Mulai dari melihat pembayaran, orderan pelanggan, data pelanggan, rekapan penjualan dan lainnya sudah lengkap berada di toko online. Oleh karena itu, bisnis online yang dijalankan tidak membutuhkan karyawan yang banyak, cukup satu karyawan saja untuk membantu pada proses packing produk yang akan dikirim ke pelanggan.

  3. Keamanan terjamin

    Saat bergabung untuk berjualan di marketplace, pasti ada perasaan takut. Bagaimana kalau marketplace tempat jualan tiba-tiba tutup? Tentu saja hal tersebut akan memberikan kerugian yang amat besar pada bisnis.
    Berbeda sekali kalau memiliki website toko sendiri, keamanan sudah terjamin karena dapat dikendalikan secara langsung. Bisa saja bisnis online lebih berkembang jika menggunakan website toko online milik sendiri dibandingkan berjualan di marketplace.

  4. Bisa melihat laporan keuangan dengan otomatis

    Rekap data keuangan tentang penjualan dan keuntungan bisa dilihat secara otomatis. Pada waktu ingin melihat laporan keuangan, bisa melihatnya langsung dengan klik laporan keuangan.
    Tampilan laporan akan muncul secara otomatis. Pemeriksaan data bisa dilakukan pada saat itu juga pada laporan yang telah ditampilkan. Tidak perlu repot meminta data ke admin atau rekap sendiri, karena di dalam website toko online sudah disediakan.

  5. Meningkatkan branding

    Dapat melakukan branding sepuasnya. Kelebihannya bisa melakukan branding dengan mudah, caranya langsung saja sebarkan alamat website toko online Amda ke seluruh sosial media.
    Bila memiliki dana khusus untuk branding, maka sebaiknya memasang iklan agar semakin banyak pelanggan yang melihat dan membeli produk di toko online. Jangan pelit untuk melakukan branding karena hasilnya sangat bagus. Penjualan produk makin meningkat, sehingga keuntungannya juga banyak. Biaya yang dikeluarkan untuk branding tidak sebanding pada keuntungan yang didapatkan nantinya.

  6. Memiliki akses global

    Toko online memiliki akses global, artinya penjualan tidak hanya didalam negeri saja, melainkan dapat ke luar negeri. Secara tidak langsung toko online bisa diakses oleh pelanggan dari seluruh dunia. Akses website juga sama sekali tidak dibatasi, 24 jam penuh para pelanggan bisa mengunjungi toko. Bila pemiliknya tidur, toko online tetap dapat diakses oleh pelanggan tercinta.

  7. Mudahnya melakukan analisa pengunjung

    Seluruh pengunjung yang membeli produk, datanya akan tersimpan rapi di dalam database website toko online. Secara tidak langsung pemilik toko online bisa melihat data tersebut untuk dijadikan analisa.
    Bisa berupa review produk dan masukan yang diberikan oleh pelanggan. Analisa ini mampu mengembangkan toko online, karena sekaligus pemilik dapat melakukan evaluasi terhadap produk yang dijual dan dijadikan untuk meningkatkan kualitas produk agar lebih baik lagi.

Keuntungan memiliki website toko online sendiri ternyata banyak. Bila menggunakan toko online, maka siap-siap mendapatkan keuntungan di atas. Coba saja untuk membuat toko online terlebih dahulu, kemudian perlahan-lahan rasakan manfaat yang diberikan. Bisnis online semakin meningkat dan penghasilan keuntungan tiap bulannya bertambah.

Membuat Toko Online Semakin Cepat Berkembang

Toko online dapat mengalami perkembangan dengan cepat dan secara signifikan. Tentu saja pengembangan dapat dilakukan dengan cara promosi. Pada waktu melakukan promosi, paling penting harus menunjukkan kelebihan dari produk yang dijual. Minimal bisa menuliskan kelebihan sebanyak tiga poin agar para calon pembeli tertarik untuk order produk.

Promosi selanjutnya bisa menggunakan pemakaian produk sendiri. Sebagai seorang penjual tentunya harus memberikan testimoni langsung pada produk yang dijual. Sekarang penjual bisa melakukannya dengan share cara pemakaian produk dan hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemakaiannya. Penjual yang memakai produknya sendiri akan lebih mudah menarik calon pembeli yang banyak.

Promosi menggunakan testimoni yang diberikan pelanggan juga bisa dilakukan. Harus sabar mengumpulkan testimoni, tujuannya untuk diupload agar semakin banyak calon pembeli yang percaya terhadap produk. Berikan tanda khusus pada testimoni, agar testimoni tidak dicuri oleh pebisnis lainnya yang menjual produk sama. Tulislah deskripsi pada testimoni, contohnya seperti “mengambil testimoni denda 10 juta”.

Mengembangkan toko online supaya lebih maju agar pengunjungnya banyak sangatlah mudah. Jika ingin lebih banyak lagi pengunjungnya, pemilik toko online dapat memberikan diskon atau potongan harga dalam setiap pembelian produk. Cara ini paling jitu dalam menarik perhatian para calon pembeli, khususnya untuk melakukan pembelian dalam jumlah banyak karena produk harganya lebih terjangkau dari biasanya.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email